Permasalahan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Aulia Cendekia Pekanbaru

siti uswatun khasanah, herlina - -, Syarifuddin - -

Abstract


Kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di MI Aulia Cendekeia Pekanbaru sejak tahun 2022/2023 secara bertahap. Dalam penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Karena itu, Penelitian memiliki tujuan untuk : 1). Mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV di MI Aulia Cendekia, 2). Mengetahui problematika dalam penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV MI Aulia Cendekeia Pekanbaru, 3). Mengetahui usaha yang dilakukan dalam mengatasi problematika terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar kelas IV MI Aulia Cendekeia Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskripsi kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama penerapan kurikulum merdeka di MI Aulia Cendekeia Pekanbaru Kelas IV menerapkan profil pelajar pancasila dengan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis mata pelajaran, IPAS. Kedua, Problematika yang dihadapi menyususun perangkat pembelajaran seperti CP, TP, ATP, dan modul ajar, kesulitan menentukan strategi dan metode pembelajaran, menentukan proyek kelas yang sesuai dengan materi pembelajaran, menentukan asesmen yang cocok dengan materi. Ketiga, Upaya yang dilakukan guru dalam problematika pada penerapan kurikulum merdeka di kelas IV MI Aulia Cendekeia Pekanbaru dengan mengikuti pertemuan dengan KKG, mengikuti pelatihan, menulis materi dipapan tulis, siswa membuat catatan, melanjutkan proyek kelas dirumah, mencari informasi tentang asesmen dan mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Full Text:

PDF

References


Agustinus Tanggu Daga, Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar, Jurnal Education, Vol. 7 No.3, 2021.

Ashabul Kahfi, Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implementasinya Terhadap Krakter Siswa Di Sekolah, Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 2022.

Dahlia Sibagaring, Hotmaulina Sihotang, Dan Erni Murniati, Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia, Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 14 No. 2, 2021.

John W.Creswell, Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Tradition (London: SAGE Publications, 1998).

Lexy. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif., Cet. Ke-27 (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2016).

Rusmin Husain Dan Srinilaningsih, Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar, 2020.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Suci Rahayu, Dwi Vianita Rossari, Susana Aditiya Wangsanata, Dkk, Hambatan Guru Sekolah Dasa Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajemen Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19, (Jawa Tengah: Jurnal Pendidikan Tambusi, 2021, Vol. 5 No. 3).

Wiku Aji Sugiri dan Sigit Priatmoko, Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar, Jurnal At-Thulab, Vol 4 No. 1 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.36516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.