PENGARUH INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI PRODUK SCARLETT WHITENING PADA MAHASISWA UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Afriyani Asmara, Elfiandri Elfiandri

Abstract


Influencer dapat berpengaruh dalam penjualan produk karena jangkauan public influencer luas yang akan menjadi sasaran influencer itu sendiri dalam mempromosikan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh influencer terhadap minat beli produk scarlett whitening pada mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 400 responden mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 25. Data diuji menggunakan uji korelasi dan mendapatkan nilai sebesar 0,763. Kemudian nilai dalam uji determinasi sebesar 0,000<0,05, yang artinya antara variabel influencer terhadap variabel minat beli produk Scarlett Whitening terdapat hubungan yang signifikan. Selanjutnya, hasil dari uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yakni 23,562 > 0,098 yang berarti signifikan. Data menunjukkan bahwa influencer memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli produk scarlett Whitening pada mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dikarenakan nilai intervalnya berada pada 0,060-0,799.


Keywords


Kata kunci: Influencer, Minat Beli, Scarlett Whitening

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2020). Public Relations In The Era of Artificial Intelligence: Peluang Atau Ancaman?. Jurnal Aristo (Social, Politik, Humainora), Vol 8, No 2, 412

Anjani, S., Irwansyah. (2020). Peranan Influencer dalam Mengkomunikasikan Pesan di Media Sosial Instagram, Jurnal Ilmiah Vol. 16, No. 2, 203-229.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman, A. (2006). Kebebasan, Negara, Pembangunan: Kumpulan Tulisan 1965-2005. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Cangara, H. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Evelina, L.W., Fitrie, H. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra), Jurnal Warta ISKI (Ikatan sarjana Komunikasi Indonesia), Vol. 01, No. 01, 71-82.

Firmansyah, M.A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Bandung: Qiara Media.

Islami, R.B. (2021), Pengaruh Social Media Influencer dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Promosi Produk Hand & Body Lotion Scarlett Whitening di Instagram), Skripsi Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis.

Joan, V. 2021. Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 Miliar, Brand Lokal Terfavorit. https://kompas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/di akses pada 27 Juli 2021, Pukul 19:09 WIB.

Kartikasari, N. (2017). Viral: Gebrakan Kekinian Public Relations di Era Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Manalu, Z.S. (2019). Pengaruh Expert Endorser Tasya Farasya Terhadap Minat Beli Produk Maybelline pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Kampus Palembang, Skripsi: Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya.

Mar"at. 1982. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukuran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Martin, D. (2020). The Boss (Best on SEO & SEM): Kitab Besar Pnduan Ilmu SEO & SEM, dari Pemula Hingga Mahir. Bandung: digimind.id.

Maulana, I, Jovanna, M br.Manulang, Ossya, S. (2020), Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Prilaku konsumtif di Era Ekonomi Digital, Jurnal Majalah Ilmiah Bijak, Vol. 17, No. 1, 28-34.

Muhid, A. 2010. Analisis Statistik. Surabaya: Duta Aksara.

Narbuko, C., Achmadi, A. (2009). Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasih, M., Otto, M.S., Abdul, R.F., Sigit, H. (2020), “Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 5, No 2, 135-144.

Nisa, R.R. (2019), Pengaruh Social Media Influencer dan Trustworthiness Terhadap Keputusan Pembelian KosmetikMake Over (di Royal Plaza), Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol. 7, No. 2, 479-482

Oktaviani F., Ratih H. (2020), Pengaruh Kredibilitas Endorser Rachel Vennya Terhadap Minat Beli Scarlett Whitening, Jurnal E-Proceeding of Management, Vol. 7, N0.2, 1-10.

Pertiwi, D., Henni, G. (2018). Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Kalbis Institute, Jurnal Media Komunikasi, Vol. VIII, No. 2, 45-57.

Prasetyo, B., Jannah, L.M. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pratama, Y.W. (2020), Pengaruh Social Media Influencer, Virtual Community, dan Social Influence Terhadap Minat Pembelian Produk Yamaha NMAX, Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Priyanto, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta: Media Kom

Purnama, S.W & Lydia, I. (2019). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Puspita, Y.D., dkk. (2021). Riset Popular Pemasaran Jilid 2. Bandung: Media Sains Indonesia.

Putri, A.A & Ayu, R.H. (2020), Pengaruh Beauty Vlogger Tehadap Minat Beli ProdukKecantikan di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, Jurnal Komunikasi, Vol. 6, No.2, 474-484.

Putri, G. H & Bhina, P. (2018). Pengaruh Endorsment Selebriti Instagram Terhadap Minat Beli Remaja Putri, Journal of Professional Psychology, Vol. 4, No. 1, 33-41.

Ramlawati, E.L. (2020), Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah pada Mahasiswi HPMM Cabang Maiwa di Makassar, Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR), Vol. 2, No. 1, 65-75.

Seliyanti, V. (2019), Analisis Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Fashion di Instagram (Studi Kasus Pada Influencer Tantri Namirah dan Soraya Ulfa), Tugas Akhir: fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Stevani, N & Ahmad, J. (2021). Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita Pada Instagram, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 5, No. 1, 198-203.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sulasno, dkk. (2020). Literature For Social Impact and Culture Studies. Jakarta: PT. Traindo Bangun Negeri.

Syauki, W.R., Diyah, A.A.A. (2020). Persepsi dan Preferensi Penggunaan Skincare pada Perempuan Milenial dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran, Jurnal Manajemen Komunikasi, Vol 4, No 2, 42-60.

Taniredja, T. (2014). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Weismueller, J., Paul, H., Shasha, W., Geoffrey N. S. (2020) Influencer Endorsements: How Advertising Disclosure and Source Credibility Affect Consumer Purchase Intention on Social Media, Australasian Marketing Journal, Vol. 20, No.1, 1­11.

Wirapraja, A, dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i6.16253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id