Personal Branding Dai Muda di Media Sosial: Pendekatan Konsep Unsur-Unsur Dakwah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, H. T., & Musdalifah, I. (2023). Aktualisasi Dakwah Melalui Media Sosial TikTok. Journal of Islamic Communication Studies (JICoS), 1(1), 99–117. https://doi.org/10.15642/jicos.2023.1.1.99-117
Dantes, N. (2015). Metode Penelitian. Andi Offset.
Faturohmi, I., & Chairiawaty, C. (2022). Pesan Dakwah dalam Akun @Basyasman00. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 24–30. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v2i1.861
Hakim, F. N. R., Kamaludin, I., & Sujana, S. N. (2021). The New Da’wah Strategy among Millennial Generations through Tiktok During Pandemic. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 7(2), 167. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v7i2.4756
Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik (A. Wiranata & U. An, Ed.; 1 ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Hidayah, A. N., & Widodo, A. (2021). Resespsi Audiens dada Personal Branding Habib Husein Jafar di Youtube Channel “Jeda Nulis.” Kalijaga Journal of Communication, 3(2), 153–168. https://doi.org/10.14421/kjc.32-05.2021
Ifansyah, M. S., Anwari, N., Jumali, J., Aidah, U., Halimatus, N., Aziz, Moh. A., & Yaqin, A. (2022). ANALISIS DAKWAH MENGGUNAKAN NASYID NING UMI LAILA PERSPEKTIF SYAIKH JUM’AH AMIN (Analysis Dakwah By Nasyid Ning Umi Laila In Syaikh Jum’ah Amin Perspective). Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.52833/masjiduna.v5i2.115
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Kozinets, R. V. (2015). Netnography: Doing Etnographic Research Online (2 ed.). https://www.researchgate.net/publication/267922181_Netnography_Doing_Ethnographic_Research_Online/citation/download
Lainufar, I. R. (2023, September 6). Profil dan Biodata Umi Laila, Pendakwah Muda yang Kerap Viral di TikTok. iNews.id. https://www.inews.id/lifestyle/muslim/profil-dan-biodata-umi-laila-pendakwah-muda-yang-kerap-viral-di-tiktok#:~:text=Umi%20Laila%20memiliki%20nama%20lengkap,Sunan%20Ampel%20(UINSA)%20Surabaya.
Mujahadah, S. (2020). Metode Dakwah Untuk Generasi Milenial. Jurnal Tabligh, 21(2), 201–214. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdt.v21i2.13875
Munir, M., & Ilaihi, W. (2021). Manajemen Dakwah (5 ed.). Kencana.
Mutmainah, S., Masruroh, S. A., Moefad, A. M., & Muwahhidah, I. (2022). Online Da’wah on Social Media: Personal Branding of a Female Celebrity Preacher on Instagram. Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, VI(I). https://doi.org/10.21093/lentera
Nashrillah, M. (2018). Aktualisasi Dakwah Dai Milenial di Ruang Maya: Perspektif Etika Dakwah Dengan Studi Kasus Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 18(1), 105–126.
Nurjaman, T., & Herlina, R. (2021). Personal Branding Ustad Hanan Attaki di Media Sosial. Jurnal Profesional FIS UNIVED, 8(1), 22–29. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1545
Nurjuman, H., Septapriana, R. Y., Fajri, M. D., & Anshori, Y. T. (2022). Personal Branding Da’i Muhammadiyah: Studi Komparatif pada Ustadz Alfian Tanjung dan Ustadz Muhammad Ziyad. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 184–193. https://doi.org/10.24127/jm.v16i1.795
Oktariani, L. (2022). Analisis Pesan Dakwah Husain Basyaiban pada Media Aplikasi Tiktok. Mauizoh, 7(2), 91–108.
Priyambodo, R. S., & Setiawan, E. (2020). Hubungan antara Personal Branding Ustadz Evie Effendi dengan Minat Mendengarkan Dakwah Majelis Tatto Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 6(1), 42–45.
Priyanita, R. (2021, September). Rahasia dibalik Suksesnya Dakwah Milenial Ala Ustadz Agam Fachrul. Genta FKIP. https://genta.fkip.unja.ac.id/2021/09/12/rahasia-dibalik-suksesnya-dakwah-milenial-ala-ustadz-agam-fachrul/
Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 85–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.1682
Putri, H. (2023). Metode Dakwah Ning Umi Laila dalam Video Youtube (Ning Umi Laila Jula Ludruk Suroboyoan) [UIN Sayyid Ali Rahmatullah]. Dalam Jurnal Dakwah Tabligh (Vol. 17, Nomor 2). http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24173
Putri, K. S. M. (2022). Pesan dakwah pada akun media sosial Tiktok Agam Fachrul : Analisis semiotika Roland Barthes pada konten Tiktok @heyouw0) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati]. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58677
Randani, Y. N. F., Safrinal, S., Latuconsina, J. Z., & Purwanto, M. R. (2021). Strategi Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Dakwah Untuk Kaum Milenial. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 587–601. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art4
Riandi, A. P. (2023, Februari 17). Profil dan Biodata Agam Fachrul, Dai Muda yang Viral di TikTok. Kompas.com. Profil dan Biodata Agam Fachrul, Dai Muda yang Viral di TikTok Klik untuk baca: https://entertainment.kompas.com/read/2023/02/17/121236466/ profil-dan-biodata-agam-fachrul-dai-muda-yang-viral-di-tiktok?utm_source=Various&utm_medium=Referral&utm_campaign=Top_Desktop Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Rochmah, N. H. (2022). Effectivenes Of Using The TikTok Application As a Digital Dakwah Media For Generetion Z (Study Of TikTok Accounts @Basyasman00). Dalam QAULAN (Vol. 3, Nomor 1). https://trikinet.com/post/apa-itu-tik-tok/.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (cet. 10). Alfabeta.
Suprabowo, I. (2020). Ustaz Populer di Indonesia kajian tentang Brand di Media Sosial (1 ed.). Staini Press. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/52650/1/IMAM%20SUPRABOWO%20-%20SPs.pdf
Yuliani, R., & Dida, S. (2018). Personal Branding Selebritas dan Bisnis Online Shop. Mediator:Jurnal Komunikasi, 11(1), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3617
Yustina, M. C., Zahratul, N., Huwaidah, N., Fajrussalam, H., & Ramadhan, O. M. (2022). Analisis Metode Dakwah Husain Basyaiban di Media Sosial. At Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 9(2), 323–336. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v9i2.17853
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.25535
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id
Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.