KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MEMPERSUASI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN LIGHT RAIL TRANSIT (LRT)

Vira Yunizka, Isnawijani Isnawijani

Abstract


Perkembangan kota-kota besar telah menciptakan tantangan serius dalam hal mobilitas perkotaan, terutama terkait masalah kemacetan lalu lintas dan dampak lingkungan yang semakin meresahkan. Salah satu solusi yang menarik dalam mengatasi permasalahan ini adalah memperkenalkan layanan transportasi Light Rail Transit (LRT). Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis bagaimana komunikasi pelayanan publik dalam mempersuasi minat masyarakat untuk menggunakan LRT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LRT telah menjadi alternatif yang menjanjikan dan menawarkan mobilitas yang cepat, lebih efisien dan lebih ramah lingkungan dari pada sebagaian besar moda transportasi perkotaan lainnya. Peran komunikasi pelayanan publik dalam memfasilitasi adopsi LRT menjadi semakin penting dengan demikian di harapkan bahwa penelitian ini akan memberikan kontribusi yang berharga dalam pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana komunikasi pelayanan publik dapat memainkan peran kunci dalam mengubah minat masyarakat terhadap pengguna LRT.


Keywords


Komunikasi Pelayanan Publik, Minat Masyarakat, Light Rail Transit (LRT)

Full Text:

PDF

References


Adi Wibowo, A. N. F. (2020). Collaborative Governance Dalam Pelayanan Transportasi Publik (Study BRT Trans Semarang). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i3.970

Anisah, S., S, B. U., & Kustiani, I. (2020). ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA LAYANAN TRANSPORTASI LRT KOTA PALEMBANG. Jurnal Tekno Global UIGM Fakultas Teknik, 9(1). https://doi.org/10.36982/jtg.v9i1.1213

Ansusanto, J. D., Munawar, A., Priyanto, S., & Wibisono, B. H. (2011). Pola Perilaku Perjalanan Di Wilayah Perkotaan. Seminar Nasional VII 2011 Teknik Sipil ITS Surabaya, POLA PERILAKU PERJALANAN DI WILAYAH PERKOTAA.

Apriyanto, A. (2022). ANALISIS WILLINGNESS TO PAY DAN ABILITY TO PAY CALON PENGGUNA LRT JABODEBEK PADA LINTAS BEKASI - CAWANG. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 13(2). https://doi.org/10.55511/jpsttd.v13i2.638

Birokrasi, M. R. (2016). Pelayanan Publik. In Jakarta: Nimas Ultima.

Dadang, A. M. (2023). Pentingnya Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik. Journal Governance and Politics (JGP), 3(1).

Erlianti, D. (2019). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.7

Fatimah, S. (2021). Tipologi Potensi Transit-Oriented Development (TOD) di Sekitar Stasiun Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan. Warta Penelitian Perhubungan, 33(1). https://doi.org/10.25104/warlit.v33i1.1778

FIRDAUSA, F., Artini, S. R., & Prayuda, H. (2021). Survai Analisis Sarana dan Prasarana LRT Sumatera Selatan Dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 23(2). https://doi.org/10.25104/jptd.v23i2.1741

Hao, J., Hao, X., Tian, Z., Wang, Y., & Zheng, D. (2023). Effects of service attributes and competition on electronic word of mouth: an elaboration likelihood perspective. Information Technology and Management, 24(4). https://doi.org/10.1007/s10799-023-00403-0

KAROLINE, R., SUNARTO, S., JAMALULLAI, J., & ARIANI, N. (2023). Elaboration Likelihood Model (ELM) As Interpersonal Communication in Persuading Consumers in the Era of Disruption. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 4(4). https://doi.org/10.38142/ijesss.v4i4.657

Kharis, S. A. A., Zili, A. H. A., Putri, A., & Robiansyah, A. (2023). Analisis Tren Minat Masyarakat Indonesia terhadap Artificial Intelligence dalam Menyongsong Society 5.0: Studi Menggunakan Google Trends. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(4). https://doi.org/10.33379/gtech.v7i4.3091

Lestari, M., Kamar, S., Lamma, M., & Nugroho, S. (2023). Assessment of Electric Propulsion Application in Light Rail Transit (LRT). Majalah Ilmiah Pengkajian Industri, 15(3). https://doi.org/10.29122/mipi.v15i3.5043

Lestari, R. A., & Santoso, A. (2022). PELAYANAN PUBLIK DALAM GOOD GOVERNANCE. JURNAL ILMU SOSIAL Dan ILMU POLITIK, 2(1). https://doi.org/10.30742/juispol.v2i1.2134

Levana, A., & Hartono, S. (2023). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PUBLIK PT. TRANSPORTASI JAKARTA. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(9). https://doi.org/10.58344/locus.v2i9.1661

M. Hijrah Agung Sarwandy, & Jonizar. (2023). Analysis of the Need for Feeder LRT (Light Rail Transit) Palembang City on Jalan Jendral Ahmad Yani. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(2). https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i2.2962

Novianus, C., Lakhsmi, B. S., & Inaku, A. H. R. (2023). Analisis Persepsi Keselamatan Transportasi Publik Pada Pekerja Urban di Jakarta. Jurnal Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.59946/jfki.2023.172

Perbawaningsih, Y. (2012). Menyoal Elaboration Likelihood Model (ELM) dan Teori Retorika. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 9(1). https://doi.org/10.24002/jik.v9i1.50

Pramana, A. Y. E. (2018). Tingkat Aksesibilitas Transportasi Publik di Kota Yogyakarta. REKA RUANG, 1(1). https://doi.org/10.33579/rkr.v1i1.775

Putra, A. S., & Aditya, T. (2021). Visualisasi Peta Skematik dan Story Map MRT dan LRT Jakarta. JGISE: Journal of Geospatial Information Science and Engineering, 4(1). https://doi.org/10.22146/jgise.61009

Putra, D. D. L., & Kurniawan, W. P. (2021). Survei Minat Masyarakat Bersepeda Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun 2020. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1). https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p70-75

Ramadhan, B., Savitri, D. P., Rahman, A. S., & Arifin, M. A. (2023). Pengembangan Sarana Transportasi Perkotaan Berkelanjutan Pada Kereta Cepat (Whoosh). Prosiding Seminar Rekayasa Teknologi (SemResTek).

Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 2(1).

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Media Administrasi, 7(1). https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Sim, E. N. D. R., & Atong, P. (2023). KINERJA PELAYANAN PUBLIK. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 21(1). https://doi.org/10.51826/fokus.v21i1.716

Sintina, T., Nurhasanah, N., & Nurdin. (2017). Pengaruh Pengetahuan dan Kepercayaan terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Sinergi Foundation Kota Bandung. Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(1).

Solong, A., & Muliadi, M. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK. Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik. https://doi.org/10.47030/aq.v10i2.82

Srivastava, M., & Saini, G. K. (2022). A bibliometric analysis of the elaboration likelihood model (ELM). Journal of Consumer Marketing, 39(7). https://doi.org/10.1108/JCM-12-2021-5049

Suranto. (2023). Kajian Kinerja Lalu Lintas Akibat Rencana Pembangunan LRT di Kota Medan. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 17(2). https://doi.org/10.29313/jpwk.v17i2.1625

Wakhid, A. A. (2017). Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal TAPIs, 01(14).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i1.25646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id