Struktur Super Berita Pelemahan KPK di Harian Tempo dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Risa Apriyani, Afdhal Kusumanegara

Abstract


Penelitian ini mengkaji struktur super pada berita pelemahan KPK yang dimuat di media daring Tempo.co. Struktur tekstual tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis model van Dijk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media daring Tempo.co dalam memberitakan kasus pelemahan KPK menonjolkan aktor utama yang terlibat dalam kasus pelemahan KPK. Hal ini terepresentasi dalam struktur super yakni judul, lead, dan komentar dari berita pelemahan KPK. Penelitian ini menjadi bahan masukan sebagai referensi materi ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas IX semester ganjil. Kompetensi dasar yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yakni menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan berupa kritik dan pujian yang didengar dan/atau dibaca dengan memperhatikan struktur kebahasaan.


Full Text:

PDF

References


Apriyani, R. (2022). Analisis Wacana Kritis Berita Pelemahan KPK di Media Daring Tempo dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Skrispi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA, Riau.

Badara, A. (2012). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana.

Cornelius, L. L., & Herrenkohl, L. R. (2004). Power in the Classroom: How the Classroom Environment Shapes Students' Relationships with Each Other and with Concepts. Cognition and Instruction, 22(4), 467—498.

Creswell, John W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Humaira, H.W. (2018). Analisis Wacana Kritis (AWK) Model Van Dijk pada Pemberitaan Surat Kabar Republika. Jurnal Literasi. 2(1): 33.

Johnstone, B. (2018). Discourse Analysis (third edition). Oxford: John Wiley & Sons.

Kusumanegara, A., Santoso, A., & Sunoto, S. (2016). Nilai Relasional dalam Fitur Gramatika Wacana Akademik di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(1), 11—17.

Santoso, A. (2015). Studi Wacana Kritis, Pengajaran Bahasa Indonesia, dan Perspektif Emansipasi. Jurnal Bahasa dan Seni. 43(2): 227—239.

Saraswati, Ruruh. (2019). Analisis Wacana Kritis Dalam Pembelajaran: Peran AWK Pada Pembelajaran Literasi Kritis, Berpikir Kritis, dan Kesadaran Berbahasa Kritis. Jurnal Humanika. 19(1): 20-29.

Sofwandi, A. (2018). Analisis Pemberitaan Kasus Novel Baswedan “Catatan Suram Pelanggaran Hak Asasi Manusia” pada Majalah Tempo Edisi 1—7 Januari 2018. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SUSKA, Riau.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83—90.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v3i1.23738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.