PENINGKATAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING

Vera Sardila, Murny Murny, Ariyanti Rahayu

Abstract


Bahasa merupakan suatu keterampilan yang meliputi aspek membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Keempat aspek ini saling berkaitan satu sama lain dan perlu dikembangkan guna menyampaikan gagasan yang terkandung dalam pikiran. Dengan demikian dapat diartikan bahwa menulis juga sekaligus keterampilan yang perlu dikembangkan mengingat sangat pentingnya aktivitas ini dalam kehidupan kita yang tidak hanya sebagai kewajiban namun juga merupakan kebutuhan. Dengan demikian diperoleh hasil penelitian bahwa menulis karya ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learning yaitu pembelajaran secara langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa, hal ini tergambar dari tingkat persentase mengalami kenaikan yakni dari data awal hasil kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia tergolong pada kategori kurang (38%) hingga akhirnya mengalami kenaikan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learning mencakap pada kategori Baik (33 %). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Learnig.


Full Text:

PDF

References


Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Penada Media Group.

Antar, Semi. 1990. Menulis Efektif. Padang : CV. Angkasa Raya.

Arifin, Zaenal. 2008. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia.

Dewanto, dkk. 2007. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Unnes Press.

Doyin, Mukh., dan Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.

Keraf, Gorys. 1994. Eksposisi: Komposisi Lanjutan 2.

Jakarta: PT Grasindo.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mulyati, Yeti dkk. 2005. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pritandhari, Meyti. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Direct Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa: Jurnal Promosi jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol. 5 No. 1. hlm. 50.

Rosmi, Nurli. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD NEGERI 003 Pulau Jambu: Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol. 1 No. 2. hlm. 163.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyanto, Asul. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta; PT Gramedia.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatid dalam Kurikulum2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Sidik, M. Ilham dan Hendri Winata. 2016. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct learning: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1. hlm. 50.

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Joyce, D. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.13067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.