Pemahaman dan Penerapan Bahasa Melayu Riau dalam Konteks Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus di Kalangan Bilingual

Rika Dwi Ananta, Rizka Anisa Anugrah, Rindi Yani, Rina Fitriani, Herlinda Herlinda

Abstract


Abstrak

Isu sentral yang menjadi perhatian dalam jurnal ini adalah pemahaman dan implementasi bahasa Melayu dalam bahasa Indonesia, khususnya pada kalangan individu yang memiliki kemampuan bilingual. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kata-kata serapan dari bahasa Melayu ke bahasa Indonesia sebagai manifestasi konkret dari pemahaman dan penggunaan bahasa Melayu. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang melibatkan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan serta menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Pengaruh bahasa Melayu terhadap perkembangan bahasa Indonesia terbukti signifikan, terutama melalui kata-kata serapan yang mencerminkan keterkaitan erat antara kedua bahasa ini dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

 

Kata kunci : Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Bilingual, Lingua Franca

 

Abstrak

Persoalan sentral yang mendapat perhatian dalam jurnal ini adalah pemahaman dan penerapan bahasa Melayu dalam bahasa Indonesia, khususnya di kalangan individu yang memiliki kemampuan bilingual. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kata serapan dari bahasa Melayu ke bahasa Indonesia sebagai wujud nyata pemahaman dan penggunaan bahasa Melayu. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu melibatkan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, antara lain buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Pengaruh bahasa Melayu terhadap perkembangan bahasa Indonesia terbukti cukup besar, terutama melalui kata serapan yang mencerminkan eratnya keterkaitan kedua bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

 

Kata Kunci : Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Bilingual, Lingua Franca

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. bumi aksara 1.

Afiliana, Muhammad Raihan Zaidan, J. M. (n.d.). Analisa implementasi bahasa melayu pada bahasa indonesia.

Fong-Peng, C. (2018). Sikap bahasa melayu dalam kalangan siswa/i China. Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 6(4), 1–11.

Hafizah Askacita. (2023). Warisan Bahasa Melayu Kerajaan Riau-Lingga. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3989–3993.

Kartikasari, R. D. (2019). Penggunaan Bilingualisme pada Masyarakat Yang Berwirausaha. Pena Literasi, 2(1), 51.

Nugraheni, Aninditya Sri, N. S. (2019). The Interference of Malay Language Towards Indonesian Language. Lingua Didaktika, 13(1), 13.

Nursalam, Akhiruddin, & M. Ridwan. (2022). Representasi Gender dan Aspek Pendukung Kemampuan Bilingualisme Penutur Bahasa Makassar di Ambon. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 738–748.

Paida, A. (2021). Inteferensi Bahasa Manggarai terhadap Peggunaan Bahasa Indonesia dalam Berkomunikasi Siswa SMA Saribuana Makassar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 575–581.

Setiawan, B., & Press, U. G. M. (2023). BILINGUALISME PADA ANAK INDONESIA. Gadjah Mada University Press.

Taurus Tamaji, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 80.

Wahyudi, A. (2011). BAHASA INDONESIA Government of Indonesia (GoI) and Islamic Development Bank (IDB). IAIN Sunan Ampel Surabaya, 20–23.

Yendra. (2018). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v3i2.26737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.