IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR DESA MUARA BASUNG KECAMATAN PINGGIR, RIAU

Sartika Sartika, Rohayati Rohayati

Abstract


Penelitian ini muncul sebagai respons terhadap seringnya terjadi permasalahan dalam penyelesaian adminitrasi yang tidak cepat tanggap dan ketidakdisiplinan aparatur di Kantor Desa Muara Basung. Fokus penelitian adalah penerapan arus komunikasi vertikal, horizontal, dan diagonal. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampaknya terhadap peningkatan kinerja aparatur desa dan mengatasi kendala yang terkait dengan aliran informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa arus komunikasi organisasi yang berlangsung di Kantor Desa Muara Basung memberikan perubahan terhadap kinerja aparat. Perubahan kinerja aparat pada aspek kedisiplinan, tanggung jawab, pelayanan dan inisiatif pegawai. Seperti datang ke kantor tepat waktu, cepat dalam menyelesaikan administrasi, pelayanan terhadap masyarakat yang cepat tanggap. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan praktik komunikasi organisasi di kantor desa Muara Basung untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja aparatur Desa.


Keywords


Komunikasi organisasi, Kinerja, Aparatur, Desa Muara Basung

Full Text:

PDF

References


Abdullah Masmuh, Komunikasi Organisasi: Dalam Perspektif Teori Dan Praktek (Malang: UMM Press, 2008)

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu, 1st edn (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)

Ahmad, and Muslimah, ‘Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif’, Proceedings, 1.1 (2021)

Anwar, Kasypul, ‘Implementasi Dan Relevansi Kebijakan Dalam Pemerataan Pendidikan : Studi Literatur Pelayanan Publik’, Jurnal Ilmiah Manajemen, 13.3 (2022)

Astuti, Dwi Indah, ‘Pola Komunikasi Organisasi Dalam Kecamatan Long Itam Kabupaten Kutai Barat’, EJournal Ilmu Komunikasi, 10.2 (2022)

Basri, Rival, Performance Apparaisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Hasil Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005)

Brahmana, Deshintha Affriani Br, and Elishabeth Sitepu, ‘Pola Komunikasi Organisasi Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Di Kantor Lurah Gung Leto Kecamatan Kabanjahe’, Sosial Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi , 5.2 (2020)

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003)

Erawati, Irma, Muhammad Darwis, and Muh Nasrullah, ‘Efektivitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa’, Jurnal Office, 3.1 (2017)

Gori, Fidderman, and Prietsaweny RT Simamora, ‘Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Desa Marao Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan’, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5.2 (2020)

Haryati, ‘Penerapan Komunikasi Vertikal Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pegawai Dinas Pertambangan Kabupaten Karimun’, JDM - Jurnal Dinamika Manajemen, 1.1 (2019)

Helaludin dan Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktik (Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019)

Herawati, Tri, Gian Fitralisma, Indah Dewi Mulyani, and Muhammad Syaifulloh, ‘Analisis Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Yogya Mall Brebes’, E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15.2 (2022)

J.R.Raco, Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya (Jakarta: Grasindo, 2010)

Jailani, Syahran M, ‘Membangun Kepercayaan Data Dalam Penelitian Kualitatif’, Primary Education Journal (PEJ), 4.2 (2020)

Junaid, ‘Iklim Komunikasi Organisasi Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Wara Kota Palopo’, Jurnal Ilmu Komunikasi Progressio, 1.2 (2020)

Komunikasi, Jurnal, ‘Komunikasi Organisasi Kepala Desa Dalam Membangun Kecematan Lambu Kabupaten Bima Tasrif Universitas Mbojo Bima Irham, 7.2 (2022)

Muhammad, Arni, Komunikasi Organisasi (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)

Nathania, ‘Hubungan Aliran Komunikasi Organisasi Dengan Kinerja Karyawan Di PT . Sarana Lubitama Semesta’, Jurnal E-Komunikasi, 2 (2014)

Putri, Aisyah Septia, Doris Febriyanti, and Amaliatulwalidain Amaliatulwalidain, ‘Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik Di Desa Sungai Kedukan’, Journal of Social and Policy Issues, 3 (2022)

R. Wayne Pace dan Don F. Faules, Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, ed. by Deddy Mulyana (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001)

Rhyo R. Dami Dato, Lukas L.Laga, “Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan.”, 2021

Riswanto, Ari, Sri Rahayu Ningsih, and Dewi Daryati, ‘Pengendalian Intern Dan Pemberian Kredit Usaha: Analisis Peranan Dan Efektifitas Sistem’, Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4.3 (2017)

Rival, Peformance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Robbins, Stephen P, Perilaku Organisasi (Jakarta: Prenhallindo, 2007)

Romli, Ombi & Nurlia, Elly, ‘Lemahnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Melaksanakan Fungsi Pemerintahan Desa’, Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1).1 (2017)

Romlu, Khomsahrial, Komunikasi Organisasi (Jakarta: PT Grasindo, 2011)

Sanjaya, Teori Komunikasi (Universitas Terbuka, 2007)

Saripuddin, Jasman, and Rina Handayani, ‘Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kemasindo Cepat Nusantara Medan Jasman Saripuddin Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Rina Handayani Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara’, Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2.1 (2017),

Sinambela, Lijan Poltak, Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran Dan Implikasi

Solong, Aras, Sartika, and Dzulqarnain, ‘Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Pemerintah Desa Di Desa Tenri Pakkua Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone’, Journal of Government Insight, 2.1 (2022)

Stephen, P., Perilaku Organisasi (Jakarta: Prenhallindo, 2007)

Suryani, Susanti, and Evadianti, “Upaya Komunikasi Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan" (Bandar Lampung: PT. Agta Sinar Jaya, 2007)

Suryani, Suryani, Melan Susanti, and Yuli Evadianti, ‘Upaya Komunikasi Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Agta Sinar Jaya Bandar Lampung’, Journal on Education, 5.1 (2022)

Susilawati, Eka, and Alwy Elnandar Zikri, ‘Pola Komunikasi Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Di Kantor Desa Gunung Jaya Cisaat Kabupaten Sukabumi’, Jurnalika : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6.2 (2022)

Umar Sidiq dan Miftachul Choiri, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan (Ponorogo: Nata Karya, 2019)

Undaan, Kecamatan, ‘Kapasitas Perangkat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Di Kabupaten Kudus’, Jurnal Bina Praja, 06.02 (2014),

Veithzal Rival, Peformance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, 2nd Ed. (Cengkareng: PT RajaGrafindo Persada, 2008)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i1.28991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id