Analisis Framing Pemberitaan Sindonews dan Kompas.com (Studi Kasus Penolakan Ustaz Abdul Somad Masuk ke Singapura)

Alif Lamsyah Saputra, Wahyuni Husain, Andi Batara Indra

Abstract


This study aims to analyze the framing carried out by Sindonews and kompas.com media on the case of Ustaz Abdul Somad`s refusal to enter Singapora. The problem in this research is how Sindonews and kompas.com framing the case of Ustaz Abdul Somad’s refusal to enter Singapore. The method used ini this study is descriptive qualitative method with data collection techniques and documentations the results of the study show that the Sindonews media framing Ustaz Abdul Somad as a radical Ustaz and extreme Ustaz, while Kompas.com framing Ustaz Abdul Somad as a respected Ustaz in Indonesia.

                 

Keywords: Framing Analysis, Abdul Somad, Online Media

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian yang dilakukan oleh media Sindonews dan Kompas.com terhadap kasus penolakan Ustaz Abdul Somad Masuk ke Singapura. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana framing yang dilakukan Sindonews dan Kompas.com terhadap kasus penolakan Ustaz Abdul Somad Masuk ke Singapura. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan, bahwa media Sindonews memframing Abdul Somad sebagai Ustaz yang radikal dan Ustaz yang ekstrem, sedangkan Kompas.com memframing Abdul Somad sebagai Ustaz yang dihormati di Indonesia.

Kata Kunci: Analisis Framing, Abdul Somad, Media Online


Full Text:

PDF

References


Apriyani, R., & Kusumanegara, A. (2023). Struktur Super Berita Pelemahan KPK di Harian Tempo dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1), 40-51.

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS.

Fadhil, Haris. 2022. “Mengaku Dideportasi dari Singapura, Ustaz Abdul Somad Ungkap Kronologi,” 17 Mei 2022. https://news.detik.com/berita/d-6081002/mengaku-dideportasi-dari-singapura-ustaz-abdul-somad-ungkap-kronologi. 142022

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodakarya.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori-Teori Komunikasi: Teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Naqqiyah, Maulidatus Syahrotin. 2020. “Analisis framing Pemberitaan Media Online Cnn Indonesia.com dan Tirto.id Mengenai Kasus Pandemi Covid-19,” Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam 03, no.1: https://ejounal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/1483

Pan, Zhongdang dan Gerald M. Kosicki “framing analysis: An Approach to News Discourse.” Jurnal Political Communication, Volume 10, No. 1, (4 Mei 2010) :

http://www.communicationcache.com/uploads/1/0/8/8/10887248/framing_analysis-_an_approach_to_news_discourse.pdf. 202307

Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif”, Jurnal Alhadharah UIN Antasari Banjarmasin vol 17, No. 33:

https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/download/2374/1691.

Setyawan, Andi. 2018. “Analisis Framing Aksi Solidaritas Bela Rohingya dalam Detik.com dan Republika Online,” eJournal vol 9, no.1:

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom.

Sobur, Alex. 2018. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v3i2.25188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.