STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT HONDA ARISTA SUDIRMAN INDONESIA

Nadia Muthi Nabila, Nurdin Nurdin

Abstract


Hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang penting untuk mengembangkan perusahaan. Setiap bagian dalam perusahan bertanggungjawab dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan, untuk menjaga nama baik dan mempertahankan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi customer relations Honda Arista Sudirman Pekanbaru Indonesia membangun hubungan baik dengan pelanggan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Strategi CSR oleh Peppers dan Roger, meliputi Identifications of Customers, Differentiate Customers, Interact With Customers, dan Customize some Aspects, adalah strategi yang dikembangkan dalam perusahaan Honda Arista Sudirman. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah Honda Arista Sudirman menerapkan empat strategi Customer Relationship Management (CRM) yang berisikan Identifications of Customers (Identifikasi Pelanggan), Differentiate Customers (Diferensiasi Pelanggan), Interact With Customers (Interaksi dengan Pelanggan), dan Customize some Aspects (Penyesuaian Beberapa Aspek).


Keywords


Strategi, Costumer Relationship Management

References


Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Reltions. Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Kualittatif Pendekatan Suatu Praktek. Rineka Cipta.

Dian Arantha Putri (Customer Care Officer). (2021). Hasil Wawancara [Komunikasi pribadi].

Effendy, O. U. (1993). Human Relations dan Public Relations. CV. Mandar Maju.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakri.

Gaffar, V. (2007). CRM dan MPR Hotel: Customer Management Relationsip dan Marketing Public Relations. Alfbeta.

Jefkins, F. (1992). Public Relations. Erlangga.

Johnston, M. W., & Marshall, G. W. (2011). Essential of Marketing Management. McGraw-Hill/Irwin.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Konsepsi dan Aplikasinya di Indonesia. PT. Pustaka Utama Grafiti.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Morissan (2008). Manajemen Public Relaions: Strategi Menjadi Humas Profesional. Prenada Media Group.

Nisrina (Pelanggan Honda Arista Sudirman). Hasil Wawancara [Komunikasi pribadi].

Nova, F. (2011). Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola isu, membangun Citra, dan reputasi Perusahaan. PT. RajaGrafindo Pesada.

Oesman, Y. M. (2010). Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Costumer Value, dan Customer Dependecy (Kasus pada Pemasaran Sopping Center). Alfbeta.

Peppers, D., & Rogers, M. (2017). Managing Customer Experience and Relationship: A strategic framework (3rd ed.). John Wiley & Sons Inc.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2013). Marketing Management (14 ed.). Pearson Education, Inc.

RM Amir (Pelanggan Honda Arista Sudirman). Hasil Wawancara [Komunikasi pribadi].

Roberts, M. L. & Debra Zahay. (2012). Internet Marketing: Integrating Online and Offline Strategies. Cengage Learning.

Rudi, T. M. (2005). Komunikasi Masyarakat Iternasional. PT. Refika Aditama.

Smith, P. R., Smith, P. R., & Zook, Z. (2011). Marketing Comunications: Intregrating Offline and Online With Social Media. Ashford Colour Press.

Suhanda, & Shandi, D. (2008). Creative Motivational Skills For Customers Relationship. PT. Citra Suhandang Gemilang.

Suryadi. (2007). Strategi Mengelola Public Reations Organisasi. Edsa Mahkota.

Yulianita. (1998). Dasar-dasar Public Relations. LPPM UNISBA.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i1.31538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id