KOMUNIKASI KESEHATAN REPRODUKSI PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @YASSINBINTANG
Abstract
Kesehatan reproduksi merupakan suatu keadaan yang sehat secara sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya. Munculnya informasi yang tidak valid dan berbagai hoaks atau mitos mengenai isu Kesehatan reproduksi menjadi suatu permasalahan yang bisa dipecahkan dengan pendekatan komunikasi kesehatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengkaji dan mengetahui tanggapan dari followers mengenai komunikasi kesehatan reproduksi yang dilakukan oleh dr. Yassin Bintang di media sosial instagram. Teori penelitian dilakukan dengan menggunakan 7 indikator analisa pada kriteria dalam menyampaikan pesan efektif yaitu: command attention, clarify the massage, communicatea a benefit, consistency count, cater to the heart and the head, create trust, call to action. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif. Data di dapat dari hasil wawancara dengan pengguna media sosial yang aktif menyimak dan mengikuti akun instagram @yassinbintang terkhusus pengikut dari kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun media social Instagram @yassinbintang telah memenuhi tujuh syarat dari komunikasi Kesehatan, yakni: 1) Pesan jelas, singkat disertai data dan fakta, 2) Pesan efektif dengan adanya jurnal ilmiah, 3) Pesan yang bermanfaat, 4) Konsisten serta unggahan pesan yang terjadwal, 5) Pesan yang dapat menciptakan emosional, 6) Kebenaran pesan yang dapat menciptakan kepercayaan, 7) Ajakan untuk stop percaya mitos dan positive thinking.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, R. H. & Eka, F. P. (2020). Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arsyad, A. M.A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Gatot, C. H. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jawa Barat: CV Jejak.
Liliweri, M.S. (2013). Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mandang, J., Lumi, F., Manueke, I., & M, Tando, N. (2014). Kesehatan Reproduksi Dan Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Bogor: In Media.
Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian Dan Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
¬¬¬¬_________. (2016). Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Waryana. (2018). Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
WHO (World Health Organization). (2015). Effective Communication Participant Handbook. Document Production Service, Geneva, Switzerland.
Agustar. (2019). Model Komunikasi Pemasaran Alfamart Di Kota Pekanbaru. Universitas Abdurrab.
Alfansyur, A dan Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah. 5(2), 146-150.
Annahdi, S.S.(2019). Analisis Wacana Dalam Pendidikan Seks Pada Akun Media Sosial Instagram @Tabu.Id. Jurnal Proceding Of Management. 6 (2), 1-7.
Hasanah, H. (2016). Pemahaman Kesehatan Reproduksi Bagi Perempuan. Jurnal Sawwa, 11(2), 229-252.
Leonita, E. & Jlinus, N. (2018). Peram Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. 18(2) 25-34.
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M.M. (2016). Studi Deskripstif Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Even Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of mamagement. 2(2), 1-8.
Mustaqimmah, N. & Gussman, S. Y. (2020). Digital Influencer Dalam Promosi Kesehatan.
Monanda, R. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Awkarin Terhadap Gaya Hidup Hedonis Di Kalangan Followers Remaja. Jurnal Jom Fisip. 4(2), 1-12.
Maulida, H. (2020). Komunikasi Kesehatan Perilaku Hidup Sehat # JSR di Media Sosial. Jurnal Teras Kesehatan, 3 (1), 18-32.
Prasanti, D. & Rakhma, D. F. ( 2017). Membangun Ketahanan Informasi Nasional Dalam Komunikasi Kesehatan Bagi Kalangan Perempuan Urban Di Jakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(3), 338-358.
Retnasary, M. & Fitriawati, F. (2018). Peran Instagram Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Indonesia. 3(4), 61-67.
Rahmadiana, M. (2012). Komunikasi Kesehatan. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 88-94.
Retno, H. (2018). Budaya Dan Komunikasi Kesehatan. Jurnal Lugas, 2(1) 13-19.
Sari, M.P. (2017).Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. JOM FISIP, 4(2), 1-13.
Sekar, D.P. & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal common. 3(1), 71-80.
Wahyuni, A.P. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Tirtayasa Ekonomika. 12(2), 212-231.
Widarini, D.A. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Dan Nutrisi Untuk Perempuan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17 (1), 92-101.
Dr. Drh. Budijanto, D, M. Kes. (2018). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. http://pusdatin.kemkes.go.id.
dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, M.SC – Halodoc. https://www.halodoc.com.
Kaban, S.M. (2019-2020). Laporan Jasa Asosiasi penyelenggara jasa internet Indonesia (APJII). Indonesia Suvei Center. https://apjii.or.id/download/downloadsurvei/infografis.apjii.pdf%20.
Sendari, A. A. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto Vidio, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Liputan6.com. https://m.liputan6.com/tekno/read/3906736/
YouTobe, Twich, Twitter & Instagram Statictic – SocialBlade https://socialblade.com/
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i6.18675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id