Analisis Dampak Program Remaja Belajar Menulis Konten dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai (Studi Kasus Bastra ID)

Tito Tri Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari program Remaja Belajar Menulis Konten, yakni pelatihan menulis esai intensif yang diadakan oleh Bastra ID. Merumuskan masalah mengenai bagaimana dampak dari program dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis esai, penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi, dokumentasi, dan survei. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak dari program ini, yakni meningkatan pemahaman berpikir kritis dan menulis esai, mengenalkan media daring sebagai sarana membangun jejaring, menguatkan pengalaman terhadap isu keberagaman, serta pemahaman peserta terhadap teknik wawancara saat mengumpulkan data.

Kata Kunci: Remaja Belajar Menulis Konten, Esai, Berpikir Kritis, Media


Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah. Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djuharie, Otong Setiawan, dan Suherli. 2001. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.

Haryati, R. Ati. 2019. “Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta”. Widya Cipta, 3 (1), hlm. 91–98.

Kementerian Komunikasi dan Infromatika. 2020. “Kominfo Temukan 1.401 Sebaran Isu Hoaks Terkait Covid-19”, diakses melalui https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/kominfo-temukan-1-401-sebaran-isu-hoaks-terkait-covid-19/.

____________, 2020. “Penggunaan Internet Naik 40 Persen saat Bekerja dan Belajar dari Rumah”, diakses melalui

https://www.kominfo.go.id/content/detail/25881/penggunaan-internet-naik-40-saat-bekerja-dan-belajar-dari-rumah/0/berita_satker.

Khuzemah, Emah, dan Lilik Herawati. 2017. “Pembelajaran Menulis Esai Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Life Skills”. ILEAL, 2 (2), hlm. 148–162

Nunan, David. 1989. Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Pranarka, A.M.W., dan O. S. Prijono (Ed). 1996. Pemberdayaan, Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta : CSIS.

Simamarta, Janner,dkk. 2019. Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Sumatra Utara: Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Syarifudin, H., dan Sedarmanti. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v2i2.18701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.