Salafi Online: Dakwah Salafi Pada Akun Instagram @dakwah_tauhid

M Agung Pramana

Abstract


Tulisan ini menganalisis aktivitas dakwah Salafi online di Indonesia yaitu pada akun Instagram @dakwah_tauhid. Salafi adalah sebuah gerakan pemurnian agama Islam yang mengajak masyarakat Muslim untuk kembali kepada ajaran Alquran dan sunnah, serta para Salafush Shalih. Berbeda dengan masyarakat Muslim pada umumnya, kelompok Salafi cenderung memiliki pemahaman agama yang rigid dan kaku. Artikel ini menjawab pertanyaan utama yaitu bagaimana aktivitas dakwah Salafi online di Indonesia? Sedangkan pertanyaan lanjutan yang akan penulis eksplorasi yaitu bagaimana pergeseran penyebaran paham Salafi dari era Orde Baru, Reformasi, dan kontemporer? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode netnografi melalui akun Instagram @dakwah_tauhid. Kemudian penulis menganalisisnya dengan literatur-literatur sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pergeseran penyebaran paham Salafi dari era Orde Baru, Reformasi dan saat ini. Melalui akun Instagram @dakwah_tauhid, penelitian ini menunjukkan bahwa penyebaran paham Salafi telah mengarah pada cara-cara digital yang sesuai dengan perkembangan teknologi, informatika, dan komunikasi. Mereka secara masif menggunakan Instagram untuk menguatkan posisinya sebagai gerakan Islam puritan dan mendapatkan penerimaan yang positif dari pengikutnya.

Keywords


Dakwah; Instagram; Salafi Online

Full Text:

PDF

References


Amrullah, A. K. (1982). Ayahku: Riwayat hidup Dr. H. Abdul Karim Amrullah dan perjuangan kaum agama di Sumatera. Umminda.

Arsan Mailanto. (2016, Januari 14). Pengguna Instagram di Indonesia Terbanyak, Mencapai 89%: Okezone techno. Diambil 17 Januari 2023, dari https://techno.okezone.com/read/2016/01/14/207/1288332/pengguna-Instagram-di-indonesia-terbanyak-mencapai-89

Bangstad, S., & Linge, M. (2015). ‘Daʿwa is Our Identity’—Salafism and IslamNet’s Rationales for Action in a Norwegian Context. Journal of Muslims in Europe, 4(2), 174–196.

El-Mafaalani, A. (2014). Salafismus als jugendkulturelle Provokation Zwischen dem Bedürfnis nach Abgrenzung und der Suche nach habitueller Übereinstimmung. Dalam Salafismus in Deutschland (hlm. 355–362). transcript Verlag.

Hasan, N. (2010a). The drama of jihad: The emergence of Salafi youth in Indonesia. Being young and muslim: New cultural politics in the global south and north, 49–62.

Hasan, N. (2010b). The failure of the Wahhabi campaign: Transnational Islam and the Salafi madrasa in post-9/11 Indonesia. South East Asia Research, 18(4), 675–705.

Hendri, H. (2008). Pemuda dan ‘Pro-Youth’Pembangunan. Media Indonesia, 12.

Holmes, J. (2021). Instagram Black Book: Everything You Need To Know About Instagram For Business and Personal-Ultimate Instagram Marketing Book.

ICG. (2004). Indonesia Backgrounder: Why Salafism and Terrorism Mostly Don’t Mix. Internationl Crisis Group Brussels.

Iqbal, A. M. (2014). Internet, Identity and Islamic Movements: The Case of Salafism in Indonesia. Islamika Indonesiana, 1 (1), 81.

Kozinets, R. V. (2019). Netnography: The essential guide to qualitative social media research. Sage.

Lee, H., Kim, J. W., & Hackney, R. (2011). Knowledge hoarding and user acceptance of online discussion board systems in eLearning: A case study. Computers in Human Behavior, 27(4), 1431–1437.

Misbah, A. (2019). Kesenangan Dan Otoritas Keagamaan: Sosialisasi Anti-Musik Di Instagram. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 149–168.

Nesi, J. (2020). The impact of social media on youth mental health: Challenges and opportunities. North Carolina medical journal, 81(2), 116–121.

Nur Fitriatus. (2021, Oktober 6). Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya... Halaman all. Diambil 17 Januari 2023, dari KOMPAS.com website: https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/06/100500365/sejarah-Instagram-dan-cerita-awal-peluncurannya

Olsson, S. (2018). Contemporary puritan Salafism: A Swedish case study. Equinox Publishing.

Pew Research Center. (2019). Social Media Fact Sheet. Diambil 1 Mei 2023, dari Pew Research Center: Internet, Science & Tech website: https://www.pewresearch.org/internet/fact-sheet/social-media/

Reid Chassiakos, Y. L., Radesky, J., Christakis, D., Moreno, M. A., Cross, C., Hill, D., … Boyd, R. (2016). Children and adolescents and digital media. Pediatrics, 138(5).

Salehudin, M., Arifin, A., & Napitupulu, D. (2021). Extending Indonesia Government Policy for E-Learning and Social Media Usage. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(2), 14–26.

Sanjaya, M., Bakti, A. F., Sigit, R. R., & Nasrullah, R. (2022). Reinterpellation And Reimitation Of Conservative Ideology Of Salafi Through The Mediatization Of Religion On Instagram Rodja Tv. Eduvest-Journal of Universal Studies, 2(10), 1985–1997.

Sewed, M. U. A., & Umar, M. (2004). Dakwah salaf adalah dakwah tauhid. Salafy. or. id, 15.

Sorgenfrei, S. (2021). Branding Salafism: Salafi missionaries as social media influencers. Method & Theory in the Study of Religion, 34(3), 211–237.

Sunarwoto. (2021). Online Salafi rivalries in Indonesia: Between sectarianism and ‘good’citizenship. Religion, State & Society, 49(2), 157–173.

Sunarwoto, S. (2012). Radio Fatwa: Islamic Tanya-Jawab Programmes on Radio Dakwah. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 50(2), 239–278.

Wahib, A. B. (2017). Being pious among Indonesian Salafists. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 55(1), 1–26.

Way, A. K., & Malvini Redden, S. (2017). The study of youth online: A critical review and agenda. Review of Communication, 17(2), 119–136.

Wijayanti, R. P., Handayani, P. W., & Azzahro, F. (2022). Intention to seek health information on social media in Indonesia. Procedia Computer Science, 197, 118–125.

Zaman, M. Q. (2012). Modern Islamic thought in a radical age: Religious authority and internal criticism. Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v5i1.22792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.