Efektivitas Media Pembelajaran YouTube untuk Meningkatkan Kemampuan Berliterasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam Pengajaran Sastra

Marfina Delfi, Herlinda Herlinda, Zahra Sukarma, Alfya Andrawina

Abstract


Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dominan masih kebingungan terhadap materi dalam pengajaran sastra yang telah dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran video YouTube untuk meningkatkan kemampuan berliterasi mahasiswa dalam pengajaran sastra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat banyak literatur yang mendukung bahwa media pembelajaran video YouTube efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran video YouTube efektif serta dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam pengajaran sastra untuk meningkatkan kemampuan berliterasi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

 Kata Kunci: Efektivitas, media pembelajaran, video, siswa

Full Text:

PDF

References


APJII. 2016. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2016. Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia.

Agustina, S & Supriyono. 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student teams achievement divisions) yang berorientasi pada kurikulum 2013 untuk materi gerak melingkar beraturan di kelas X SMA Negeri 3 Tuban. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), II (3), hlm. 74-78.

Aufderheide, P., & Firestone, C. 1993. Media literacy: A report of the national leadership conference on media literacy. The Aspen Institute.

Endaryanta, Eruin. 2017. PROGRAM IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD KRISTEN KALAM KUDUS DAN SD MUHAMMADIYAH SURONATAN. Skripsi S1, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Giddens, A. 1990. The Consequences of Modernity. Cambridge: Polity Press.

Hamzah, Uno. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hayes, Jeihan Desira. 2019. Keefektifan Media Youtube Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi (Peserta Didik Kelas VII SMP Putri AL-AZHAR Pasuruan). Jurnal Balapa, 5 (2), 1-10.

Hidayati, N., 2012. Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang. Skripsi. Semarang. IAIN Walisongo.

Humairah, H., & Awaru, A. O. T. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS Di Madrasah Alyiah Buntu Barana Kabupaten Enrekang. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 61-64.

Kamhar, M. Y. dan Erma Lestari. 2019. Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Volume 1 Nomor 2 Juni 2019.

Kustandi, Cecep., dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhammad, H. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution S. 1990. Pengertian Belajar. Bandung : Bumi Aksara.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nurhasanah, N., & Yarmi, G. 2019. PROGRAM PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGGUNAAN BAHAN AJAR WORDLESS PICTURE BOOK UNTUK MENGENALKAN NILAI KARAKTER SISWA SD. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1-7.

Oemarjati, Boen S. 1992. Dengan Sastra Mencerdaskan Siswa: Memperkaya Pengalaman dan Pengetahuan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Octavianti, Meria. Dkk. 2019. Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Buku Litera.

Pertiwi, N., & Syarif, OO. 2019. Minat Perilaku Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Pembelajaran Dengan Pendekatan Tam. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(1), 9-15.

Ramadhani, Dini. 2016. Pemanfaatan Situs YouTube Sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sma Panjura Malang. SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM.

Retnaningdyah, Pratiwi. Kisyani Laksono, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Samosir, F. T., Pitasari, D.N., Purwaka & Tjahjono, P. E. 2018. Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.

Saraswati, Ekarini. 2018. Peran youtube dalam menunjang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Slavin, R.E. 2009. Educational Psychology. Sixth Edution Boston: Allyn and Bacon.

Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal. 1.

Surayya, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4, h. 4.

Teguh, Mulyo. 2017. “Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti”. Artikel disajikan dalam Prosding Seminar Nasional. Pati, 15 Maret 2017.

Usman, Moh Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wigati, Sofyani. 2018. Pengembangan YouTube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral Tak Tentu di SMA, Skripsi. Yogyakarta: FKIP UST, 810-813.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v3i1.20805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.