STRATEGI KOMUNIKASI DALAM AKTIVITAS DAKWAH MAJELIS SYARIFAH MUDAIM KOTA CIMAHI

Rangga Ramadhan, Arya Teguh Munggaran, Hani Hadiati Pujawardani

Abstract


Dakwah Islam tampil secara aktual, faktual, dan kontekstual. Aktual dalam arti memecahkan masalah terkini (kontemporer) yang sedang hangat di tengah-tengah masyarakat. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam aktivitas dakwah Majelis Syarifah Mudaim Kota cimahi, apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Majelis Syarifah Mudaim mempunyai strategi komunikasi dalam aktivitas dakwah yang relevan, dan terencana dalam setiap kegiatan dakwahnya terhadap para jama’ah khusnya kaum remaja dan ibu-ibu. Langkah strategis yang dilakukan Majelis Syarifah Mudaim dalam berdakwah yaitu dengan menggunakan metode undangan tasyakur sebagai refleksi ajakan dakwah, menentukan lokasi majelis di kediaman umi dan memfokuskan objek dakwah pada kaum remaja perempuan dan ibu-ibu. Implementasi Strategi dalam aktivitas dakwah pengajian di Majelis Syarifah Muda'im diadakan secara rutin setiap minggu. Evaluasi yang dilakukan Majelis Syarifah Muda'im dengan cara rapat antar pengurus, setelah itu dimusyawarahkan pada anggota yaitu merumuskan strategi, bagaimana implementasi dan evaluasi keseluruhan strategi dakwah.


Keywords


Strategi Komunikasi, Aktivitas Dakwah, Majelis Taklim

Full Text:

PDF

References


Alhidayatillah, Nur. 2018. “Dakwah Dinamis Di Era Modern (Pendekatan Manajemen Dakwah).” An-Nida’ 41(2):265–76.

Anwar, Rosehan. 2002. Majelis Taklim Dan Pembinaan Umat. Puslitbang Lektur Keagamaan, Balitbang Agama dan Diklat Keagamaan ….

Astrid. 1974. Komunikasi Dalam Teori Dan Praktek I. Jakarta: Binacipta.

Bella, Salsabila. 2022. “Strategi Komunikasi Dalam Aktivitas Dakwah (Studi Kasus Majelis Syubbanul Musthofa Sukarame Bandar Lampung).”

Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.

Dahlan, Zaini. 2019. “Peran Dan Kedudukan Majelis Taklim Di Indonesia.” Jurnal Al-Fatih 2(2):252–78.

David, Fred. R. 2001. Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Prenhalindo.

Djohan, Abdi Kurnia. 2009. Pedoman Dakwah. Jakarta: Wahid.

Effendi, Onong Uchana. 2019. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. 29th ed. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ghazali, M. Bahri. 1997. Komunikatif Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah. 1st ed. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

Hunger, J. David, and Thomas L. Wheelen. 2006. Manajemen Strategi. 3rd ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Istiqomah. 2021. “Peran Majelis TakLim Nur Anisah Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Masyarakat Desa Rawamangun Kecamatan Sukamaju Selatan Kabupaten Luwu Utara.”

Kuncoro, Mudrajad. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lukman, Saeful, Yusuf Zaenal Abidin, and Asep Shodiqin. 2019. “Peranan Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat.” Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 4:65–84.

Marbun, Junaidi, and Ahmad Rivauzi. 2022. “Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Jamaah Masjid.” An-Nuha 2(4):810–27.

Masrul, Khaisar, and Ahmad Saiful Bahri. 2021. “Konsep Dakwah Bil Hal Dalam Majelis Taklim Dimasjid Al-Aminiyah Sudimara Pinang Kota Tangerang.” AT-TANZIR: JURNAL ILMIAH PRODI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM 139–66.

Middleton, John. 1980. Approaches to Communication Planning. Paris: Unesco.

Munawaroh, Munawaroh, and Badrus Zaman. 2020. “Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat.” Jurnal Penelitian 14(2):369–92.

Pimay, Awaludin, and Fania Mutiara Savitri. 2021. “Dinamika Dakwah Islam Di Era Modern.” Jurnal Ilmu Dakwah 41(1):43–55.

Pulungan, M. Yusuf. 2014. “Peran Majelis Taklim Dalam Membina Keluarga Sakinah Masyarakat Muslim Di Kota Padangsidimpuan.” Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 9(1):121–39.

Qardhawi, Yusuf. 1985. Kerangka Ideologi Islam. Bandung: Risalah.

Rachmat, J. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rismawanti, Endang. 2018. “Strategi Komunikasi Dakwah Radio 97,6 Fm La Nugraha Lampung Pada Program Siraman Rohani.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rogers, E. M. 1976. Komunikasi Dan Pembangunan Perspektif Kritis. Terjemahan. Jakarta: LP3ES.

Shihab, M. Qurais. 1994. Membumikan Al-Qur’an (Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat). Bandung: Mizan.

Solihat, Anis. 2015. “Strategi Komunikasi Dalam Aktivitas Dakwah Majelis Rasulullah Di Pancoran Jakarta Selatan.”

St Aisyah, B. M. 2018. “Strategi Majelis Taklim Terhadap Pengembangan Dakwah.”

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D – MPKK. Cetakan 4. Bandung: Alfabeta.

Surjadi, A. 2005. Da’wah Islam Dengan Pembangunan Masyarakat Desa: Peranan Pesantren Dalam Pembangunan. Bandung: Mandar Maju.

Syamsidar, Syamsidar. 2018. “Strategi Komunikasi Majelis Taklim Nurul Ishlah Sebagai Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama.” Jurnal Jurnalisa 4(1).

Valerie, Miller, and Jane Covey. 2005. Pedoman Advokasi; Perencanaan, Tindakan Dan Refleksi. 1st ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Widjaja, A. .. 2008. KOMUNIKASI: Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Zailani, Ahmad, and Yefni. 2019. “PEMBINAAN KEAGAMAAN MELALUI MAJELIS TAKLIM AL-HIDAYAH DI DESA BONO TAPUNG KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU.” JRMDK Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi 1(4):235–50.

Zuhdi, Ahmad, Ahmad Khairul Nuzuli, and Febrianto Febrianto. 2022. “Strategi Dakwah Dalam Membina Akhlak Remaja Di Desa Bendung Air Kayu Aro.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah 4(1):145–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i3.24814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id