STRATEGI DAKWAH LEMBAGA SENI DAN BUDAYA MUSLIMIN INDONESIA MELALUI MUSIK DI YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendalami kiprah dakwah seni musik Lesbumi serta mengidentifikasi peran dan pengaruhnya dalam penyebaran nilai-nilai keagamaan di masyarakat. Permasalahan dalam pernelitian ini bagaimana aktivitas dakwa lembaga seni dan budaya muslimin indonesia (Lesbumi) melalui musik. Kedua, analisis strategi dakwah lembaga seni dan budaya muslimin Indonesia (Lesbumi) melalui musik di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para seniman musik Lesbumi dan masyarakat dan dilanjutkan observasi dan analisis efektivitas strategi dakwah, konten dari lirik lagu dan pertunjukan seni musik Lesbumi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas yang dilakukan lembaga seni dan budaya muslimin Indonesia (Lesbumi) melalui musik ada banyak aktivitas yang telah dilakukan seperti pementasan seni musik, pemilihan lagu, pemanfaatan media sosial, serta workshop seni budaya khususnya dalam seni musik. Kemudian melalui musik di yogyakarta terlihat efektif, terlihat pada respon masyarakat secara langsung atau melalui komentar dari berbagai media sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. Dakwah Islam dan Perubahan sosial, Suatu Kerangka Pendekatan dan Permasalahan. Yogyakarta: PLP2M.
Amin, M. “Ketetapan-ketetapan Departemen Agama RI”. Jakarta: Depag RI, 1978.
Arifin, M. Psikologi Dakwah, Suatu Pengantar Studi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.
Aripudin, A. Dakwah Antarbudaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Asep. Muhiddin. Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Aziz, Jum’ah Amin Abdul. “Fiqih Dakwah”. Solo: Inter Media, 1998.
Aziz, M. A. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2009.
Aziz, M. A. Ilmu Dakwah Edisi Revisi, (Jakarta: Kencana, 2004).
Azwar, S. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar Yogyakarta 2013.
Basit, A. Filsafat Dakwah Jakarta: Rajawali Pers. 2013.
Budiman, N. Study Islam Komprehensif. Kencana. Jakarta, 2012.
David, F. R. Manajemen Strategi Konse. Jakarta: Prehalindo, 2002.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Effendi, O.U. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. 2003.
Fanaqi, C. (2021). Tiktok Sebagai Media Kreativitas Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dakwah, 22(1), 105–130.
Gazalba, S. Islam dan Kesenian. Jakarta: Pustaka Al-Husna. 1998.
Ghazali, M. B. Dakwah Komunikatif Membangun Karangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. 1997.
Hamidi. Teori Komunikasi Dan Strategi Dakwah. Malang: UMM Pres. 2010.
Hariadi, B. Strategi Manajemen: Strategi Memenangakan Perang Bisnis. Malang: Bayumedia Publishing. 2005.
Hasjmy, A. D. Dakwah Menurut Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang 1994.
Helmi, M. Dakwah dalam alam Pembangunan. Semarang: CV Toha Putra.2010
Ilaihi, W. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013
Ida, L.O. NU Muda Kaum Progresif dan Sekulerisme baru. Jakarta: Erlangga, 2004.
Komandoko, G. Atlas Pahlawan Indonesia 160 Pahlawan dan Pejuang Nusantara terkini. Jakarta: PT buku Kita. 2011.
Lubis, B. “Ilmu Dakwah”. Jakarta: CV. Tursina. 1993.
Majid, A. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2013
Masykur, F. (2019). Jalan Damai Dakwah Islam di Indonesia (Memotret Tawaran Keunggulan Peradaban dan Budaya dalam Dakwah Islam). Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 2(1).
Muhtadi, A. S. Metedologi Penelitian Dakwah. Bandung:Pustaka Setia. 2003.
Muhiddin, A. Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341–356. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906
Nugraha, R. H., Parhan, M., & Aghnia, A. (2020). Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan Melalui Dakwah Digital. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 3(02), 175–194. https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.398
Qardhawi, Y. Islam Bicara Seni. Solo: Era Intermedia, 2002.
Sainuddin, I. H. (2020). Transformasi Dakwah di Masa Pandemi Covid-19. 19–21. https://doi.org/10.31219/osf.io/nakhy
Shalafiyah, N., & Harianto, B. (2020). Walisongo: Strategi Dakwah Islam di Nusantara. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(2), 41–51.
Shobron, S. (2014). Model Dakwah Hizbut Tahrir. Profetika: Jurnal Studi Islam, 15(1), 57–60.
Shihab, M.Q. Wawasan Al-Qur'an. Bandung,. Mizan 1996.
Soelaiman, F., Subhan, M. Antologi NU. Surabaya: Khalista. 2007
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2016.
Sulisttyo, B. Metodologi Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra, 2015.
Syukir, A. Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Usaha Nasional 1983.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i2.26443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id