PERSONAL BRANDING JOKOWI PADA OPENING DAN CLOSING CEREMONY ASIAN GAMES 2018
Abstract
Personal branding mengandung pesan-pesan yang akan membangun persepsi orang lain tentang seseorang. Personal branding juga merupakan sebuah usaha untuk menempatkan diri, dengan memanfaatkan berbagai media dan momen yang ada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi personal branding Jokowi pada Asian Games 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan kepustakaan atau studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Joko Widodo pada Asian Games 2018 terbentuk dari sikap ramah dan kedekatannya dengan rakyat, mementingkan keselamatan rakyatnya, serta memberikan dorongan dan dukungan kepada rakyatnya untuk bangkit kembali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Silih .W, 2011. Political Branding & Public Relations Saatnya Kampanye Sehat, Hemat, dan Bermartabat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Haroen, Dewi, 2014. Personal Branding Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Littlejohn, Stephen.w, 2011.Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Morissan, 2013, Teori Komunikiasi Komunikator, Pesan,Percakapan, dan Hubungan (Interpersonal). Bogor : Ghalia Indonesia.
Sobur, Alex, 2017. Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya
Tjiptono,Fandy, 2011. Manajemen Merek: Manjemen dan Strategik Merek. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Vera, Nawiroh, 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi, Bogor: Ghalia Indonesia
Misni Astuti, 2016,Konstruksi Sosial Media Terhadap Kekuatan Personal Branding Tri Rismaharini dalam Proses Komunikasi Politik Kontemporer (Analisis Framing pemberitaan di Media Online Republika.com dan Tempo.com, jurnal dakwah dan komunikasi, vol.1, no.1, E-ISSN : 2458-3366, P-ISSN : 2458-3293.
Muhammad Djarot, 2019, Wujud Kesantunan dan Makna Dasar Pragmatik Imperatif dalam Tuturan Antar Mahasiswa Melayu Sambas di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Pontianak, jurnal Philosophica, vol. II , no.1
Karaduman,Ilkay,2013.The Effect of Social Media on Personal Branding Efforts on Top Level Executives. Procedia- Social and Behavioral Science.
Silvia Ariani Poedjianto, 2014, Representasi Maskulinitas Laki-laki Infertil dalam Film Test Pack Karya Ninit Yunita, Tesis Magister Media dan Komunikasi Universitas Airlangga
http://www.Kumparan.com/ korea talk, diakses pada 09 Desember 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i2.10068
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id