Evaluasi Strategi Dakwah Muhammadiyah di Wilayah eks Karesidenan Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan peta kekuatan ideologi Muhammadiyah dari aspek penilaian strategi dakwah persyarikatan dalam mewujudkan cita cita hidup Muhammadiyah. Penelitian menggunakan metode survey, responden yang dilibatkan sebanyak 323 warga Muhammadiyah di wilayah sragen, karanganyar, Surakarta, boyolali, sukoharjo dan klaten. Instrumen pengumpulan data menggunakan alat ukur kekuatan ideologi Muhammadiyah yang dikembangkan oleh Subando, Samsuri dan Muslimin. Data hasil penilaian responden terhadap strategi Muhammadiyah dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut warga Muhammadiyah urutan strategi yang perlu dilakukan oleh pengurus dalam mewujudkan cita cita Muhammadiyah adalah pembinaan masyarakat (3,82), peningkatan kualitas hidup masyarakat (3,77), Penguatan kader (3,74), strategi berpolitik dan bernegara (3,72) dan yang terakhir adalah penguatan persyarikatan (3,52). Penelitian ini merekomendasikan kepada pimpinan daerah di wilayah eks karesidenan Surakarta untuk menyusun program kerja berdasar skala prioritas sebagaimana hasil penelitian di atas.
Keywords
References
Afifah, L., Agustono, R., & Sumiyatun, S. (2019). Perkembangan cabang muhammadiyah metro timur dalam bidang dakwah pendidikan dan kesehatan tahun 2006-2019. SwarnaDwipa, 3(1).
Akhlis, F. M. (2024). Ideologi Muhammadiyah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(5), 43-48.
Al Aydrus, N., Lasawali, A. A., & Rahman, A. (2022). Peran Muhammadiyah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1), 17-25.
Amin, M., Hamzah, A. A., & Humaerah, H. (2021). Strategi Dakwah Muhammadiyah Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama. Jurnal Mercusuar, 1(3).
Azizah, A. N. (2020). Identitas Sosial Pelajar Muhammadiyah dan Nadlatul Ulama. Acta Psychologia, 2(2), 108-121.
Damayanti, E., Akin, M. A., Nurqadriani, N., Suriyati, S., & Hadisaputra, H. (2021). Meneropong Pendidikan Islam Di Muhammadiyah. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 250-262.
Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2022). Evaluasi Model Pengajian-Pengajian Muhammadiyah dan †Aisyiyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).
Firmansyah, F., & Hidayat, A. (2020). Pendekatan Advokasi Muhammadiyah Dalam Penanganan Terorisme Di Indonesia. Journal of Political Issues, 2(1), 10-20.
Hakim, I., & Muslikhati, M. (2022). Model Gerakan Ekonomi Muhammadiyah Pasca Muktamar ke 47. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 325-334.
Handayani, P., & Faizah, I. (2020). Model Gerakan Dakwa Keagamaan Muhammadiyah: Studi Etnografi di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 103-116.
Hirai, T., & Hirai, T. (2017). The human development index and its evolution. The creation of the human development approach, 73-121.
Huda, S. (2018). Konversi Ideologi Muhammadiyah Ke Gerakan Front Pembela Islam (FPI). Al-Hikmah: Jurnal studi Agama-agama, 4(2).
Kpolovie, P. J., Ewansiha, S., & Esara, M. (2017). Continental comparison of human development index (HDI). International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(1), 9-27.
Kummu, M., Taka, M., & Guillaume, J. H. (2018). Gridded global datasets for gross domestic product and Human Development Index over 1990–2015. Scientific data, 5(1), 1-15.
Ma'arif, B. S., & Siddiq, A. A. (2021). Strategi Dakwah Muhammadiyah Jawa Barat Era Pandemi Covid-19. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 21(2), 113-131.
Masmuh, A. (2020). Peran Muhammadiyah dalam Membangun Peradaban di Dunia. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 15(1), 78-93.
Mohadib, M., & Tajudin, T. (2024). Mencerahkan Zaman: Ideologi dan Gerakan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Masyarakat Islam yang Berkemajuan. Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, 7(2), 161-178.
Muhammadiyah, P. P. (2000). Pedoman Hidup Islami. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, Tahun.
Mukhtar, M., & Lailam, T. (2022). Peningkatan Pemahaman Integritas Kader Muda Muhammadiyah Melalui Sekolah Integritas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3050-3063.
