Pemanfaatan ICT pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting pemafaatan ICT dalam
pendidikan, teknik yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diambil
adalah observasi dan wawancara kepada guru matematika kelas V. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa guru tersebut menggunakan media game dan slide (film
bingkai). Game yang digunakan dalam pembelajaran matematika ini adalah Aplikasi
Kahoot. aplikasi ini merupakan sebuah website internet yang dapat menghasilkan
suasana kuis yang meriah dan heboh saat pembelajaran dikelas. Dengan bermain kahoot
ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat siswa tidak bosan
mengikuti pembelajaran matematika yang mana menurut kebanyakan siswa
pembelajaran matematika sulit dimengerti. Selain game kahoot, guru disana juga
menggunakan media slide yang berisikan materi ajar matematika K13. Materi yang ada
pada slide tersebut banyak sekali salah satunya percahan, KPK dan FPB. Dengan
adanya ICT dalam pembelajaran matematika diharapkan siswa dapat lebih memahami
materi yang diajarkan kepada mereka,. Media game dan slide yang menarik dan kreatif
dapat membuat siswa tidak mudah bosan belajar matematika. Dengan media ICT ini
juga dapat membuat guru mudah dalam memberikan materi pembelajaran.
Kata Kunci: Pemanfaatan Media ICT, Penggunaan Game Kahoot dan Slide Materi
Aja
Full Text:
PDFReferences
Asmani, J. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.
Erisy. (2013). Integrating TechnologyIn Indonesia Languange Learning. Banyuwangi: Syair Gema Maulana Press.
Fatimah. (2009). Fun Math, Matematika Asyik dengan Metode Penelitian. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Fitrah, Moh. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Jawa Barat: CV. Jejak.
Popupedublog. (2016). Cara Membuat Kuis dengan Kahoot. Moving to www.eduteachers.com. Dikutip dari https://popupedublog.wordpress.com/2016/08/28/cara-membuat-kuis-dengan- kahoot/ diakses pada tanggal 7 Oktober 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v3i1.8521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.