STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PERSONAL REBRANDING SELEBGRAM KARIN NOVILDA DI AKUN INSTAGRAM @AWKARIN

Feiza Salsabila Deka, Rachmat Kriyantono, Anang Sujoko

Abstract


Media sosial adalah wadah yang baik untuk membangun reputasi diri yang dianggap sulit ditemukan orisinal untuk mengomunikasikan Personal Branding seseorang. Selebgram yang melakukan rebranding adalah Karin Novilda di akun Instagram @awkarin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Personal Branding akun Instagram @awkarin sebelum proses rebranding dan setelah rebranding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis yang bersifat deskriptif yaitu mendeskripsikan data secara mendalam dan membutuhkan narasi yang mendalam tentang realitas yang ada. Hasil penelitian ini meliputi dimensi yang telah dianalisis ke dalam 4 tahap yaitu Repositioning, Awkarin tidak mengubah dirinya sendiri namun Awkarin berusaha mengubah pandangan orang lain terhadap dirinya dengan menggunakan Instagram sebagai media penyebaran informasi tentang perubahan dirinya. Mengganti nama, Awkarin tidak mengubah nama di akunnya melainkan mengubah tagline di bio dan kategori akunnya dari blog pribadi menjadi komunitas. Redesign, Awkarin mengubah profil Awkarin yang semula merupakan gambar dirinya menjadi gambar animasi yang menjadi logo komunitas. Relaunching, Awkarin mengumumkan perubahan di akunnya dengan mengunggah foto di akun Instagram @awkarin. Akun Instagram @awkarin saat ini banyak digunakan sebagai akun pertukaran informasi trending agar lebih bermanfaat.


Keywords


Personal rebranding, Social Media, Instagram, Awkarin

Full Text:

PDF

References


Agianto, Rifqi., Anggi Setiawati., & Ricky Firmansyah. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7 (2), 130-139

Agustina, Rosalyn., Insan Romadhon, et al (2022). Analisis Personal Branding Selebgram Awkarin di Media Sosial Instagram Terhadap Pandangan Pengikut Mengenai Fashion Awkarin. Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(2).

Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., Dwivedi, Y., 2019. Mengukur wawasan indeks influencer media sosial dari Facebook, Twitter, dan Instagram. J. Pengecer Konsumen. Melayani. 49, 86-101.https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.012 .

Dewi, W. (2021). Peran Selebgram Dalam Menggembangkan Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram. Diakses dari http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/1744/

Haroen, D. (2004). Personal Branding : Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.

Jin, S. Venus. (2020). “I'll buy what she #wears”: The role of jealousy and interaction parasocial with influencers in brand support and social commerce Instagram celebrity based. Journal of Retail and Consumer Services. http://www.elsevier.com/locate/jretconser

Jin, SV, Muqaddam, A., Ryu, E., (2019). Insta famous dan influencer media sosial pemasaran. Pasar. Intell. Rencanakan. 37 (5), 567–579. https://doi.org/10.1108/MIP-092018-0375.

Kaikati, JG, Kaikati, AM, (2003). Mawar dengan nama lain: kampanye rebranding pekerjaan itu. J.Bus. Strategi 24 (6), 17–23

Kaplan, A.M. and Haenlein, M. (2010) Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59-68. http://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kriyantono, R. (2020). Analisis isi skripsi kehumasan di perguruan tinggi. ARISTO, 8(1), 118-136.

Kriyantono, R. (2020). Aplikasi teori Osgood untuk evaluasi pemaknaan internal strategi komunikasi pemasaran co-Branding. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 193-204.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif (Edisi kedua). Prenadamedia Group

Kriyantono, R., Kasim, A., Safitri, R., Adila, I., Prasetya, A. B., Febriani, N., ... & Said, M. F. 2023. Is Social Media the Top Priority for Seeking and Sharing Information About COVID-19 Among Indonesian Students?. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 39(1): 144-165.

Milles, M. B., Huberman, A . M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Third Edition. California: SAGE Publications

Montoya, P., & Vandehey, T. (2003). Merek memanggil Anda: Buku pegangan pengembangan merek dan pengembangan bisnis terbaik untuk mengubah siapa pun menjadi merek pribadi yang sangat diperlukan. California: Personal Branding Tekan

Muzellec, L. M. (2017). Corporate Branding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity. Newyork: Mcgraw Hill.

Nasrullah, Rulli (2015). Media sosial perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekratama Media

Neuman, W. L. (2018). Metodologi penelitian sosial: pendeketan kualitatif dan kuantitatif (Edisi 7). PT. Indeks

Nurul, Andi Zhafira (2020). Pengaruh Terpaan Akun Instagram @awkarin terhadap Persepsi Remaja Pengguna Instagram Tentang @awkarin (Studi pada Pengikut @awkarin). https://eprints.umm.ac.id/60998/

Tambunan, J. F., Kriyantono, R., & Prasetyo, B. D. (2021). Development of Social Media Online Education Communication Strategy in Jean Mayer Preschool. International Journal of Science and Society, 3(1), 311-317.

Van Dijck, J. (2013). 'Anda memiliki satu identitas': melakukan diri sendiri di Facebook dan LinkedIn. Media. Budaya & Masyarakat, 35(2), 199–215.

Wang, Y., Yu, C., (2017). Model pengambilan keputusan konsumen berbasis interaksi sosial di perdagangan sosial: peran dari mulut ke mulut dan pembelajaran observasional. Int. J.Inf. Kelola. 37, 179–189.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i3.24775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id