Analisis Kesalahan Afiksasi dan Reduplikasi pada Penulisan Cerpen Siswa MA Miftahul Huda Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir

Ana Mariana, Martius Martius

Abstract


Menulis cerpen merupakan bagian dari materi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bentuk kesalahan afiksasi dan reduplikasi pada cerpen karya siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Huda Sungai Luar. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik tes unjuk kerja. Setelah data terkumpul, kemudian peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode agih dengan teknik sulih dan teknik lesap. Setelah data dianalisis, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Kesalahan penggunaan afiks yang dilakukan siswa dalam menulis cerpen, sebanyak 43 kesalahan (42,57%) dan (2) kesalahan penggunaan reduplikasi sebanyak 58 kesalahan (57,43%).


Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Devianty, R.( 2017). Bahasa sebagai Ceramah Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).

Finoza, L. (2013). Komposisi Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Alwi, H. dkk (2008), Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Pusat Bahasa. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), edisi IV, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, G. (1984). Tatabahasa Indonesia. Ende-Flores: Nusa Indah.

Martius. (2018). Bahasa Indonesia Versi Mahasiswa Nonjurusan Bahasa Indonesia (Suatu Pendekatan Pada Tulisan Karya Ilmiah. Pekanbaru: Asa Riau.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurefendi, A.F. (2018). Buku Ajar Morfologi Bahasa. Jawa Timur: UMSIDA Press.

Nurohmah, A. (2014). Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII Semester 2 di MTsN Tangerang II Pamulang. Jakarta.

PPPB. (2001). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Yrama Widya.

Rahmawati, M. (2019). Analisis Penggunaan Afiks Pada Karangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bringin Kabupaten Semarang. Surakarta.

Ruslan, R. (2006). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Suherli, dkk. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim, B.F. (2014). Kamus Saku Bahasa Indonesia. Yogyakarta. Bentang Pustaka.

Verhaar, J.W.M. (1996). Asas-Asas Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v4i1.29894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.