PENGGUNAAN PORTAL SIJUNJUNG.GO.ID DALAM MEWUJUDKAN SIJUNJUNG SMART CITY PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT

Indah Oktiliani, Sudianto Sudianto

Abstract


Adapun tujuan dari  penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penggunaan portal Sijunjung.go.id dalam mewujudkan Sijunjung Smart City pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat.   Selanjutnya metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara /tanya jawab langsung dengan personil untuk mendapatkan data sesuai penelitian dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling secara bertujuan dengan jumlah informan tiga orang. Penggunaan media merupakan salah satu sarana komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi dari suatu organisasi kepada khalayak. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung, merupakan salah satu dinas yang menggunakan Aplikasi Berbasis Web untuk sarana penerimaan dan penyampaian informasi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan portal Sijunjung.go.id dalam mewujudkan Sijunjung Smart City pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat dilihat dari pendekatan karakteristik Computer Mediated Communication  (CMC) diantaranya 1) Sinkronitas yakni merujuk pada tingkat dimana pertukaran pesan bersifat segera. 2) Anonimisasi, mempresentasikan level personal, mengindividukan informasi yang disampaikan oleh sebuah media, 3) Kustomisasi adalah tingkat dimana lingkungan termediasi memodifikasi dirinya sendiri berdasarkan keinginan pengguna, 4) Interaktivitas mengacu pada komunikasi dua arah, 5) Kehadiran sosial, mengacu pada tingkat kehadiran sosial di dunia maya yang sama seperti dunia nyata, 6) Banyaknya pengguna, 7) Homogenitas pengguna. Hal ini merujuk pada karakter pengguna yang cenderung memiliki kesamaan. Selanjutnya dimensi CMC 1) Dimensi Accessibility, 2) Dimensi Speed, 3) Dimensi Amount, 4) Cognitive Effectiveness, 5) Dimensi Relevan, 6) Dimensi Motivating. Pergeseran terjadi pada komunikasi massa dimana media massa tradisional, seiring perkembangan media sosial, dimana masyarakat dapat memperoleh berita teraktual dengan cepat, mudah, dan dapat diakses kapan dan dimana saja. Pola CMC banyak membawa dampak positif pada masyarakat baik sosial, ekonomi, maupun dampak psikologis terkhusus menuju Sijunjung smart city.


Keywords


Portal Sijunjung.Go.Id, Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika

Full Text:

PDF

References


Buku:

Agus, Eka Pratama. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung, 2014.

Atikah. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT.Andalan Darma Mulia, Skripsi: Universitas Raharja, 2019.

Ahmad, Nurman. Manajemen perkotaan. Jakarta: Tata Media, 2013.

Arnus, Sri Khadijah. Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Jurnal Al-Munzir Vol. 8, No. 2, 2015.

Al Munzir, “Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi”. Vol. 8 No.2, 2015.

Andrew, Wood dan Metthew J Smith, Online Communication, second edition. London: Lowrance Erlbaum Associates, Publishers, 2005.

Ardianto, Elvinaro. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2004.

Arikunto, Suharsimi. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Askara, 2016.

Bungin B. Metodologi Penelitian Kulaitatif. Jakarta: Kendana Pemuda Media Group, 2008.

Burhan, Bungin, Analisis Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Darmawan D. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Dennis, Mc Quail. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Humanika, 2012.

Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Realisasi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi /Aplikasi 2017-202, 2021.

Febrian. Menggunakan Internet. Bandung : Informatika Bandung, 2007

Gage, N.L. & Berliner, David. Educational Psychology 3rd Ed. Boston, Houghton Mifflin Company, 1984.

Hafied Canggara. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Persido persada, 2000.

Husaini Usman Poernomo. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Jalaludin, Rachmat. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

Jalaludin, Rakhmat. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Kevin B Wright dan Lynne M Webb. Computer Mediated Communication in Personal Relationship. New York: Peter Long Publishing, 2011.

Kriyantono, Rachmad. Teknik Praktis Riset Komunikas: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Adverticing, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2007.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002.

Lexy J, Moelong. Prosedur Penelitian. Bandung: PT Rineka Cipta, 2004.

Mc Quail, Dennis. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Humanika, 2012

Nurman, Ahmad. Manajemen Perkotaan. Jakarta: Tata Media, 2013.

Onong Uchjana dan Effendy. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nazir, Moh. Metode Penelitian cetakan ke-delapan. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

P Joko Subagyo. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Rahma Ima Nina Hasfi. “Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Boyolali dalam Sosialisasi Program E-government untuk mewujudkan Boyolali Smart City”. Skripsi Surakarta: Universitas Sebelas Maret 2018.

Riyanto, Slame. Membangun Web Portal Multibahasa dengan Joomla. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2009.

Rosady Ruslan. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Rachmat, Kriyantono, Teknik Praktik Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Pemada Media Group, 2006.

Rogers. 1986. Communication Technology: The New Media in.

Richard West dan Lynn H. Tunner. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1 Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika, 2013.

Rosady, Ruslan. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Sutrisno, Hadi. Metode Research. Yogyakarta: UII Press, 2001.

Sosiawan dan Rudi. “Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual”. (Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 16, Nomor 2, 2018.

Supriyanto Aji. 2005. Pengenalan Internet dan Jaringan Komputer. Jakarta: PT. Elexmedia Computindo.

Susanto, Astrid, Komunikasi dalam Teori dan Praktek Jilid I. Bandung:Bina Cipta.1996.

.

Sutrisno dan Idil. “E-Partisipasi Dalam Pembangunan Lokal (Studi Implementasi Smart City di Kota Bandung)”. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 17. No.2, 2018.

Thea Rahmani “Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan Dasar-Dasar Fotografi Ponsel”. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2016.

Thurlow , Crispin, Laura Lengel and Alice Tomic. Computer Mediated Comunnication: Social Interaction and the Internet. California: SAGE Publications, 2004.

Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 53 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung.

Peraturan Derah Kabupaten Sijunjung Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sijunjung.

Pratama, Agus Eka. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung, 2014.

West, Richard. Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika, 2013.

Jurnal/Skripsi:

Arafah dan Haryo. “Peningkatan dan Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Konteks Smart City”. Jurnal Tata Loka. Vol.22, No.1, 2020.

Kasenda, Steven & Virginia. “Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android”, (E-journal Teknik Informatika. Volume. 9. No 1, 2016

Kautsarina. “Kajian Penerimaan Portal Internet KOMINFO Berdasarkan Konsep Tecnology Accaptance Model (TAM) di BPPKI Jakarta”. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, Volume 3, No.2, 2012

Mambu, Yaulie & Standley. Pengembangan Aplikasi E-Report Layanan Masyarakat untuk Manado City. No.1, 2016.

Mursalim “Implementasi Kebijakan Smart City di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi”, Vol.14, Juni 2017.

Nurjati Widodo. ” Pengembangan E-government di Pemerintahan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Smart City (Studi di Pemerintahan Daerah Kota Malang)”. Skripsi Malang: Universitas Brawijaya tahun 2016.

Pranata. “Ekspresi Emosi Melalui Computer Mediated Communication pada Pengguna Social Network Sites di Kota Surabaya”. Jurnal E-Komunikasi Vo. 2, No.3, 2014.

Rahma Ima Nina Hasfi, Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Boyolali dalam Sosialisasi Program E-Government untuk Mewujudkan Boyolali Smart City. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2018.

Utoma dan Mochamad. Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota, (Jurnal Strategi dan Bisnis Vol. 4, No. 2.

Wayan Koyan, Metodologi Penelitian Kualitatif, pasca.undhiksha.ac.id.

Wiratmo, Irfan & Kuwatono. “Website Pemerintah Daerah Sebagai Sarana Online Public Relations”. Jurnal Aspikom, Volume 3 Nomor 2, Januari 2017.

Wright B Kevin. Lynne M Webb. Computer Mediated Communication In Personal Relationship. New York: Peter Long Publishing, 2011.

Yumna Aisyah dan Rani Chandra Oktaviani. “Pemanfaatan Media online beritajakarta.id dalam publikasi program kerja PEMPROV DKI Jakarta”. Jurnal Avant Garde 6, No.2, Desember, 2018.

Website:

https://idalamat.com/alamat/39424/dinas-komunikasi-dan-informatikadiskominfo-Kabupaten-Sijunjung

https://infopublik.Sijunjung.go.id/diskominfo-Sijunjung-gelar-sosialisasi-aplikasi-siminda/

https://infopublik.Sijunjung.go.id/pengembangan-aplikasi-e-sppd-it-diskominfo-narasumber-in-house-training/




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i6.13216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id