KAMPANYE KOMUNIKASI JARINGAN KERJA PENYELAMAT HUTAN RIAU (JIKALAHARI) DALAM PENYELAMATAN HUTAN RIAU PASCA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN TAHUN 2015

Reno Nanda Pratama, Atjih Sukaesih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kampanye yang dilakukan jikalahari untuk melakukan penyelamatan hutan beserta segala komponennya pasca kebakaran hutan dan lahan tahun 2015. Teori yang penulis gunakan adalah teori kampanye model  Leon Ostergaard yang mempunyai 3 tahapan untuk mendapatkan hasil kampanye, yakni. Pra kampanye, (identification of problem), kampanye (campaign content, public segmentation), pasca kampanye (evaluated), untuk mencari hasil yang mempengaruhi knowledge, attitudes, skills dan behavior. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi serta observasi partisipasi total. Hasil penelitian adalah jikalahari menggunakan analisis politik, fakta lapangan dalam menjalankan kampanye penyelamatan hutan. Aksi konfrontasi pada pihak berwenang dilakukan secara langsung jika tuntutan tidak dihiraukan.


Keywords


Jikalahari, Kampanye, Kebakaran Hutan dan Lahan

Full Text:

PDF

References


Arief, Arifin. 2001. Hutan Dan Kehutanan. Jogjakarta: Penerbit Kanisius.

Bungin, Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Cangara, Hafied, 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied, 2016. Komunikasi Politik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persasa.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

G.Flor, Alexander dan Hafied Cangara. 2018. Komunikasi Lingkungan, Penanganan kasus-kasus lingkungan melalui strategi Komunikasi, Jakarta: Prenada Media Group.

Hadari, Nawawi, 2011. Metode Penelititan Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Indriyanto. 2017, Ekologi Hutan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jikalahari.2016, 14 Tahun Melawan Monopoli Penguasa Hutan Dan Lahan, Pekanbaru.

Kriyantono Rachmat, 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nawawi, Hadari, 2011.Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Perss.

Rasyid, Muslim, Dkk, 2015. Robohnja Sumatera Kami,Tutur Lirih Warga Krisis Kehidupan Di Sekujur Pulau Sumtera. The Samdhana Institute.

Roslan, Rosady, 2008. Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaludin, Manajemen Kampanye, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.

Rachmat, Jalaludin, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.

Soyomukti Nurani, 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Subagyo Joko, 2011. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktis, Jakarta:

Noor, Muhammad. 2010, Lahan Gambut, Pengembangan, Konservasi Dan Perubahan Ikllim.Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Moelong, Lexy J. 2017, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Venus Antar. 2012. Manajemen Kampanye. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alodia Libertane Chandra, Strategi Kampanye Breast Cancer Awareness Month, Jurnal E Komunikasi, Volume 2 No 1 Tahun 2014

Indah Tri Misnawati, Strategi Komunikasi Pada Kampanye Orang Utan Oleh Lsm Centre For Orang Utan Protection (Cop) Di Samarinda Kalimantan Timur, E Journal Ilmu Komunikasi, Volume 1, Nomor 4, 2013: 135-149

Sopian, Pengaruh Kampanye Negatif Dalam Pemilukada Tangerang Selatan 2011,

http://www.incas-indonesia.org/id/data/Riau..




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i3.10537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id