ANALISIS STAKEHOLDER DALAM REVITALISASI MASJID AGUNG ISLAMIC CENTER KABUPATEN ROKAN HULU

M Fajar Anugerah, Mhd Rafi Yahya, M Hafis Aulia

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Agung Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu. Ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian terhadap masalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana Revitalisasi objek wisata religi masjid agung islamic center kabupaten Rokan Hulu Tahun 2016-2021. Jenis penelitian skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yaitu fokus utamanya adalah untuk menggambarkan atau menjelaskan fenomena atau keadaan yang sedang diteliti. Penelitian ini lebih berorientasi pada pemahaman mendalam terhadap subjek yang diteliti, dengan menekankan pada aspek kualitatif seperti pendapat, persepsi, sikap, dan pengalaman individu atau kelompok. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk membuat gambaran mengenai situasi dan kejadian-kejadian. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa Revitalisasi Objek Wisata Religi Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu ini masih belum optimal. Intervensi fisik yang belum terkoordinasi dengan baik, revitalisasi Ekonomi masjid yang perlahan-lahan sudah membaik dan revitalisasi sosial/institusional yang sudah cukup baik bagi masyarakat Rokan Hulu.


Keywords


Revitalization, Management, Tourism

Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhammad. 2021. “Pengelolaan Masjid Agung Islamic Center Sebagai Objek Wisata Religi.” Jurnal Kebijakan Publik 12(1):43–48.

Andini, Dita. 2011. “Revitalisasi Obyek Wisata Taman Balekambang Kota Surakarta.”

Auliyani, Diah, and Boedi Hendrarto. 2013. “Pengaruh Rehabilitasi Mangrove Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Kabupaten Rembang.”

Danisworo, Mohammad, and Widjaja Martukusomo. 2000. “Revitalisasi Kawasan Kota Sebuah Catatan Dalam Pengembangan Dan Pemanfaatan Kawasan Kota. Retrieved 25 July 2014.”

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. edited by K. Edi. Bandung: Alfabeta.

Karim, Hamdi Abdul. 2020. “Revitalisasi Manajemen Pengelolaan Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Lembaga Keislaman.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5(2):139–50.

Lexy J. Moleong, Dr. M. A. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” PT. Remaja Rosda Karya.

Narulita, Sari, Rihlah Nur Aulia, Firdaus Wajdi, and Umi Khumaeroh. 2017. “Pembentukan Karakter Religius Melalui Wisata Religi.” Pp. 159–62 in Prosiding Seminar Nasional Tahunan FIS UNM.

Rahma, Adenisa Aulia. 2020. “Potensi Sumber Daya Alam Dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia.” Jurnal Nasional Pariwisata 12(1):1–8.

Rusyidi, Binahayati, and Muhammad Fedryansah. 2018. “Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat.” Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 1(3):155–65.

Sadjim, Umar Mustafa, Noeng Muhadjir, and F. X. Sudarsono. 2016. “Revitalisasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika Dan Kearifan Lokal Berbasis Learning Society Pascakonflik Sosial Di Ternate.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 4(1):79–91.

Suardana, I. Wayan. 2013. “Analisis Kebijakan Pengembangan Pariwisata.” in Seminar Nasional: Unud.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v14i2.24196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :