PENGARUH TERPAAN IKLAN DAN KESADARAN MEREK SCARLETT WHITENING VERSI SONG JOONG KI DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN

Inayah Nabila Kholdah, Hairunnisa Hairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan iklan dan brand awareness Scarlett Whitening Song Joong Ki di YouTube terhadap minat beli mahasiswa Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan teori SOR dan teori AIDA. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling non-probability dengan metode sampling purposive sampling, dimana sampling menggunakan kriteria tertentu. Berdasarkan rumus penyelesaiannya, peneliti membagikan kuisioner dengan menggunakan formulir-G kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa di Universitas Mulawarman. Analisis yang digunakan adalah analisis berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan iklan dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli.


Keywords


Podcast, Social Branding

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Rizky. 2018. “Pengaruh Terpaan Iklan Situs Jual Beli Online Bukalapak.com Terhadap Minat Beli Mahasiswa UISU” Skripsi. Medan: Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UISU Sumatera Utara.

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.

Compass. (2022). Brand Skincare Lokal Terlaris. Retrieved from https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/. Diakses pada 10 November.

Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran. [Online] Available at: https://www.researchgate.net/publication/342644678 (diakses pada 20 Februari).

Katadata. (2020). Frekuensi Menonton Drama Korea Selama Pandemi Covid-19. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/30/lipi-masyarakat-menonton-drama-korea-lebih-dari-enam-kali-dalam-sepekan. Diakses pada 15 Agustus.

Kesuma, A., Wahjudi, S., & Agustin, D. A. C. 2021. Pengaruh Terpaan Iklan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Membeli Tiket Pesawat di Aplikasi TIKET.COM. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Munawaroh, Putri. (2018). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP Vol. 5 No. 1.

Monica, A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett. Universitas Sanata Dharma.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Nurudin. 2015. Pengantar Komunikasi Massa (Tujuh). PT RajaGrafindo Persada.

Rizal, V. Z. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 75.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid I (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Tranggono, D., Putri, A. N., & Juwito. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific Pada Followers Akun

@Nacificofficial.Id. Jurnal Ilmu Komunikasi




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i3.25910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id