LOYALITAS KONSUMEN: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LAKOSA COFFEE

Annisya Putri, Rafdeadi Rafdeadi, Siti Hazar Sitorus, Azwar Azwar

Abstract


Semakin menjamurnya coffee shop di Kota Pekanbaru menjadi fenomena tersendiri dikalangan anak muda, dalam rangka meningkatkan loyalitas konsumen terhadap satu coffee shop tentu menjadi tantangan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana strategi komunikasi pemasaran Lakosa Coffee dalam meningkatkan loyalitas konsumen.Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Lakosa Coffee dalam meningkatkan loyalitas konsumen adalah dengan menggunakan media sosial instagram sebagai media promosi dan publikasi, memaksimalkan pelayanan pekerja terhadap konsumen, memastikan cita rasa kopi yang authentic sebagai ciri khas toko, serta mengikuti berbagai event kopi dan kerjasama UMKM di kota Pekanbaru.


Keywords


Strategi, Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Adji, M., & Rahayu, L. M. (2019). Representasi Gaya Hidup Dan Tradisi Minum Kopi Dalam Karya Sastra. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 11(3), 381. https://doi.org/10.30959/patanjala.v11i3.523

Amstrong, G., & Philip, K. (2012). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Prenhalindo.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.

Djami, M. B. (2020). Ngopi: Memaknai Aktivitas Minum Kopi Dalam Konteks Budaya Populer. SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 1(1), 82–98. https://doi.org/10.47596/solagratia.v1i1.113

Febriana, B., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Prologia, 3(1), 39. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6138

Firmansyah, A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Gelder, S. V. (2005). Global Brand Strategi. Kogan Page.

Goodhue, T. &. (1995). Task-Technology Fit and Individual Performance. McGraw-Hill.

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.119

Musdalipa. (2018). Analisis Kegiatan Publisitas Pemerintah Kota Dalam Meningkatkan Citra Kota Samarinda. Dunia Komunikasi Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 6(1), 413–427.

Saifudin, I., Rhomdani, R. W., Ihsan, M., Jember, U. M., Pendidikan, U., & Sorong, M. (2023). Optimalisasi Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Pada SMA / MA dan SMK Muhammadiyah Kabupaten Jember. 2(1), 31–38.

Sugiyo. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana, A. (2002). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Pemasaran. Universitas Terbuka, 26(2), 147–173.

Ulfa, M. (2022). Faktor penentu keputusan pembelian minuman kopi di era next normal. Online) JURNAL MANAJEMEN, 14(4), 2022–2815.

Wibowo A. (2019). Potensi dan tantangan kopi di era milenial. War Pus Penelit Kopi Kakao Indones. Warta Pusat Peneliti Kopi Kakao Indonesia, 31(2)(August), 16–23. https://www.researchgate.net/profile/Ari-Wibowo-7/publication/343416562_Potensi_dan_Tantangan_Kopi_di_Era_Milenial/links/5f291871458515b729007f1a/Potensi-dan-Tantangan-Kopi-di-Era-Milenial.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i1.28997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id