PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI SUB SEKTOR EKONOMI KREATIF KERONCONGANTAR

Yola Prastika, Hayatullah Kurniadi

Abstract


Penelitian ini mengulik tentang Penggunaan Platform Digital sebagai Media Informasi dan Promosi Sub Sektor Ekonomi Kreatif Keroncongantar Di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori yang dipakai yaitu teori Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyebaran informasi dan komunikasi pada kegiatan jual beli Keroncongantar secara keseluruhan memanfaatkan kecanggihan digital seperti platform digital dan Website. Membuat konten foto ataupun video yang menarik. Kemudian menawarkan berupa diskon, giveaway, potongan harga dan juga cashback yang di informasikan di Instastory akun Instagram nya Keroncongantar agar customer tertarik membeli produknya. Kemudian dengan adanya testimonial dari customer yang sudah membeli produk di Keroncongantar membantu penyebaran informasi ke calon customer keroncongantar. Di era revolusi digital ini Ekonomi kreatif yang diterapkan oleh Keroncongantar berkembang dengan ide dan kreatifitas dengan kecanggihan digitalisasi. Sehingga Keroncongantar mendapatkan prestasi terpilih sebagai 100 startup terbaik di Instambul, Turki dari 166 negara di dunia yang ikut kompetisi.

 


Keywords


Penggunaan Platform Digital, Informasi dan Promosi,Ekonomi Kreatif, Keroncongantar

Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia group.

Digitalbisa. (2021). Apa Itu Digital Platform? https://digitalbisa.id/artikel/apa-itu-digital-platform-LL6CQ

Febriyantoro, (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76.

Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Issue Ekonomi dan Bisnis).

Hariningsih, E. (2013). Internet Advertising Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, I(2), 12–16.

Hasugian,(2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1), 195–204.

kemenparekraf. (n.d.). subsektor ekonomi kreatif. Retrieved January 10, 2012, from https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Jurnal Perspektif, 1, 195–202.

Nuraini, L., Putri, S., & Susilowati, I. H. (2017). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Toko Zizara Depok. Cakrawala, Xvii(2), 226–236.

Roosdhani, M. R., Wibowo, P. A., & Widiastuti, A. (2012). Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 9 No., 92.

Rosady Ruslan. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.

Saputra,dkk.(2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Serta Penyebaran Informasi Di Desa Dalang. Journal Of Community Development, 3(2), 119–126.

Sari, A. C. (2018). Komunikasi dan media sosial. December.

Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner untuk Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51–60.

Siregar, V.M.M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk. Jurnal Tam (Technology Acceptance Model), 9, 15–21.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan,. Bumi Aksara.

Syauqi, A. T. (2016). Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia. Department of Electrical Engineering and Information Technology, 1–4.

Trihayuningtyas, E., & Adriani, Y. (2018). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Social Media As A Mean Of Tourism Information And. Tourism Scientific Journal, 4(1), 1–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i2.24681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id