Kesantunan Berbahasa dalam Kegiatan Diskusi Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Teknik perekaman video, Teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil temuan menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa dalam kegiatan diskusi pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Konawe Selatan terdapat bentuk kesantunan yang mengacu pada teori prinsip kesantunan Leech (prinsip maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penerimaan, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan dan maksim simpati).
Full Text:
PDFReferences
Abdin, N., Zalili, S. & Yani, K. (2019). Maksim Kesantunan dalam Dialog ILC Episode “Anas Siap Digantung di Monas”: Kajian Pragmatik. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(8). Pascasarjana Universitas Halu Oleo.
Ahmadi, A. (1991). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Agustini, N. (2017). Kesantunan dalam Komunikasi. Jakarta: Aksara.
Anderson, M. (2003). Text Types in English 3: Report Writing. Melbourne: Macmillan Education.
Bahtiar, A. (2003). Konteks Berbahasa dalam Prinsip Maksim. Bandung: Humaniora.
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Brown, P., & Levinson, S. C. (1978). Universals in Language Usage: Politeness Phenomena. Cambridge: Cambridge University Press.
Cahyaningrum, F., Andayani, A. & Setiawan, B. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusi. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1).
Cahyani, N., & Rahman, A. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Guru di Kelas. Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(2), 229-244.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Devianty, R. (2017). Bahasa dan Komunikasi: Perspektif Kontemporer. Penerbit Eduka.
Gege, M.Y.A.R. (2012). Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran di Kelas. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Leech, G. (1983). Principles of Pragmatics. Longman.
Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik (Terjemahan Oka). Jakarta: Universitas Indonesia.
Leech, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.
Levinson, Stephen C. (2009). Presumptive Meanings: The Theory of Generalized Conversational Implicature. Edited by S. Nadar. Cambridge, MA: MIT Press.
Mahsun, M. (2014). Teks Satuan Bahasa: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v4i2.33873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PENGINDEKS:
PENERBIT:
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.