MANAJEMEN DAKWAH DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SD IT PESANTREN NUR IHSAN
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui Manajemen Dakwah Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Sd It Pesantren Nur Ihsan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian menghasilkan data Deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang perilaku yang dapat diamati. Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi strategis manajemen dakwah dalam konteks membina Akhlakul Karimah, yaitu akhlak yang mulia, di kalangan siswa sekolah dasar di sebuah lembaga pendidikan Islam. Abstrak tersebut mengeksplorasi beragam aspek teknik manajemen dakwah, mencakup pendekatan yang disesuaikan yang menggabungkan ajaran Islam dengan metodologi pendidikan kontemporer. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki efektivitas strategi-strategi manajemen dalam menumbuhkan nilai-nilai moral positif, pengembangan karakter, dan perilaku etis di kalangan pembelajar muda. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif yang menerapkan metode deskriptif dalam proses pengumpulan data, yaitu data diperoleh dari responden. Temuan penelitian menyoroti pentingnya kerangka manajemen dakwah yang terstruktur dengan baik sebagai pemacu dalam membentuk Akhlakul Karimah di lingkungan pendidikan, yang berkontribusi pada pengembangan holistik siswa sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Mahmud. (2017). Akhlak Terhadap Allah Dan Rasulullah. Sulesana, Jurnal Wawasan Keislaman, 11(2).
Acip, A., & Khaerunisa. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Az-Zarnuji. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 7(1). Https://Doi.Org/10.51729/7151
Alimudin, I., Selamet, & Darifah, U. H. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Ibnu‘Athaillah As-Sakandari Dalam Kitabnya Al-Hikam. Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Xv(1).
Firdaus, A. H. (2015). Konseptualisasi Sistem Pendidikan Akhlak Menurut Alquran Dan Hadis. Raheema, 2(2). Https://Doi.Org/10.24260/Raheema.V2i2.534
Fuadi, S. T., Bisri, H., & Sumadi, S. (2021). Landasan Pendidikan Akhlak Menurut Hamka. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 15(1). Https://Doi.Org/10.36667/Tf.V15i1.701
Habibah, S. (2015). A . Pengertian Akhlak Dan Etika. Pesona Dasar, 1(4).
Harimulyo, M. S., Prasetiya, B., & Muhammad, D. H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian Ipteks, 6(1). Https://Doi.Org/10.32528/Ipteks.V6i1.5253
Kahwash, M. A. M. H. (2020). Penanaman Akhlak Menurut Ibnu Miskawayh (932-1030) Dan Al-Ghazali (1058-1111). In Disertasi.
Mahmud, A. (2020). Hakikat Manajemen Dakwah. Palita: Journal Of Social Religion Research, 5(1). Https://Doi.Org/10.24256/Pal.V5i1.1329
Makmudi, M., Tafsir, A., Bahruddin, E., & Alim, A. (2019). Urgensi Pendidikan Akhlak Dalam Pandangan Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). Https://Doi.Org/10.32832/Tadibuna.V8i1.1349
Mandri Saputra, R., & Andrizal, H. A. (2020). Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 153-157. Al-Azhar, Studi Pustaka Tafsir, 2(1).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif / Penulis, Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A. Pt Remaja Rosdakarya.
Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Google Books. In Jurnal Intelegensia (Vol. 4, Issue 1).
Nawali, A. K. (2018). Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1). Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V12i1.885
Prasong, M. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Al-Ghazali. Journal Transformation Of Mandalika, 4(8).
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1). Https://Doi.Org/10.7454/Jki.V11i1.184
Ramdhani, R., Rodiyah, R., & Mardiyansyah, M. (2020). Brand Image 212 Mart Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Perspektif Manajemen Dakwah. Dawuh : Islamic Communication Journal, 1(2).
Rohman, A. (2016). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2012.6.1.462
Rostitawati, T. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Alquran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 11.
Saiful Akmal Karim, M. A., Sunawari Long, A., Badaruddin, F., Kajian Usuluddin Dan Falsafah, P., & Pengajian Islam, F. (2021). Pendidikan Akhlak Dalam Menangani Isu Gejala Sosial Pelajar [Moral Education In Addressing The Issue Of Student Sosial Sympton]. Qalam International Journal Of Islamic And Humanities Research, 1(3).
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ). Jurnal Penelitian Bidang Ipa, 6(1).
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa, 2(1).
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Yakub, Y. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 165–174. Https://Doi.Org/10.26618/Jtw.V3i02.1601
Zulbadri, Z. (2019). Akhlak Mazmumah Dalam Al-Quran. Jurnal Ulunnuha, 7(2). Https://Doi.Org/10.15548/Ju.V7i2.258
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i1.29181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id