PENGARUH WAKTU PEMBERIAN PUPUK TERHADAP HASIL PANEN KELAPA SAWIT

Tri Uci Lestari

Abstract


Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan unggulan dan utama Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara matematis pengaruh waktu pemberian pupuk terhadap hasil panen kelapa sawit. Metode yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang dianalisa adalah data sekunder hasil panen kelapa sawit yang diambil secara acak tahun 2021. Dari hasil analisa diperoleh bahwa secara matematis terdapat berbedaan nyata hasil panen kelapa sawit dari setiap perlakuan. Perlakuan yang di rekomendasikan dari penelitian ini adalah perlakuan ketiga yaitu  perlakuan dengan memberikan pupuk 3 kali pertahun

References


N. I. Oktaviati, “Analisis Finansial Agribisnis Kebun Kelapa Sawit Rakyat (ELAIS GUINEENSIS JACK) Studi Kasus : Desa Sei Lepan Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara,” Skripsi Sarj. Fak. Pertan. Agribisnis Univ. Muhammadiyah Sumatra Utara, 2017.

Prasetya, E.M. “Pengaruh Pupuk NPK Mutiara Dan Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Cabai Merah Keriting Varietas Arimbi”, jurnal AGRIFOR,Vol XIII, No. 2, 2014.

Basa, I. E. Suhartatik, dan D. D. Pasaribu. 1992. Bahan Organik untuk Stabilitas Produksi Tanaman Pangan pada Lahan Kering Podsolik. Prosiding Semnar Balittan, Bogor.

Anonim. 2008. Petunjuk Pemupukan. AgroMedia. Jakarta.

Fauzi, Y. Widyastuti, E. Y. Satyawibawa. I. Paeru.H. Rudi. 2012.”Kelapa Sawit”.Penebar Swadaya. Jakarta.

Hinkelmann, K. 2012. Design and Analysis of Eskperiment. In Design and Analysis of Esperimen.

Rahmawati, S. A. Erina. R. “Rancangan acak lengkap (RAL) dengan Uji Anova Dua Jalur”, jurnal pendidikan fisika, Vol. 4, No. 1, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/icopss.v3i1.31637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

Journal ICoPSS : Indonesian Council of Premier Statistical Science

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Website: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/icopsic
Official Email: ICoPremierStat@uin-suska.ac.id
Address: Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293
 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.