PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM NETFLIX INDONESIA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN NETFLIX

Alya Afra Puteri Asyharry, Amalia Djuwita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari marketing public relations terhadap loyalitas pelanggan. Netflix merupakan brand layanan streaming video on demand di mana Netflix menjadi layanan streaming favorit masyarakat dunia termasuk juga Indonesia. Namun pada Kuartal 1 dan Kuartal 2 tahun 2022 Netflix kehilangan banyak pelanggannya. Netflix memiliki akun instagram sebagai sarana dengan publik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan satu variabel independen dan dependen, variabel independen yaitu marketing public relations (X) dan variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan (Y) yang bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh marketing public relations pada instagram Netflix Indonesia berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan followers instagram @netflixid. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian kausal. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non-probability sampling jenis purposive sampling. Sampel dari penelitian ini sebanyak 118 responden dan diolah menggunakan IBM SPSS ver 25. Berdasarkan hasil Uji-T terdapat pengaruh marketing public relations (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) melalui sosial media instagram secara signifikan sebesar thitung 6,001 > ttabel 1.98 maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diketahui bahwa keseluruhan variabel marketing public relations (X) memiliki pengaruh sebesar 23,7% terhadap loyalitas pelanggan (Y) sisanya 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Lalu dimensi yang paling berpengaruh dari marketing public relations terhadap loyalitas pelanggan adalah dimensi publikasi.


Keywords


video on demand, marketing public relations, loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2010) Building Strong Brands. Simon and Schuster.

Aljufri, F. (2022). Pengaruh Marketing Public Relations dan Fitur Layanan Terhadap Proses Keputusan Menggunakan Aplikasi Tiktok. Diakses dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16464 Pada 13 Maret 2023.

Bigne, E. (2019). Brand Love Is All Around: Loyalty Behaviour, Active And Passive Social Media Users. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1631760 Pada 21 Maret 2023.

Firdaus. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26. Riau: DOTPLUS Publisher.

Griffin, J. (2010) Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, T. (2022). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bandung diakses dari https://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/55/154 pada 15 Maret 2023.

Indra, I. M. & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Jibril, A. B. (2019). The Impact Of Social Media On Consumer Brand Loyalty: A Mediating Role Of Online Based-Brand Community https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23311975.2019.1673640 Pada 22 Maret 2023.

Info.populix.co. (2022) Indonesian Video Entertainment On Demand Consumption. Diakses pada 20 November 2022, dari https://info.populix.co/report/indonesian-video-entertainment-on-demand-consumption/

Kitchen, P.J. & Papasolomou, L. C. (1997). Marketing Public Relations: Conceptual Legitimacy Or Window Dressing? Diakses dari http://dx.doi.org/10.1108/02634509710165876 pada 20 Maret 2023.

Kotler, P. & Keller, KL. (2012). Marketing Management Global Edition (Vol. 14E). Harlow: Pearson Education Limited.

Maignan, I. & Ferrell, O. C. (2001) Corporate Citizenship as a Marketing Instrument: Concepts, Evidence, and Research Directions. Journal of Business Research. Diakses dari https://doi.org/10.1108/03090560110382110 pada 08 Mei 2023.

Muntazzahra, A.S. & Rachmawati, I. (2023). Marketing Public Relations di Instagram Happy Go Lucky House. Diakses dari https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.6463 pada 12 Mei 2023.

Natasya, A.R. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Melalui Social Media Marketing pada Akun Instagram @netflixid Terhadap Keputusan Berlangganan Netflix (Survei Pada Komunitas Moviegoers Indonesia). Diakses dari https://repository.bakrie.ac.id/4035/ pada 25 November 2022.

Puspitasari, D. A. (2022) Pengaruh Event Marketing dan Kredibilitas Influencer Terhadap Loyalitas Merek Melalui Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Erigo Store). Diakses dari https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/1578/1019 pada 10 Mei 2023.

Papasolomou, L. & Melanthiou, Y. (2012). Social Media Marketing Public Relations New Best Friend. Diakses dari https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10496491.2012.696458 pada 19 Maret 2023.

Ruslan, Rosady. (2016). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadida, A. H. (2022). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Media Sosial Somethic). Diakses dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18283 pada 13 Maret 2023.

Sari, G. H. (2022). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Berrybenka Store. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/225825514.pdf pada 16 Maret 2023.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis (Edisi Revisi). Bogor: Penerbit IN MEDIA.

Simanullang, S. & Sabil. (2022). Manajemen Pelayanan Berbasis Loyalitas Penumpang (Studi Kasus: Transjakarta). Banyumas: CV. ZT Corpora.

Statista.com. (2022). Video On Demand Worldwide. Diakses pada 30 November 2022, dari https://www.statista.com/outlook/dmo/digital-media/video-on-demand/worldwide

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, W., & Utami, L.R. (2020). The Master Book of SPSS. Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia.

Tekwana, P. (2013). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Diakses dari https://repository.uin-suska.ac.id/7898/1/2013_201359KOM.pdf pada 17 Maret 2023.

Vilaro, F.G. (2022). Netflix Lost a Million More Subscribers, Plans Cheaper Version with Ads: What That Means for You. Diakses pada 23 November, dari https://www.usatoday.com/story/entertainment/tv/2022/07/19/why-did-netflix-lose-subscribers-and-what-does-mean-you/7531540001/

Wang, T. C., Dkk. (2017). Marketing Public Relations Strategies to Develop Brand Awareness of Coffee Products. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Ghalih/publication/316911982_Marketing_Public_Relations_Strategies_to_Develop_Brand_Awareness_of_Coffee_Products/links/59179c4fa6fdcc963e85651b/Marketing-Public-Relations-Strategies-to-Develop-Brand-Awareness-of-Coffee-Products.pdf pada 19 Maret 2023.

Wijayanti, L.R. (2013). Pengaruh Terpaan Iklan, Publisitas, dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen Garuda Indoensia. Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/8759/8518 pada 10 Mei 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i3.24767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id