PERAMALAN JUMLAH PRODUKSI KELAPA SAWIT PROVINSI RIAU MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING

Windy Ayu Pratiwi, Neri Melisa, Vinny Anugrah Adistie, Syafhia Mifthasha, Satriani Putri

Abstract


Produktivitas kelapa sawit setiap tahunnya tidak selalu stabil, tetapi mengalami naik-turun yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti iklim, kesuburan tanah, dan lainnya. Maka perlu dilakukan perawatan yang intensif dan langgkah-langkah antisipasi seperti pemberian pupuk dapat dilakukan dengan mengamati pola hasil produksi. Selian itu, dibutuhkan peramalan jumlah produksi kelapa sawit dimasa yang akan datang sebagai gambaran dalam membuat kebijakan. Peramalan tersebut bertujuan agar dengan kebijakan yang tepat maka kebutuhan masyarakat terhadap kelapa sawit, Product Domestic Regional Bruto (PDBR) di Provinsi Riau dapat dipenuhi dengan optimal. Peramalan ini melibatkan data produksi kelapa sawit dari tahun 2008-2021. Data memiliki plot trend sehingga sangat baik diramalkan menggunakan metode double exponential smoothing dengan menghitung nilai MAPE. Di peroleh hasil bahwa dari ketiga parameter pada penulisan memberikan nilai MAPE terkecil pada bobot α = 0,9 dan β= 0,1 dengan MAPE sebesar 5,198%

References


F. Y. Sari, N. Amalita, dan Helma, “Metode Pemulusan Eksponensial Tripel Tipe Brown pada Peramalan Jumlah Produksi Kelapa Sawit Kabupaten Agam,” UNP J. Math., , 2018.

I. Christiani dan N. Satyahadewi, “Peramalan Produksi Kelapa Sawit Pada Pt.Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Dengan Metode Dekomposisi,” Bul. Ilm. Mat. Stat. dan Ter,2016.

Aswi dan Sukarna, “Analisis Deret Waktu: Teori dan Aplikasinya.” 2017.

Fabiana Meijon Fadul, “Metode Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan untuk Meminimumkan Biaya Pengadaan Bahan Baku Produksi Keripik Kentang (Studi Kasus di CV. Lima Roti Dua Ikan),” 2019.

S. P. Elvani, A. R. Utary, dan R. Yudaruddin, “Peramalan Jumlah Produksi Tanaman Kelapa Sawit dengan Menggunakan Metode Arima,”, 2016.

R. Ariyanto, D. Puspitasari, dan F. Ericawati, “Penerapan Metode Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Produksi Tanaman Pangan,” J. Inform. Polinema, 2017

Amalia dan Dkk, Digital Digital Repository Repository UNEJ Digital Digital Repository Repository UNEJ. 2015.

A. E. Armi, A. H. Kridalaksana, dan Z. Arifin, “Peramalan Angka Inflasi Kota Samarinda Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing (Studi Kasus : Badan Pusat Statistik Kota Samarinda),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., 2019

Y. Fauzi and Dkk, Kelapa Sawit. Jakarta: Penebar Swaday, 2012.

D. Setyamodjaja, Kelapa sawit: teknik budi daya, panen dan pengolahan. Jakarta: Kanisius, 2006.

M. Irfanda and E. Santosa, “Peramalan Produksi Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Perkebunan Sei Air Hitam berdasarkan Kajian Faktor Agroekologi,” vol. 1, no. 1, pp. 347–355, 2016.

A. Ishak, Manajemen Operasi, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

M. N. Arridho and Y. Astuti, “Penerapan Metode Single Exponential Smoothing untuk Memprediksi Penjualan Katering pada Kedai Pojok Kedaung,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 2, no. 02, pp. 35–44, 2020, doi: 10.46772/intech.v2i02.288.

M. Marizal and F. Mutiarani, “Penerapan Metode Eksponential Smoothing Dalam Memprediksi Jumlah Peserta Didik Baru Di Sma Favorit Kota Payakumbuh,” Maj. Ilm. Mat. dan Stat., vol. 22, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.19184/mims.v22i1.30138.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/icopss.v2i2.31636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

Journal ICoPSS : Indonesian Council of Premier Statistical Science

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Website: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/icopsic
Official Email: ICoPremierStat@uin-suska.ac.id
Address: Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293
 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.