KOMODIFIKASI ISLAM DALAM DAKWAH DIGITAL: TELAAH KRITIS PERSPEKTIF INDUSTRI BUDAYA

Diki Ramdani, Sugeng Dwi Harianto, Aris Saefulloh

Abstract


Penelitian ini mengkaji komodifikasi Islam dalam dakwah digital melalui perspektif teori industri budaya Frankfurt, khususnya gagasan Adorno dan Horkheimer mengenai standar, reproduksi, dan logika pasar dalam produksi budaya. Menggunakan metode studi pustaka (library research), artikel ini menganalisis literatur akademik mengenai dakwah digital, ekonomi media, dan komodifikasi agama. Hasil kajian menunjukkan bahwa dakwah digital telah bergeser dari orientasi spiritual menuju praktik berbasis pasar, di mana nilai-nilai Islam dikemas sebagai produk yang dapat dikonsumsi secara massal. Dakwah menjadi bagian dari sistem produksi kapitalistik yang menstandarkan pesan, menyederhanakan nilai-nilai keagamaan, dan mengutamakan daya tarik komersial. Meskipun demikian, aspek resistensi terhadap komodifikasi dan implikasi spiritual jangka panjang masih minim dieksplorasi. Studi ini berkontribusi dalam memperkaya kritik terhadap praktik dakwah digital sebagai bentuk budaya industri dan menawarkan refleksi kritis atas penyebaran agama di era ekonomi media.

Keywords


Dakwah Digital, Komodifikasi, Industri Budaya.

References


Adorno, T. W. (2005). The Culture Industry. Suhrkamp Verlag.

Ahmed, S., & Matthes, J. (2016). Media Representation of Muslims and Islam From 2000 to 2015: A Meta-Analysis. International Communication Gazette, 79(3), 219–244. https://doi.org/10.1177/1748048516656305

Amala Husniya, E., & Fikri Zuhriyah, L. (2024). Komodifikasi Ta’aruf Dalam Perspektif Dakwah. Orasi: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 15(2). http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/orasi/

Andini, S., Syarif, D., & Sulastri Rini. (2024). Meninjau Ulang Komodifikasi Agama. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 14(2), 253–276. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jispo/index

Bhakti, S. E., & Dhuhri, S. (2022). The Digital Public Sphere and Muslim Piety in Aceh: Rethinking Habermas’ Conception of Communicative Action. Islam Realitas Journal of Islamic & Social Studies, 8(1), 12. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v8i1.5462

Briandana, R., Caturida, Shahir, & Wan, W. (2020). Da’wah Communication and Social Media: the Interpretation of Millennials in Southeast Asia. International Journal of Economics and Business Administration, VIII(Special Issue 1), 216–226. https://doi.org/10.35808/ijeba/543

Firdaus, M. M., & Kolil, M. T. (2023). Optimalisasi Media Sosial Gerakan Pemuda (Gp) Ansor Sebagai Strategi Dakwah Pimpinan Cabang Kota Kediri. Spektra, 2(2), 115–129. https://doi.org/10.33752/.v2i2.4718

Haryadi, D. (2020). Otoritas Keagamaan Baru: Habituasi Dan Arena Dakwah Era Digital. Islamic Insights Journal, 2(2), 69–82. https://doi.org/10.21776/ub.iij.2020.002.02.01

Hefni, W., Ahmadi, R., & Purnomo, M. D. (2022). Religious Mobility and Identity in the Lives of Urban Muslim Society in Australia: An Anatomy of Religious Practice. Akademika Jurnal Pemikiran Islam, 27(2), 145. https://doi.org/10.32332/akademika.v27i2.5411

Huda, S., Mas’udi, M. M., & Muthohirin, N. (2022). The Rise of Muhammadiyah’s Islamic Da’wah in the Contemporary Era: Transformation to Online Trend and Responses to Islamic Moderation. Progresiva Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(01), 1–24. https://doi.org/10.22219/progresiva.v11i01.20889

Husna, N. (2023). Komodifikasi Agama: Praktik Bisnis Lokal Di Kawasan Keramat Tuan Guru Babussalam, Sumatera Utara. Abrahamic Religions Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 118. https://doi.org/10.22373/arj.v3i2.17562

Jauhari, M., Maghfiroh, E., & Najikh, A. H. (2023). Digital Preaching Activity: A Critical Perspective of the Public Relations. Shahih Journal of Islamicate Multidisciplinary, 8(1), 46–54. https://doi.org/10.22515/shahih.v8i1.5844

Khumaedi, T., & Fatimah, S. (2019). Urgensi Dakwah Melalui Media Sosial. Al-Mubin Islamic Scientific Journal, 2(2), 39–46. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.64

Maulida, L., & Witro, D. (2022). Komodifikasi Simbol-Simbol Agama Di Kalangan Kelas Menengah Muslim Di Indonesia. Sosebi Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 137–152. https://doi.org/10.21274/sosebi.v2i2.6299

Munawara, M., Rahmanto, A. N., & Satyawan, Ign. A. (2020). Pemanfaatan Media Digital Untuk Dakwah Pesantren Tebuireng. Komunika Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 29–45. https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3226

Park, H., & Lee, J. (2019). Discourse Analysis of Online Product Reviews: A Discussion of Digital Consumerism and Culture. Cyberpsychology Journal of Psychosocial Research on Cyberspace, 13(2). https://doi.org/10.5817/cp2019-2-4

Prasetya, D. (2023). Fenomena Thrifting dari Kacamata Industri Budaya: Tinjauan Pemikiran Adorno & Horkheimer. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi, dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi, 8(2).

Ramadhan, M. A., Yudhistira, R., & Muhammadi, H. N. (2021). Komodifikasi Simbol Religi Dalam Iklan Marjan Edisi Bulan Ramadhan. Jurnal Audiens, 2(2), 180–191. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11652

Rubawati, E. (2018). Media Baru: Tantangan Dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1). https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.586

Siti Umaya, N., & Rifa, A. (2023). Komodifikasi Pesan Dakwah: Analisis Wacana Kritis dalam Iklan Duta Pelajar Rabbani. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 14(1).

Verolyna, D., & Syaputri, I. K. (2021). Cyber Dakwah: Plus Minus Penyiaran Islam Pada Era Disruptif. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 1(6).

Wahyuddin, W. (2020). Menakar Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial. https://doi.org/10.31219/osf.io/wmrxj




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i2.36840

Refbacks



        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id