Optimalisasi Kinerja Pemerintahan Desa Dalam Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa

Rudiadi Rudiadi, Abdiana Ilosa, Saipul Al Sukri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengedepankan pendekatan yuridis empiris. Pendekatan yuridis empiris dimasksudkan untuk menganalisis permasalahan dengan memadukan bahan-bahan berupa data sekunder dengan data primer yang diperoleh dilapangan yaitu tentang pelaksanaan Penyusunan rencana kerja pemerintahan desa yang setiap tahun ditetapkan bersama antara Pemerintahan Desa dan BPD sebagai perwakian masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Desa Sekeladi Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi dalam data primer (wawancara, observasi), serta data sekunder yang diperoleh dari dari bahan kepustakaan. Semua data yang telah dikumpulkan oleh peneliti dilakukan proses analisis berdasarkan standard kinerja menurut Sumoroto yaitu Efisiensi, efektifitas, keadilan, serta daya tanggap. Berdasarkan hasil analisis terkait masalah diatas, maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa kinerja pemerintahan Desa Sekeladi dalam membahas dan menyusun rencana kerja pemerintahan desa selama ini belum terlaksana dengan baik, hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya kerjasama antar lembaga pemerintahan desa, masih adanya program kerja yang tidak tepat sasaran, kurang tanggapnya pemerintahan desa dalam menyerap aspirasi dan keinginan masyarakat desa.


Keywords


Kinerja, Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa.

Full Text:

PDF

References


Adon Nasrullah Jamaludin, 2015, Sosiologi Pedesaan, CV. PUSTAKA SETIA: Bandung.

Al Sukri, S., Prihastuti, A. H., & Julina, J. (2020). Pelatihan Laporan Keuangan Bagi Pengurus BUM Desa Sekapur Sirih. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 130-141.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2007, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, PT. Refika Aditama, Bandung.

Arenawati, 2014, Administrasi Pemerintahan Daerah, Sejarah, konsep dan penatalaksanaan di Indonesia, Graha Ilmu: Yogjakarta.

Budiono, P. (2015). Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Bojonegoro (Studi di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Dan Desa Kedungprimpen Kecamatan Kanor). Jurnal Politik Muda, 4(1), 116-125.

Didik G. Suharto, 2016, Membangun Kemandirian Desa, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Harbani Pasolong, 2010, Teori Administrasi Publik, Alfabeta: Bandung.

Huraerah, Abu. 2008, Pengorganisasian, Pengembangan Masyarakat Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Masyarakat, Humaniora: Bandung.

Ilosa, A., Al Sukri, S., & Rudiadi, R. (2021). Asas Transparansi Dalam Proses Pengangkatan Perangkat Nagari. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora, 5(1), 71-83.

J. Kaloh, 2007, Mencari Bentuk Otonomi Daerah, Rineka Cipta: Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI.

Muiz Raharjo, 2020, Adminisrasi Pemerintahan Desa Di Indonesia, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Ni’matul Huda, 2015, Hukum Pemerintahan Desa, Setara Press: Malang, Jatim.

Pamungkas, B. A. (2019). Pelaksanaan Otonomi Desa Pasca Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jurnal USM Law Review, 2(2), 210-229.

Peraturan Kepenghuluan Sekeladi Tentang APBKep Sekeladi 2019.

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Aturan Pelaksanaan Undang-undang Desa.

Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembagunan Desa.

Romli, O., & Nurlia, E. (2017). Lemahnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Melaksanakan Fungsi Pemerintahan Desa (Studi Desa Tegalwangi Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang). CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 36-54.

Soimin, 2019, Pembangunan Berbasis Desa, Cetakan Pertama (Intrans Publishing), Malang, Jatim.

Tabrani Rusyam, 2018, Membangun Efektifitas Kinerja Kepala Desa, Cetakan Pertama (PT. Paragonatama Jaya), Jakarta.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Undang-undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa

Wahjudin, dalam Nurman, 2015, Strategi Pembangunan Daerah, Cetakan ke-1 (PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta).

Wahyudi Kumoroto, 2005, Anggaran Berbasis Kinerja, Konsep dan Aplikasinya. Magister Administrasi Publik UGM: Yogyakarta.

Yohanes, M. (2018). Pelaksanaan Rekrutmen Perangkat Desa di Kabupaten Kulon Progo Penelitian Deskriptif Kualitatif di Desa Gotakan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jel.v12i1.13201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter:

 

Flag Counter

Indexed by :