Personal Branding Dai Muda di Media Sosial: Pendekatan Konsep Unsur-Unsur Dakwah

Muhammad Ronaydi

Abstract


Artikel ini membahas tentang personal branding dai muda di media sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya aktivitas dakwah di media sosial yang dilakukan oleh tokoh-tokoh muda yang menyasar generasi muda dengan berbagai cara. Adapun tokoh yang menjadi studi kasus dalam penelitian ini adalah Agam Fachrul, Husain Basyaiban, dan Ning Umi Laila. Oleh karenanya, dalam penelitian ini penulis berfokus pada personal branding yang dibangun oleh dai muda lewat akun media sosial mereka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan netnografi. Data primer dalam penelitian ini diambil melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agam Fachrul merupakan dai yang memiliki personal branding sebagai dai muda yang inspiratif dan fashionable. Begitupun Husain Basyaiban yang menampilkan personal brandingnya sebagai dai muda yang gaul namun tetap taat. Sedangkan Ning Umi Laila membangun personal brandingnya sebagai dai perempuan muda yang mengajak para generasi muda untuk selalu bersholawat.

Keywords


Personal Branding; Dai Muda; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Andriyani, H. T., & Musdalifah, I. (2023). Aktualisasi Dakwah Melalui Media Sosial TikTok. Journal of Islamic Communication Studies (JICoS), 1(1), 99–117. https://doi.org/10.15642/jicos.2023.1.1.99-117

Dantes, N. (2015). Metode Penelitian. Andi Offset.

Faturohmi, I., & Chairiawaty, C. (2022). Pesan Dakwah dalam Akun @Basyasman00. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 24–30. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v2i1.861

Hakim, F. N. R., Kamaludin, I., & Sujana, S. N. (2021). The New Da’wah Strategy among Millennial Generations through Tiktok During Pandemic. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 7(2), 167. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v7i2.4756

Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik (A. Wiranata & U. An, Ed.; 1 ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Hidayah, A. N., & Widodo, A. (2021). Resespsi Audiens dada Personal Branding Habib Husein Jafar di Youtube Channel “Jeda Nulis.” Kalijaga Journal of Communication, 3(2), 153–168. https://doi.org/10.14421/kjc.32-05.2021

Ifansyah, M. S., Anwari, N., Jumali, J., Aidah, U., Halimatus, N., Aziz, Moh. A., & Yaqin, A. (2022). ANALISIS DAKWAH MENGGUNAKAN NASYID NING UMI LAILA PERSPEKTIF SYAIKH JUM’AH AMIN (Analysis Dakwah By Nasyid Ning Umi Laila In Syaikh Jum’ah Amin Perspective). Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.52833/masjiduna.v5i2.115

Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Kozinets, R. V. (2015). Netnography: Doing Etnographic Research Online (2 ed.). https://www.researchgate.net/publication/267922181_Netnography_Doing_Ethnographic_Research_Online/citation/download

Lainufar, I. R. (2023, September 6). Profil dan Biodata Umi Laila, Pendakwah Muda yang Kerap Viral di TikTok. iNews.id. https://www.inews.id/lifestyle/muslim/profil-dan-biodata-umi-laila-pendakwah-muda-yang-kerap-viral-di-tiktok#:~:text=Umi%20Laila%20memiliki%20nama%20lengkap,Sunan%20Ampel%20(UINSA)%20Surabaya.

Mujahadah, S. (2020). Metode Dakwah Untuk Generasi Milenial. Jurnal Tabligh, 21(2), 201–214. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdt.v21i2.13875

Munir, M., & Ilaihi, W. (2021). Manajemen Dakwah (5 ed.). Kencana.

Mutmainah, S., Masruroh, S. A., Moefad, A. M., & Muwahhidah, I. (2022). Online Da’wah on Social Media: Personal Branding of a Female Celebrity Preacher on Instagram. Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, VI(I). https://doi.org/10.21093/lentera

Nashrillah, M. (2018). Aktualisasi Dakwah Dai Milenial di Ruang Maya: Perspektif Etika Dakwah Dengan Studi Kasus Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 18(1), 105–126.

Nurjaman, T., & Herlina, R. (2021). Personal Branding Ustad Hanan Attaki di Media Sosial. Jurnal Profesional FIS UNIVED, 8(1), 22–29. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1545

Nurjuman, H., Septapriana, R. Y., Fajri, M. D., & Anshori, Y. T. (2022). Personal Branding Da’i Muhammadiyah: Studi Komparatif pada Ustadz Alfian Tanjung dan Ustadz Muhammad Ziyad. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 184–193. https://doi.org/10.24127/jm.v16i1.795

Oktariani, L. (2022). Analisis Pesan Dakwah Husain Basyaiban pada Media Aplikasi Tiktok. Mauizoh, 7(2), 91–108.

Priyambodo, R. S., & Setiawan, E. (2020). Hubungan antara Personal Branding Ustadz Evie Effendi dengan Minat Mendengarkan Dakwah Majelis Tatto Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 6(1), 42–45.

Priyanita, R. (2021, September). Rahasia dibalik Suksesnya Dakwah Milenial Ala Ustadz Agam Fachrul. Genta FKIP. https://genta.fkip.unja.ac.id/2021/09/12/rahasia-dibalik-suksesnya-dakwah-milenial-ala-ustadz-agam-fachrul/

Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 85–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.1682

Putri, H. (2023). Metode Dakwah Ning Umi Laila dalam Video Youtube (Ning Umi Laila Jula Ludruk Suroboyoan) [UIN Sayyid Ali Rahmatullah]. Dalam Jurnal Dakwah Tabligh (Vol. 17, Nomor 2). http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24173

Putri, K. S. M. (2022). Pesan dakwah pada akun media sosial Tiktok Agam Fachrul : Analisis semiotika Roland Barthes pada konten Tiktok @heyouw0) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati]. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58677

Randani, Y. N. F., Safrinal, S., Latuconsina, J. Z., & Purwanto, M. R. (2021). Strategi Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Dakwah Untuk Kaum Milenial. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 587–601. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art4

Riandi, A. P. (2023, Februari 17). Profil dan Biodata Agam Fachrul, Dai Muda yang Viral di TikTok. Kompas.com. Profil dan Biodata Agam Fachrul, Dai Muda yang Viral di TikTok Klik untuk baca: https://entertainment.kompas.com/read/2023/02/17/121236466/ profil-dan-biodata-agam-fachrul-dai-muda-yang-viral-di-tiktok?utm_source=Various&utm_medium=Referral&utm_campaign=Top_Desktop Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Rochmah, N. H. (2022). Effectivenes Of Using The TikTok Application As a Digital Dakwah Media For Generetion Z (Study Of TikTok Accounts @Basyasman00). Dalam QAULAN (Vol. 3, Nomor 1). https://trikinet.com/post/apa-itu-tik-tok/.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (cet. 10). Alfabeta.

Suprabowo, I. (2020). Ustaz Populer di Indonesia kajian tentang Brand di Media Sosial (1 ed.). Staini Press. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/52650/1/IMAM%20SUPRABOWO%20-%20SPs.pdf

Yuliani, R., & Dida, S. (2018). Personal Branding Selebritas dan Bisnis Online Shop. Mediator:Jurnal Komunikasi, 11(1), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3617

Yustina, M. C., Zahratul, N., Huwaidah, N., Fajrussalam, H., & Ramadhan, O. M. (2022). Analisis Metode Dakwah Husain Basyaiban di Media Sosial. At Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 9(2), 323–336. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v9i2.17853




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.25535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.