Mustamin, S. W., Rahman, A., & Yusrianto, Y. (2022). Tingkat kedalam materi pengkaderan dan penghayatan mahasiswa dalam menerima materi. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(5), 739-750.
Nashir, H. (2014). Memahami ideologi muhammadiyah: Suara Muhammadiyah.
Nurhayati, R., Qadrianti, L., & Islamiah, N. (2023). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah Dalam Berpakaian Syar’I. Journal of Islamic Education and Social Science, 2(2), 22-31.
Nuryana, Z. (2017). Revitalisasi pendidikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada perguruan muhammadiyah. Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 18(1), 1-11.
Pasaribu, M., Nasution, S., & Ginting, N. (2022). Pelatihan Dai Muhammadiyah Di Daerah Minoritas (Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Karo Dan Dairi). Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 230-240.
Rahmadi, D. (2019). Kontribusi Sosial Muhammadiyah. Kebinekaan Kita, 372.
Ritonga, H. S., Andari, A., & Nasution, A. H. (2023). Dinamika dan Kontribusi Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 731-738.
Rohani, I. (2021). Gerakan Sosial Muhammadiyah. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 2(1), 41-59.
Romadlan, S. (2020). Diskursus Negara Pancasila di Kalangan Muhammadiyah. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 6(1), 1-15.
Rukman, E. (2012). Pendidikan Kader Muhammadiyah (Studi Empiris di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta Periode 2005-2010). Universitas Muhammadiyah Surakrta.
Saleh, R., Asmara, G. D., & Khasanah, U. (2023). Penguatan Kaderisasi Darul Arqam Dasar:(Studi Perspektif Internalisasi Wawasan Kompetensi IMM). Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(5), 690-695.
Shobahiya, M. (2016). Meretas Problem Perkaderan ‘Aisyiyah dan Alternatif Solusi Berbasis Potensi. Tajdida: Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah, 13(2), 125-135.
Subando, J. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Non Tes: Klaten: Lakeisha.
Subando, J., Kartawagiran, B., & Munadi, S. (2021). Development of Curriculum Evaluation Model As A Foundation in Strengthening The Ideology of Al-Irsyad Education. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 10(2), 86-99.
Subando, J., Kartowagiran, B., & Munadi, S. (2020). The Development of Instrument for Evaluating The Process of Strengthening Religion Ideology. Paper presented at the Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education.
Subando, J., Kartowagiran, B., & Munadi, S. (2021). Development of Curriculum Design Evaluation Instruments in Strengthening Al-Irsyad Ideology in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1426-1435.
Subando, J., Samsuri, M., & Muslimin, E. (2023a). Developing an instrument for measuring views on Muhammadiyah ideology. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 27(1).
Subando, J., Samsuri, M., & Muslimin, E. (2023b). Konstruk Ideologi Muhammadiyah: Fondasi Pengembangan Instrumen Pengukuran Kekuatan Ideologi Muhammadiyah. Pawarta: Journal of Communication and Da'wah, 1(1), 1-12. doi: 10.54090/pawarta.143
Subando, J., Samsuri, M., & Muslimin, E. (2023c). Pemetaan Kekuatan Ideologi Muhammadiyah Di Eks-Keresidenan Surakarta: Penerbit Lakeisha.
Syahfriani, E., & Fanreza, R. (2023). Peran dan Strategi Dakwah Muhammadiyah dalam Bidang Pendidikan Agama Islam:(Studi Kasus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Siak). Tsaqila| Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(2), 72-81.
Tanthowi, P. U. (2019). Muhammadiyah dan politik: Landasan ideologi bagi artikulasi konstruktif. Maarif Journal, 14(2), 93-113.
Ulfah, M. (2014). Kontestasi Komodifikasi Media Massa dan Ideologi Muhammadiyah. Jurnal ASPIKOM, 2(3), 165-178.
Zaman, A. N., & Tanjung, N. F. (2022). Muhammadiyah Dan Advokasi Perlindungan Lingkungan. KAIS Kajian Ilmu Sosial, 2(2), 183-200.
Zuhdi, M., & Lailam, T. (2021). Pemberdayaan Kader Muda Muhammadiyah Dalam Advokasi Hukum Dan Kebijakan Publik. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v7i2.32643
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












