Dakwah Melalui Media Sosial (Studi Netnografi Konten Ruqyah Syar’iyah pada Akun Tiktok Ustadz @eriabdulrohim)

Tika Mutia, Muhammad Ilham Taufiqurrahman, Tito Handoko

Abstract


Eri Abdulrohim merupakan seorang da’i yang juga merupakan seorang trainer, konsultan yang populer dengan dakwah melalui media sosial Tiktok. Ia dikenal sebagai Ustadz yang rajin mengunggah konten berkenaan dengan pengobatan melalui Ruqyah Syar’iyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan media sosial khususnya pada konten Ruqyah Syar’iyah di Tiktok sebagai sarana dakwah Ustadz Eri Abdulrohim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Netnografi yang menitikberatkan pengamatan pada subjek penelitian di media sosial Tiktok. Objek penelitian adalah konten yang berupa video bertema Ruqyah Syari’iyah pada akun Tiktok @eriabdulrohim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh konten video dakwah Ustadz Eri Abdulrohim di Tiktok sejak 2021, terdapat 3 Video yang tinggi jumlah viewersnya dan viral karena mengangkat tema Ruqyah Syar’iyah. Unggahan konten yang paling diminati netizen berisi terapi ayat Alqur’an untuk penyembuhan dari sihir. Selain itu, konten dakwah di Tiktok ustadz Eri memberikan kontribusi baru karena dikemas singkat, sesuai fenomena terkini, dan sesuai dengan syariat Islam.

Keywords


Dakwah, Media Sosial, Ruqyah Syar’iyah

Full Text:

PDF

References


Adib, M., Salih, M., Mohd, H., Rosmila, K., Kahar, A., Mardhiah, W. A., & Zahari, W. (2019). Analisis terhadap Model-model Penilaian Laman Web Islam Berbentuk Dakwah Di Malaysia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(3), 263–282. https://doi.org/10.1109/ITSIM.2010.5561334

Creswell, J. . (2013). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Metode Campuran(Revisi 4). Pustaka Pelajar.

Fuchs, C. (2014). Social Media: A Critical Introduction. In Social Media: A Critical Introduction. https://doi.org/10.4135/9781446270066

Haris Fiardi, M. (2021). PERAN DAKWAHTAINMENT AKUN CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS TERHADAP PEMUDA TERSESAT OLEH HABIB HUSEIN JA’FAR. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 76–85. https://doi.org/10.24014/JRMDK.V3I2.12891

Hayat, M. (2020). Ruqyah Syar’iyah: Upaya Mencari Kesembuhan. Emik, 3(2), 206–222. https://doi.org/10.46918/EMIK.V3I2.705

Hew, W. W. (2018). THE ART OF DAKWAH: social media, visual persuasion and the Islamist propagation of Felix Siauw. Https://Doi.Org/10.1080/13639811.2018.1416757, 46(134), 61–79. https://doi.org/10.1080/13639811.2018.1416757

Java, A., Song, X., Finin, T., & Tseng, B. (2007). Why we twitter: Understanding microblogging usage and communities. Joint Ninth WebKDD and First SNA-KDD 2007 Workshop on Web Mining and Social Network Analysis, 56–65. https://doi.org/10.1145/1348549.1348556

Karim, S. (2015). POLA DAKWAH DALAM ERA INFORMASI | Karim Syeikh | Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Jurnal Al Bayan. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bayan/article/view/151/129

Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241–251. https://doi.org/10.1016/J.BUSHOR.2011.01.005

Kozinets, R. (2019). Netnography: The Essential Guide to Qualitative Social Media Research, Edition 3. SAGE PublicationsSage UK: London, England.

Loureiro, S. M. C., Serra, J., & Guerreiro, J. (2019). How Fashion Brands Engage on Social Media: A Netnography Approach. Https://Doi.Org/10.1080/10496491.2019.1557815, 25(3), 367–378. https://doi.org/10.1080/10496491.2019.1557815

Murniaty, S. (2014). PENGEMBANGAN STRATEGI DAKWAH MELALUI MEDIA INTERNET (Peluang dan Tantangan). Al Irsyad-An-Nafs. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/2550

Rahardjo, B. (2007). KONSEP DAKWAH DALAM ISLAM. Publikasi Ilmiah : Suhuf. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/904

Rahman, T. (2020). KOMUNIKASI DAKWAH UNTUK KAUM MILLENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL. At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(2), 67–85. http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attadabbur/article/view/211

Rajab, M., & Raha, S. (2014). Dakwah Dan Tantangannya Dalam Media Teknologi Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 69–90. https://doi.org/10.24252/JDT.V15I1.339

Rubawati, E. (2018). “Media Baru: Tantangan Dan Peluang Dakwah.” Studi Komunikasi, 2 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.586

Toni, H., Rolando, D. M., Yazid, Y., & Putra, R. A. (2021). Fenomena Cyber Religion sebagai Ekspresi Keberagamaan di Internet pada Komunitas Shift (Cyber Religion Phenomenon as a Religious Expression on the Internet in the Shift Community). Jurnal Dakwah Risalah, 32(1), 56. https://doi.org/10.24014/JDR.V32I1.11626

Trisakti, F. A. (2021). Cyber-Da’wah: Narasi Konten Video Sebagai Metode Dakwah Non-Ulama Pada Media Sosial Tiktok. Idarotuna, 3(3), 258–271. https://doi.org/10.24014/IDAROTUNA.V3I3.16645

Xiang, Z., & Gretzel, U. (2010). Role of social media in online travel information search. Tourism Management, 31(2), 179–188. https://doi.org/10.1016/J.TOURMAN.2009.02.016




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v4i1.13515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.