Dakwah Digital Habib Husein Ja’far Al-Hadar Dalam Penyebaran Syiar Islam Moderat

Awaluddin - Awaluddin

Abstract


Islam telah melewati berbagai fase dalam sejarah umat manusia. Kontekstual ajaran menjadikan Islam relevan digunakan dimana pun dan kapan pun. Kini Umat Islam dihadapkan pada sebuah realitas dimana keterbukaan informasi mengalami disrupsi.  Oleh karena itu, strategi dalam menyebarkan dakwah Islam pun juga seharusnya mengalami pembaharuan. Salah seorang tokoh yang melakukan pembaharuan itu adalah Habib Husein Ja’far Al-Hadar. Dai yang banyak digandrungi anak muda ini aktif berdakwah lewat media sosial menggunakan bermacam platform. Magister Tafsir Quran di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga aktif  menulis di media massa. Menggunakan metode kualitatif, artikel ini akan menganalisis strategi dakwah yang dilakukan oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar lewat Kanal Youtube “Jeda Nulis” dan akun Instagramnya “@husein_hadar”. Hasilnya menunjukkan bahwa dakwah digital yang dilakukan berkembang sangat pesat, konten-konten yang dibuat semakin menemukan market yang lebih spesifik, yaitu anak muda. Dengan menyampaikan dakwah Islam yang moderat, membuat Islam ramah semakin banyak di akses oleh mereka yang selama ini jarang tersentuh dakwah.

Keywords


Digitalisasi; Dakwah; Habib Husein Al Hadar

Full Text:

PDF

References


AAbdullah, M. Q. (2019). Pengantar Ilmu Dakwah. In Qiara Media (Issue 1).

Abdurrohman, A. A. (2018). Eksistensi Islam Moderat Dalam Perspektif Islam. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(1).

Achmad Muhibin Zuhri. (2022). Islam Moderat: Konsep dan Aktualisasinya dalam dinamika Gerakan Islam di Indonesia. In Academia Publication (Issue December).

Ali Mursyid Azisi, & Nur Syam. (2023). Moderasi Beragama di Ruang Digital: Studi Kontribusi Habib Husein Ja’far dalam Menebar Paham Moderat di Kanal Youtube. Empirisma: Jurnal Pemikiran Dan Kebudayaan Islam, 32(1).

Aziz, Moh. A. (2011). Kebenaran Pesan Dakwah. Jurnal Komunikasi Islam, 1(2).

Baidowi, A., & Salehudin, Moh. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01).

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1).

Fatikh, M. A. (2020). Tantangan Komunikasi Islam Moderat Di Era New Media. Jurnal Al-Tsiqoh, 5(2).

Fiardhi, M. H. (2021). Peran Dakwahtainment Akun Channel Youtube Jeda Nulis Terhadap Pemuda Tersesat Oleh Habib Husein Ja’far. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(2).

Halim, A., Zukin, A., Mahtum, R., Situbondo, C. I., Info, A., & Dunia, P. (2022). Paradigma Islam Moderat Di Indonesia Dalam Membentuk Perdamaian Dunia. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA), 1(4).

Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1).

Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta. In Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Husna, N. (2021). Metode Dakwah Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 1(1).

Khamim, M. (2022). Transformasi Dakwah: Urgensi Dakwah Digital di Tengah Pandemi Covid-19. An Nur: Jurnal Studi Islam, 14(1).

Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah, 21(1).

Nikmah, F. (2020). Digitalisasi dan Tantangan Dakwah di Era Millenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1).

Prasetiawati, E. (2017). Menanamkan Islam Moderat Upaya Menanggulangi Radikalisme di Indonesia Eka. Fikri, 2(2).

Rahmatullah, R. (2017). Islam Moderat Dalam Perdebatan. Dialog, 34(1).

Ridla, M. R., Rifa’i, A., & Suisyanto. (2017). Pengantar Ilmu Dakwah: Sejarah, Perspektif, dan Ruang Lingkup. In Metode Dakwah.

Riza, M. H. (2021). Digitalisasi Dakwah Sebagai Upaya Membangun Peradaban Baru Islam di Masa Pandemi Covid 19. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(1).

Rumata, F. ’Arif, Iqbal, Muh., & Asman, A. (2021). Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama dikalangan pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2).

Sukmawati, E., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, Arifin, Saleh, M. S., Trustisari, H., Wijayanto, P. A., Khasanah, & Rinaldi, K. (2022). Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. In Global Eksekutif Teknologi (Vol. 6, Issue 2).

Sutrisno, E. (2020). Moderasi Dakwah di Era Digital dalam Upaya Membangun Peradaban Baru. AL-INSAN, 1(1).

Thaib, E. J. (2021). Problematika Dakwah di Media Sosial. In Insan Cendekia Mandiri.

Ulumuddin, I. K., Shobirin, M., & Martin, A. (2022). Penguatan Dakwah Islam Aswaja pada Generasi Muda di Era Digital. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial. Tasâmuh, 18.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.25865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.