Nilai Pembimbingan dalam Epik I La Galigo: Kajian Hermeneutika

Fitriansal Fitriansal

Abstract


Nilai pembimbingan dalam epik I La Galigo diharapkan menjadi referensi penelitian lain dan pertimbangan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Nilai pembimbingan yang terkandung pada kearifan lokal sebagai warisan Indonesia dianggap dapat memberikan sudut pandang pada pengembangan pendidikan Indonesia. Metode reflektif dengan kajian hermenutika Schleiermacher digunakan untuk menganalisis teks dan rekontruksi teks yang terdapat dalam naskah epik I La Galigo episode We Cudai Melahirkan I La Galigo sebagai data penelitian. Data dianalasis mengungkapkan nilai-nilai pembimbingan yang terkandung dalam epic I La Galigo.

Kata Kunci: pembimbingan, epik, hermeneutika


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krattwohl, D. R. (2001). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cohen, M. I. (2005). I La Galigo. Asian Theatre Journal, 22(1), 138—149.

Danim, S. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

Dewantara, K.H. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara Cetakan Kedua. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Freire, P. (2007). Politik Pendidikan Kebudayaan Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Read dan Pustaka Pelajar.

Nurgiantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati, dkk. (2003). La Galigo Menelusuri Jejak Warisan Sastra Dunia.

Papalia, D., Wendkos, S., & Duskin, R. (2008). Human Development Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Pidarta, M. (2007). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rohman, S. (2013). Hermeneutik Panduan ke Arah Desain Peneltian dan Analisis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Russel, T. dan Loughran, J. (2007). Enacting a Pedagogy of Teacher Education Values, Relationships and Practice. London dan New York: Routledge.

Sabdulloh, U. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung: Alfa Beta.

Schleiermacher, F. D. E. (1998). Hermeneutics and Criticism and Other Writings. United Kingdom: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v3i1.23682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.