Efektivitas Perangkat Lunak Adobe Photoshop sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Biografi di SMA

Nur Siswo Dipurnomo, Fitriana Rahayu

Abstract


Materi biografi di SMA membutuhkan inovasi atau terobosan agar peserta didik tidak merasa jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas Adobe Photoshop sebagai perangkat lunak terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bersumber pada data berupa kualitas. Beberapa hasil dari penelitian ini berupa deskripsi kelebihan dan kekurangan Adobe Photoshop sebagai media pembelajaran dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika penggunaan perangkat lunak Adobe Photoshop sebagai media pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia materi biografi di SMA. Simpulan dari penelitian ini berupa efektivitas Adobe Photoshop beserta fitur-fiturnya sebagai perangkat lunak yang dapat menjadi media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Kata Kunci: Adobe Photoshop, Media Pembelajaran, Biografi


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Beavis, C. (2007). Writing, digital culture and English curriculum. L1 Educational Studies in Language and Literature, 07, Running Issue(4, Special Issue), 23–44. https://doi.org/10.17239/L1ESLL-2007.07.04.03

Erri Wahyu Puspitarini, D. W. P. A. P. N. (2016). GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1). https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7

Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 7, 27–34.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, N. (2017). PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN PNEUMATIK DI SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10443

Permendikbud RI Tentang PIP, Pub. L. No. 19, Kemendikbud (2016).

Nai, F. A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA dan SMK. Deep Publish.

Riyanti, A., & Setyami, I. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA BAGI GURU BAHASA INDONESIA. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 10(2), 106. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4881

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Swara, G. Y., & Pebriadi, Y. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web. Jurnal TEKNOIF.

Triwijayanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Vera Sardila, M. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam, 40, 110–117.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. JISE: Journal of Innovative Science Education, 1, 19–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v2i1.13015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.