MARKETING PUBLIC RELATIONS PT. TELKOM INDONESIA CABANG PEKANBARU DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN INDIHOME
Abstract
Pelaksanaan strategi pemasaran yang baik mutlak diperlukan untuk menunjang penjualan produk disuatu perusahaan. Tak terkecuali PT Telkom Pekanbaru yang memiliki berbagai strategi dalam memasarkan produk, salah satunya adalah Indihome. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Marketing Public Relations PT Telkom Pekanbaru dalam mempertahankan pelanggan Indihome di Kota Pekanbaru dengan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Marketing Public Relations PT Telkom Pekanbaru dalam mempertahankan pelanggan dengan melayani kebutuhan pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman dan bertahan menggunakan produk Indihome. Adapun pendukung dari strategi Marketing Public Relations PT Telkom Pekanbaru dalam mempertahankan pelanggan yaitu; (1) Melakukan Publikasi dengan cara menjalin hubungan kerjasama, Penjualan secara Door to door dan Open Table dan melalui media digital seperti Instagram, Facebook, web, dan lain-lain. (2) Menampilkan identitas media dengan cara melakukan kegiatan kepedulian sosial dan juga memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan serta selalu menjaga kebersihan tempat agar terciptanya kenyamanan pelanggan. (3) Melakukan kegiatan sosial dalam berbagai event. (4) Melakukan pertemuan dengan para pelanggan salah satunya ketika ada keluhan pelanggan terhadap produk Indihome.
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip, 2010. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks., New Jersey
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih
Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey:
Prentice-Hall
Hidayat, T. . (2021). PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) BANDUNG. Jurnal Ekonomi, Bisnis &Amp; Entrepreneurship (e-Journal), 9(2). Retrieved from https://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/55
Harris, Thomas L. (1992). The Marketer’s Guide to Public Relation, Jhon Willey & Sons Inc.: New York.
Hariyanto, D. (2010). Memenangkan Persaingan Bisnis Produk Farmasi Melalui Marketing Public Relations.Jurnal Manajemen Pemasaran,4(1), 38-44
Website Resmi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. www.telkom.co.id (Diakses pada tanggal 20 November 2019, pukul 10.25 WIB)
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i6.11097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id