STRATEGI DAKWAH LEMBAGA SENI DAN BUDAYA MUSLIMIN INDONESIA (LESBUMI) MELALUI MUSIK DI YOGYAKARTA

Wahyu Nugroho, Nana Najiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab apa yang terjadi rumusan masalah penelitian. Adapun rumusan yang pertama adalah bagaimana aktivitas dakwa lembaga seni dan budaya muslimin indonesia (LESBUMI) melalui musik. Adapun yang kedua adalah, analisis strategi dakwah lembaga seni dan budaya muslimin Indonesia (LESBUMI) melalui musik di yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para seniman musik Lesbumi, dan masyarakat yang menjadi pendengar aktif seni musik tersebut. Selain itu, observasi dan analisis efektivitas strategi dakwah, konten dari lirik lagu dan pertunjukan seni musik Lesbumi juga dilakukan untuk memperoleh data yang lebih mendalam.

Sebagai karya ilmiah, data-data yang dikumpulkan dianalisa menggunakan teori dari Muhammad Ibnu Fattah Al-Bayyanuni atau biasa disebut teori Al-Bayyanuni, yang meliputi tiga cakupan yaitu strategi sentimental, strategi rasional, strategi indrawi. Hasil penelitian mendapatkan bahwa aktivitas yang dilakukan lembaga seni dan budaya muslimin Indonesia (LESBUMI) melalui musik ada banyak aktivitas yang telah dilakukan seperti pementasan seni musik, pemilihan lagu, pemanfaatan media sosial, serta workshop seni budaya khususnya dalam seni musik. Adapun hasil analisis strategi yang dilakukan oleh lembaga seni dan budaya muslimin Indonesia (LESBUMI) melalui musik di yogyakarta terlihat effektif, terlihat pada respon masyarakat secara langsung atau melalui komentar dari berbagai media sosial. Adapun metode dakwah yang dilakukan adalah menggunakan dakwah bil-lisan.


Keywords


Strategi Dakwah;Seni Musik;Lesbumi Yogyakarta

References


Ahmad, Amrullah. Dakwah Islam dan Perubahan sosial, Suatu Kerangka Pendekatan dan Permasalahan. Yogyakarta: PLP2M.

Ali Aziz Moh. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2009.

Amin, Mashur. “Ketetapan-ketetapan Departemen Agama RI”. Jakarta: Depag RI, 1978.

Arifin, M. Psikologi Dakwah, Suatu Pengantar Studi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.

Aripudin, Acep. Dakwah Antarbudaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Asep. Muhiddin. Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Aziz, Jum’ah Amin Abdul. “Fiqih Dakwah”. Solo: Inter Media, 1998.

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2009.

Aziz, Moh.Ali. Ilmu Dakwah Edisi Revisi, (Jakarta: Kencana, 2004).

Azwar Saifuddin. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar Yogyakarta 2013.

Basit, Abdul. Filsafat Dakwah Jakarta: Rajawali Pers. 2013.

Basit, Abdul. Filsafat Dakwah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2013.

Budiman, Nata. Study Islam Komprehensif. Kencana. Jakarta, 2012.

David, Fred R. Manajemen Strategi Konse. Jakarta: Prehalindo, 2002.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Effendi. Onong Uchjana. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. 2003.

Gazalba, Sidi. Islam dan Kesenian. Jakarta: Pustaka Al-Husna. 1998.

Ghazali, M. Bahri. Dakwah Komunikasi. Jakarta. Pedoman Ilmu Jaya. 1997.

Ghazali, M. Bahri. Dakwah Komunikatif Membangun Karangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. 1997.

Hamidi. Teori Komunikasi Dan Strategi Dakwah. Malang: UMM Pres. 2010.

Hariadi, Bambang. Strategi Manajemen: Strategi Memenangakan Perang Bisnis. Malang: Bayumedia Publishing. 2005.

Hasjmy, A. Dutur. Dakwah Menurut Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang 1994.

Helmi, Masdar. Dakwah dalam alam Pembangunan. Semarang: CV Toha Putra.2010

Ilaihi Wahyu. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013

Ida, La Ode. NU Muda Kaum Progresif dan Sekulerisme baru. Jakarta: Erlangga, 2004.

Komandoko, Gamal. Atlas Pahlawan Indonesia 160 Pahlawan dan Pejuang Nusantara terkini. Jakarta: PT buku Kita. 2011.

Lubis, Basrah. “Ilmu Dakwah”. Jakarta: CV. Tursina. 1993.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2013

Muhtadi Asep Saepul. Metedologi Penelitian Dakwah. Bandung:Pustaka Setia. 2003.

Muhiddin Asep. Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Qardhawi, Yusuf. Islam Bicara Seni. Solo: Era Intermedia, 2002.

Shihab M. Quraish. Wawasan Al-Qur'an. Bandung,. Mizan 1996.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Sulisttyo Basuki. Metodologi Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra, 2015.

Syukir Asmuni. Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Usaha Nasional 1983.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i2.26443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id