STRATEGI KOMUNIKASI POLSEK NANGGALO KOTA PADANG DALAM MENYOSIALISASIKAN KEWASPADAAN TERHADAP AKSI PENCURIAN KENDARAAN SEPEDA MOTOR
Abstract
Kasus pencurian sepeda motor sering terjadi di Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Beragam upaya dilakukan pihak kepolisian, salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dalam menyosialisasikan kewaspadaan terhadap aksi pencurian sepeda motor, maka strategi komunikasi memiliki peranan penting untuk mencapai keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Polsek Nanggalo dalam menyosialisasikan kewaspadaan terhadap aksi pencurian kendaraan sepeda motor. Strategi komunikasi berdasarkan pada unsur-unsur komunikasi menurut model Harold D. Lasswell yaitu who (komunikator), says what (pesan), in which channel (media), to whom (sasaran) dan with what effect (efek). Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian didapat melalui wawancara, observasi dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komunikator memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam menyosialisasikan kewaspadaan terhadap aksi pencurian kendaraan sepeda motor. (2) pesan yang disampaikan komunikator kepada masyarakat berupa informasi yang bersifat edukatif, persuasif, akurat dan jelas. (3) media yang digunakan adalah sosialisasi secara langsung melalui pengeras suara, media cetak spanduk dan media sosial Instagram, WhatsApp dan Facebook. (4) sasaran dalam sosialisasi adalah masyarakat Kecamatan Nanggalo dan (5) efek yang muncul yaitu respon positif dan apresiasi dari masyarakat Nanggalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, F. (2020). Curanmor Paling Menonjol di Kota Padang. Antara News Sumbar. https://sumbar.antaranews.com/berita/316660/curanmor-paling-menonjol-di-kota-padang
Ariya, J. (2018, August 30). Inilah Pengertian Komunikan Menurut Para Ahli » Blog elevenia. Blog Elevenia. https://blog.elevenia.co.id/inilah-pengertian-komunikan-menurut-para-ahli/
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Ghani, G.-G. A. (2014). Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Dalam Mensosialisasikan Program Gerakan Sejuta Biopori Dikalangan Masyarakat Kota Bandung [Skirpsi, Universitas Komputer Indonesia]. http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-ganganabdu-34902
Gunawan, H. (2013). STRATEGI HUMAS BKKBN DALAMMENSOSIALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANADI PROVINSI RIAU [Skripsi]. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Kamil, E. (2019). Pelaksanaan Penyidikan Terhadap Pelaku Tindak Pidana Penadahan Kendaraan Bermotor Roda Dua oleh Satuan Reserse Kriminal Polresta Padang [Skripsi, Universitas Andalas]. http://scholar.unand.ac.id/49845/
Maulana, T. (2014). Pengaruh Umur, Pendidikan, Pendapatan dan Jumlah Tanggungan Keluarga Terhadap Tingkat Kejahatan Pencurian dengan Pendekatan Ekonomi ( Studi Kasus: Narapidana di LP Klas 1 Kedungpane Kota Semarang). Universitas Diponegoro.
Mulyanti. (2014). Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana untuk Menekan Pertumbuhan Jumlah Penduduk Kelurahan Sangasanga Dalam di Kecamatan Sangasang. EJournal Ilmu Komunikasi, 2(2). https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1425
Nararya, S. (2017, August 23). Apa yang dimaksud dengan Umpan Balik (Feedback) dalam Komunikasi? - Sosial / Tanya Ilmu Komunikasi. Dictio Community. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-umpan-balik-feedback-dalam-komunikasi/9058/2
Numairy, F. (2012). Strategi Komunikasi Dalam Mensosialisasikan Pelayanan Di Dinas Koperasi, UMKM Dan Perdagangan DKI Jakarta [Thesis, Fisipol UGM Jurusan llmu Komunikasi]. https://digilib.fisipol.ugm.ac.id/handle/15717717/9441
Putro, C. W. (2016). Strategi Komunikasi Kepolisian Resor Kota Samarinda dalam Mensosialisasikan Kewaspadaan Terhadap Curanmor di Samarinda. Dunia Komunikasi : Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 4(3), 142–153.
Ruslan, R. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT Raja Grafindo Persada.
Sa’adah, K. (2017). Aplikasi Panduan Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas “Road Safety” Menggunkan Phonegap Dengan Android. Universitas Negeri Semarang.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali Press.
Setiawati, Y., Firdaus, M., & Ismandianto. (2019). Strategi Komunikasi Polisi Resort Kota Pekanbaru dalam Mensosialisasikan Aplikasi Polisi Zapin. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 6(1), 1–12.
Susanti, C. (2014). PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM HUMAN RELATION. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/www.corneliasusanti.com/54f79e1da333112b6f8b48b2/pentingnya-komunikasi-dalam-human-relation
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i6.14505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id