STRATEGI ELECTRONIC WORD OF MOUTH LIPSTICK WARDAH MELALUI PROGRAM PHOTO COMPETITION DENGAN #WARDAHFEELTHECOLOR PADA INSTAGRAM
Abstract
Generasi milenial melakukan komunikasi setiap harinya melalui media sosial yang telah membubuhkan digitalisasi tren baru. Dalam melewati masa peralihan, para remaja megalami perubahan psikologis, biologis, serta perubahan sosial yang meneybabkan remaja sudah dapat meentukan dan memutuskan apa yang mereka inginkan, salah satunya adalah dengan merawat diri. Penentuan produk kosmetik menjadi salah satu faktor penting dalam proses perawatan diri remaja perempuan. Hadirnya merek kosmetik asli Indonesia yakni Wardah yang telah menempati urutan pertama top brand kategori lipstick pada tahun 2020 yang menambah antusiasme masyarakat terhadap pengetahuan dan pemenuhan kebutuhannya melalui media sosial Instagram. Dengan strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram yang dilakukan oleh Wardah berupa event photo competition #WardahFeelTheColor, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi electronic word of mouth (eWOM) lipstick Wardah melalui program photo competition #WardahFeelTheColor. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif. Melalui strategi eWOM, program photo competition dengan hashtag #WardahFeelTheColour di Instagram dapat menjadi alat yang efektif dalam menciptakan eWOM untuk lipstick Wardah. Dengan keterlibatan pengguna, konten yang menarik, dan interaksi aktif dengan peserta, program ini dapat membangun hubungan yang kuat antara merek dan konsumen. Selain itu, strategi influencer marketing dapat memperluas jangkauan program dan meningkatkan partisipasi pengguna. Melalui pengelolaan konten yang cermat dan analisis yang teliti, program photo competition ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi merek Wardah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Pustaka Setia.
Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 908–921. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook. Media Kita.
Bahri, Y. D. P. (2022). Pengaruh E-Wom Pada Konten Media Sosial Instagram Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Ms Glow. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Erkan, I., & Evans, C. (2016). The influence of eWOM in social media on consumers’ purchase intentions: An extended approach to information adoption. Computers in Human Behavior. Computers in Human Behavior, 61, 47–55.
Faruqi, A., & Wahyuni, I. (2017). Analisis Strategi Word Of Mouth Marketing Akun Instagram@ exploresawahlunto. EProceedings of Management.
Gevi, O. :, Resky, T., Pembimbing, D., & Hendrawan, D. (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tas Di Instagram Rgfashion Store. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.
Gultom, A. P. A., & Irwansyah. (2021). Kekuatan Instagram dengan Electronic-Word-of-Mouth (Ewom) dan Influencer dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal InterAct , 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25170/interact.v10i2.3150
Gupta, P., & Harris, J. (2010). How e-WOM recommendations influence product consideration and quality of choice: A motivation to process information perspective. Journal of Business Research, 63(10), 1041–1049.
Hasan, A. (2010). Marketing dari mulut ke mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.
Janah, N. R., & Suswardji, E. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah The Effect Of Brand Image And Electronic Word Of Mouth On The Interests Of Buying Beauty Products Wardah. Business and Accounting, 4. www.marketeers.com
Lin, C., Wu, Y.-S., & Chen, J.-C. V. (2013). Electronic Word-Of-Mouth: The Moderating Roles Of Product Involvement And Brand Image. Proceedings of 2013 International Conferences on Technology Innovation and Industrial Management. Phuket, Thailand.
Meolong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Nyoman, K. R. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar.
PRIYANDONO, O. R. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Marketing Melalui Jejaring Sosial Twitter Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Konsumen Starbucks Indonesia Pada Tahun 2014. Universitas Telkom.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. CV Alfabeta.
Wahyu Abadi, T., Fitriana Hawa, E., & Meidi Budi Utomo, D. (2023). Digital Marketing Strategy for Beauty Products Through Beauty Vlogger Strategi Digital Marketing Produk Kecantikan Melalui Beauty Vlogger. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 63–67. https://doi.org/10.21070/kanal.v11i2.1711
Wijaya, V., & Keni. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention, Mediasi Brand Trust Dan Brand Attitude Pada Produk Skincare. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis , 6(2), 274–287.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i2.25137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id