Analisis Pembukaan dan Pengembangan Kawasan Industri di Indonesia

Pandu Adi Cakranegara

Abstract


Investasi dapat meningkat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun jumlah investasi domestic di Indonesia terbatas. Oleh karena itu pemerintah mengundang investor luar negeri untuk berinvestasi. Agar investor luar negeri bersedia berinvestasi maka pemerintah perlu memberikan faktor penarik. Semakin banyak investasi asing yang masuk maka akan semakin meningkat multiplikasi ekonomi yang dihasilkan investasi tersebut.  Penelitian ini menggunakan metode literature dan mengobservasi kawasan industri yang telah berkembang di Indonesia. Dengan menggunakan hal itu maka bisa dicari faktor-faktor yang menarik investasi asing. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan kawasan industri melibatkan peranan tiga pihak yaitu pemerintah, pihak swasta dan akademisi. Ketiga ini pihak ini memilik peran aktif dalam menarik investor. Penelitian ini terutama berfokus pada pembukaan kawasan industri di pulau Jawa. Ke depannya perlu diteliti tentang pembukaan berbagai kawasan industri di wilayah-wilayah lain di Indonesia.


Keywords


Investasi Asing, Kawasan Industri, Efek Ganda

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2021). Interaksi Sosial Komunitas Lokal dengan Pendatang dan Perubahan Struktur Komunitas Lokal (Studi pada Masyarakat Majemuk di Kawasan Industri Makassar).

Kwanda, T. (2004). Pengembangan kawasan industri di Indonesia. DIMENSI (Journal of Architecture and Built Environment), 28(1).

Latuheru, B. P. (2006). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Komitment Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Kawasan Industri Maluku). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 5(1).

Nugraha, W. S., Subiyanto, S., & Wijaya, A. P. (2015). Penentuan lokasi potensial untuk pengembangan kawasan industri menggunakan sistem informasi geografis di Kabupaten Boyolali. Jurnal Geodesi Undip, 4(1), 194-202.

Rahadi, D. R., & Muslih, M. (2019). Konsep Wisata Industri di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 53-62.

Sidjabat, F. M., & Runtuk, J. K. (2019). Pengembangan model pemilihan green supplier di kawasan industri Cikarang. Journal of Environmental Engineering and Waste Management, 4(1), 9-20.

Volentino, D. (2013). Kajian Pengawasan Pemanfaatan Sumberdaya Air Tanah di Kawasan Industri Kota Semarang. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 1(3), 265-274.

Winardi, W., Priyarsono, D. S., Siregar, H., & Kustanto, H. (2019). Peranan kawasan industri dalam mengatasi gejala deindustrialisasi. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 19(1), 84-95.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v13i1.18941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :