URGENSI MEMBANGUN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SEKOLAH MENENGAH JAKARTA SELATAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN APRESIASI SASTRA

Noviyanti Urfah

Abstract


Abstrak: Urgensi Membangun Ekstrakurikuler Teater di Sekolah Menengah Jakarta Selatan sebagai Upaya Peningkatan Apresiasi Sastra. Ekstrakurikuler teater sangat berpengaruh dalam meningkatan penilaian dan kemampuan memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah se-Jakarta Selatan. Selain itu, ekstrakurikuler teater juga memengaruhi kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara yang baik di depan umum, melatih olah rasa dan olah tubuh serta meningkatkan percaya diri. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif-kualitatif, wawancara, dan kajian pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi ekstrakurikuler teater dalam upaya meningkatkan apresiasi sastra. Ekstrakurikuler teater terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya apresiasi sastra.

Kata kunci: Teater; Sastra; Siswa; Pembelajaran;

Abstract: Urgency To Build Theater Extracurricular In Secondary Schools South Jakarta As An Effort To Increase Literature Appreciation. Theater extracurriculars are very influential in increasing assessment and the ability to understand Indonesian language subjects in secondary schools throughout South Jakarta. In addition, theater extracurricular activities also affect the students' ability to speak well in public, train feelings and body exercises, and increase self-confidence. This study, using descriptive-qualitative methods, interviews, and literature review. The purpose of this study was to determine the urgency of the extracurricular theater in an effort to increase literary appreciation. The theater extracurricular has proven to be able to improve students' understanding in learning Indonesian, especially literary appreciation.

Keywords : Theater; Literary; Student; Learning;


Full Text:

PDF

References


Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Teater untuk Remaja. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Tribana, I Gusti Ketut. 2014. Apresiasi Sastra dalam Pembentukan Pikiran Kritis. Denpasar: Pustaka Larasan.

Widia Sari, Endang Wahyu. 2018. Menggali Potensi Siswa Melalui Ekstrakurikuler. Jawa Timur: Kun Fayakun.

Suhita, Sri, dkk. 2018. Apresiasi Sastra dan Pembelajarannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rose, Angel. 2018. Manfaat Ekskul Teater.

https://www.idntimes.com/life/education/angel-ai- rose/manfaat-ikut-ekskulteater-c1c2/6

Bahtiar, Ahmad. 2017. Kompetensi Kesusastraan Guru Bahasa dan Sastra Indonesia di Wilayah Tangerang Selatan. Vol. 2, No. 2, 217 DOI:http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1386




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PENGINDEKS:

PENERBIT:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.