JURNALISME CLICKBAIT DI MEDIA ONLINE TRIBUNPEKANBARU.COM DAN RIAUONLINE.CO.ID

Khumar Mahendra, Dewi Sukartik

Abstract


Perkembangan teknologi melahirkan umpan balik atau clickbait yang hadir di media massa. Penelitian ini dibuat dengan tujuan meneliti bagaimana penerapan jurnalisme clickbait di media online Tribunnews.com dan Riauoline.co.id. Penelitian ini juga meneliti apakah media online Tribunpekanbaru.com dan Riauonline.co.id sudah memenuhi dan tidak melanggar kode etik jurnalistik dalam membuat judul clickbait. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan secara umum Tribunpekanbaru.com dan Riauonline.co.id menerapkan Jurnalisme clikbait dalam penulisan judul. Ditemukan satu dari tiga artikel Tribunpekanbaru.com yang menerapkan judul clickbait melanggar kode etik jurnalistik karena judul dan isi tidak berkesinambungan. Adapun kode etik yang dilanggaar Tribunpekanbaru.com adalah kode etik pada pasal 2 poin d dan pasal 4 poin 1.

Keywords


Clickbait, Media Online, Headline Berita

Full Text:

PDF

References


Bazaco, A., Redondo, M., & Sánchez-García, P. (2019). Clickbait as a strategy of viral journalism: conceptualisation and methods. https://doi.org/10.4185/RLCS-2019-1323en

Biyani, P., Tsioutsiouliklis, K., & Blackmer, J. (2016). “8 Amazing Secrets for Getting More Clicks”: Detecting Clickbaits in News Streams Using Article Informality. http://news.yahoo.com/justin-bieber-makes-huge-life-

Blom, J. N., & Hansen, K. R. (2015). Click bait: Forward-reference as lure in online news headlines. Journal of Pragmatics, 76, 87–100. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2014.11.010

Diba, Z. F. (2018). Bahasa jurnalistik dalam headline berita online studi fenomenologi terhadap praktisi jurnalis anggota AJI di Kota Bandung tentang clickbait. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung. Indonesia.

Eko Saputro, G., & Haryadi, T. (2019). KOMIK STRIP DAN FENOMENA CLICKBAIT. 2(1), 63–70. http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/

Eriyanto. (2018). Analisis Framing (Konstruksi, Ideology Dan Politik Media), ed. Nurul Huda SA, 2018th ed. PT LKiS Printing Cemerlang.

Hadiyat, Y. D. (2019). Clickbait on Indonesia Online Media. Journal Pekommas, 4(1), 1. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040101

KAFIATI, A. (2022). Persepsi Remaja Terhadap Judul Berita Clickbait Pada Media Hipwee. Com Dan Brilio. Net. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Indonesia. University of California Press.

Kertanegara, M. R. (2018). Penggunaan Clickbait Headline pada Situs Berita. In Jurnal Komunikasi (Vol. 11, Issue 1).

Kusumawardani, Q. D. (2019). Perlindungan Hukum bagi Pengguna Internet terhadap Konten Web Umpan Klik di Media Online. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 19(1), 11.https://doi.org/10.30641/dejure.2019.v19.11-30

Mardliyah, A. (2018). FENOMENA CLICKBAIT DI TRIBUNNEWS.COM DITINJAU DARI KODE ETIK JURNALISTIK INDONESIA PERIODE MARET 2018.

Nurisma, R., & Syahrul, H. (2020). PENGARUH CLICKBAIT JOURNALISM TERHADAP MINAT BACA GENERASI Z NURISMA RAHMATIKA, SYAHRUL HIDAYANTO (Issue 2).

Nurzain, Z. S., Hadi Purnama, D., & Si, M. (2021). ANALISIS RESEPSI TERHADAP CLICKBAIT HEADLINE PADA VLOG DI KANAL YOUTUBE ATTA HALILINTAR.

OLGANISYA PRILIDHA SYADE. (2020). PRAKTIK CLICKBAIT PEMBERITAAN LUCINTA LUNA PADA MEDIA ONLINE TRIBUNNEWS SKRIPSI.

Pramesti, O. L. (2020). Clickbait Headline in News of Online Prostitution Case. Journal Pekommas, 5(1), 59. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050107

Rahil, O., & Lider, K. (2020). UMPAN KLIK (CLICKBAIT) DITINJAU DARI KODE ETIK JURNALISTIK DAN FIKIH JURNALISTIK PADA PORTAL BERITA TRIBUNNEWS.COM.

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia.

Rufaidah.F. (2023). Persepsi pengelola media tentang Clickbait: Studi deskriptif pada media Online di Kota Bandung. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Salsabila Annisa. (2024, May 15). Clickbait: Pengertian dan Cara Menggunakannya dengan Tepat. Www.Niagahoster.Co.Id.

Sobur. (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Simiotik, dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.

Sukmono, N. D. (2021). Clickbait Judul Berita Online dalam Pemberitaan Covid-19. Transform. J. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 1.

Syafieq, A., Abdul Wahid, H., Dwi Ayuni, R., Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Adhyaksa No, I. J., & Tangi Banjarmasin, K. (2018). PENGGUNAAN UMPAN KLIK PADA JUDUL BERITA UNTUK MENARIK MINAT PEMBACA. www.kalsel.prokal.co,




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i1.29946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id