STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT HONDA ARISTA SUDIRMAN PEKANBARU
Abstract
Hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang penting dalam upaya pengembangan perusahaan. Setiap bagian dalam perusahan bertanggungjawab dalam membangun hubungan baik, menjaga nama baik dan mempertahankan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi customer relationship management (CRM) Honda Arista Sudirman Pekanbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui teknik wawancara, obserbasi dan penelusuran dokumen. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah Honda Arista Sudirman Pekanbaru menerapkan empat strategi customer relationship management (CRM) yang dikemukakan oleh Peppers dan Roger yang berisikan identifications of customers (identifikasi pelanggan), differentiate customers (diferensiasi pelanggan), interact with customers (interaksi dengan pelanggan), dan customize some aspects (penyesuaian beberapa aspek).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Reltions. Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Kualittatif Pendekatan Suatu Praktek. Rineka Cipta.
Dian Arantha Putri (Customer Care Officer). (2021). Hasil Wawancara [Komunikasi pribadi].
Effendy, O. U. (1993). Human Relations dan Public Relations. CV. Mandar Maju.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakri.
Gaffar, V. (2007). CRM dan MPR Hotel: Customer Management Relationsip dan Marketing Public Relations. Alfbeta.
Jefkins, F. (1992). Public Relations. Erlangga.
Johnston, M. W., & Marshall, G. W. (2011). Essential of Marketing Management. McGraw-Hill/Irwin.
Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Konsepsi dan Aplikasinya di Indonesia. PT. Pustaka Utama Grafiti.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.
Morissan (2008). Manajemen Public Relaions: Strategi Menjadi Humas Profesional. Prenada Media Group.
Nisrina (Pelanggan Honda Arista Sudirman). Hasil Wawancara [Komunikasi pribadi].
Nova, F. (2011). Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola isu, membangun Citra, dan reputasi Perusahaan. PT. RajaGrafindo Pesada.
Oesman, Y. M. (2010). Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Costumer Value, dan Customer Dependecy (Kasus pada Pemasaran Sopping Center). Alfbeta.
Peppers, D., & Rogers, M. (2017). Managing Customer Experience and Relationship: A strategic framework (3rd ed.). John Wiley & Sons Inc.
Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2013). Marketing Management (14 ed.). Pearson Education, Inc.
RM Amir (Pelanggan Honda Arista Sudirman). Hasil Wawancara [Komunikasi pribadi].
Roberts, M. L. & Debra Zahay. (2012). Internet Marketing: Integrating Online and Offline Strategies. Cengage Learning.
Rudi, T. M. (2005). Komunikasi Masyarakat Iternasional. PT. Refika Aditama.
Smith, P. R., Smith, P. R., & Zook, Z. (2011). Marketing Comunications: Intregrating Offline and Online With Social Media. Ashford Colour Press.
Suhanda, & Shandi, D. (2008). Creative Motivational Skills For Customers Relationship. PT. Citra Suhandang Gemilang.
Suryadi. (2007). Strategi Mengelola Public Reations Organisasi. Edsa Mahkota.
Yulianita. (1998). Dasar-dasar Public Relations. LPPM UNISBA.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i1.31538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id