Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek

Indah Tiarasari, Welli Marlisa, Afdhal Kusumanegara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX MTs Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau . Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, nilai rata-rata tes keterampilan menulis cerita pendek  siswa yang diajarkan menggunakan media audio visual  adalah 80,27. Kedua, nilai rata-rata tes keterampilan menulis cerita pendek  siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional adalah 74,55. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menulis cerita pendek . Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung > t tabel (1,831 > 1.681). Perbedaan nilai pada uji t menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan media audio visual.

Kata Kunci: media pembelajaran, audio visual, cerita pendek

 

Abstract

This research aimed at finding out the effect of Audio-Visual media toward student short story writing skills at the ninth grade of Islamic Junior High School of Ummatan Wasathan Technological Islamic Boarding School Riau. It was quantitative research with experiment method with posttest only control design. Purposive sampling technique was used in this research. Performance test was the instrument used in this research. Based on the analysis results, it could be concluded three things. First, short story writing skill test mean score of students taught by using Audio-Visual media was 80.27. Second, short story writing skill test mean score of studens taught by using conventional model was 74,55. Third, there was an effect of using Audio Visual learing media toward short story writing skils. it was proven with tobserved higher than ttable (1.831>1.671). The diferent score in t-test showed that there was a positive effect of using Audio Visual Media.

Keywords: learning media, audio visual, short story

 

 


Full Text:

PDF

References


Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Indrawan, I. dkk. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284—304.

Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).

Soidik, A., Solichin, E., & Safitri, E. (2020). Perbedaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning dengan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Kelas XII SMK Negeri 10 Merangin. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 602—608.

Subakti, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018 2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 1—7.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuningtyas, R. & Sulasmono, B.S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23—27.

Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Widiastuti, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook pada Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1—9.

Wina Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v4i1.30572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.