Revitalisasi Tradisi Turats Pesantren: Fikih Praktis Sebagai Sarana Dakwah Di Era Digital
Abstract
Pondok pesantren, sebagai institusi pendidikan Islam tertua di Indonesia, memiliki peran penting dalam menjaga tradisi intelektual Islam (turats) dan menyebarkan ajaran agama. Namun, di era digital, keberlanjutan tradisi ini menghadapi tantangan seiring dengan pergeseran preferensi masyarakat terhadap konten yang singkat, visual, dan mudah diakses. Media sosial memberikan peluang strategis bagi pesantren untuk merevitalisasi tradisi turats melalui penyajian fikih praktis yang menawarkan solusi aplikatif atas persoalan sehari-hari dan menjembatani ajaran tekstual dengan realitas kehidupan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis kajian kepustakaan dan analisis konten guna mengeksplorasi strategi adaptasi nilai-nilai turats ke dalam format digital yang tetap otentik dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten fikih praktis yang kreatif, inovatif, dan berbasis dalil sahih mampu meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap ajaran Islam, meskipun masih dihadapkan pada tantangan dalam menjaga kedalaman dan akurasi ilmiah. Revitalisasi ini menegaskan pentingnya integrasi antara tradisi dan teknologi dalam dakwah Islam, sekaligus membuka peluang bagi pesantren untuk menjadikan turats sebagai solusi yang kontekstual dan strategis di tengah era globalisasi dan digitalisasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Q., & Badruzaman, D. (2023). TANTANGAN DAN PELUANG DAKWAH ISLAM DI ERA DIGITAL. KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32923/kpi.v3i2.3877
ABIDIN, W. (2021). Studi Perbandingan Pemikiran Fikih Sosial Sahal Mahfudz Dan Fikih Realitas Yusuf al-Qardhawi Dalam Menjawab Problematika Umat [Diploma, IAIN Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/18011/
Ahmad Muhakamurrohman. (2014). Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi. Ibda’, Jurnal Kebudayaan Islam, 12(2).
Al-Bukhari, A. ’Abdillah M. bin I. (2012). Shahih Al-Bukhari. Dar Al-Tasil.
Asfiyak, K. (2019). MEMELIHARA TURATS FIQH ISLAM DI DUNIA PESANTREN (MERAMBAH FIQH LOKAL-TRADISIONAL MENUJU HUKUM ISLAM YANG UNIVERSAL). Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS), 1, 68. https://doi.org/10.33474/jas.v1i2.4911
Bashori, B., Novebri, N., & Salabi, A. S. (2022a). Budaya Pesantren: Pengembangan Pembelajaran Turats. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 7(1), 67–83. https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.911
Bashori, B., Novebri, N., & Salabi, A. S. (2022b). Budaya Pesantren: Pengembangan Pembelajaran Turats. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.911
Dahlan, M. (2020). Peer Review Jurnal Ilmiah: Paradigma Fiqih Sosial KH. M A Sahal Mahfudh Dalam Menjawab Problemetika Aktual Umat di Indonesia [Dataset]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4769/
Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. LP3ES.
Haris, M. A. (2023). URGENSI DIGITALISASI PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA SOCIETY 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3616
Hasanah, U. (2015). Pesantren dan Transmisi Keilmuan Islam Melayu-Nusantara. ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman, 8(2), 203–224.
Husen Hasan Basri. (2012). Pengajaran Kitab-Kitab Fiqih di Pesantren. EDUKASI, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 10(1).
Irfan Mujahidin. (2021). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pengembangan Dakwah. SYIAR, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(1).
Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337
Mabrur, M., & Hairul, M. A. (2022). Transformasi Dakwah Pesantren di Era Digital; Membaca Peluang dan Tantangan. An-Nida’, 46(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/an-nida.v46i2.20864
Majid, N. (1997). Bilik-bilik pesantren: Sebuah potret perjalanan. Paramadina.
Muttaqin, M. N., & Nur, I. (2019). FIQIH JALAN TENGAH (Mempertemukan Maqashid Syari’ah, Hukum, dan Realitas Sosial). Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 5(2), 197–217. https://doi.org/10.31332/zjpi.v5i2.1509
Nikmah, F. (2020). DIGITALISASI DAN TANTANGAN DAKWAH DI ERA MILENIAL. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3666
Nurul Hidayatul Ummah. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah, 10(1).
Staniyah, A. M., Efendi, N., & Mashudi, K. (2024). Digitalisasi Dakwah: Tantangan dan Strategi Menginspirasi di Era Teknologi. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i4.2202
TANIA, G. (2019). ANALISIS ISI PESAN DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/8787/
Umar, P. D. H. N. (2014). Rethinking Pesantren. Elex Media Komputindo.
Ummah, A. H. (2020). DAKWAH DIGITAL DAN GENERASI MILENIAL (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). TASAMUH, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v18i1.2151
Van Bruinessen, M. (2012). Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat. Gading Publishing.
Yanti, S. M. (2021). Dakwah Media Sosial dalam Literasi Pesantren. AN-NASHIHA Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55352/an-nashiha.v1i2.278
Yaqin, A. (2019). Nalar Moderasi Dalam Kitab Kuning: Studi Epistimologi Pemikiran Intelektual Islam. Prosiding Muktamar Pemikiran Santri Nusantara, KEMENAG RI.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v7i2.34885
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












