IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN P5 MELALUI PEMBUATAN BUKU ANTOLOGI CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SDMT PONOROGO

Aisyah Nur Fitriani, Anip Dwi Saputro, Nurul Abidin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik melalui pembuatan antologi cerita pendek. Dengan melibatkan peserta didik dalam proses kreatif untuk menulis dan menerbitkan buku, penelitian ini melihat bagaimana proyek ini berdampak pada kreativitas, pemikiran kritis, dan kemampuan menulis secara keseluruhan. Penelitian ini melibatkan peserta didik dari SDMT Ponorogo yang berpartisipasi dalam proyek P5. Hasil menunjukkan bahwa proyek tersebut berhasil meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, terutama dalam hal kreativitas dan kemandirian. Selain itu, proyek ini membantu orang mempelajari keterampilan modern seperti bekerja sama dan memecahkan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa P5 dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Sekolah dapat mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar yang aktif dan kreatif dengan memasukkan proyek-proyek kreatif seperti membuat antologi cerita pendek ke dalam kurikulum.

               


Full Text:

PDF

References


Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono, S. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(2), 91–108. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i2.6112

Arfin, A., Pahenra, P., & Asrul, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Menulis Mahasiswa Melalui Metode Menulis Pengalaman Pribadi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 12–23. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4244

Darmawan, I. P. A., Arifudin, O., Renaldi, R., Rianita, N. M., Octavianus, S., Candra, L., Lestari, A. S., Satmoko, N. D., Muniarty, P., Saputro, A. N. C., Manik, E., & Kusumastuti, D. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan “Model, Teknik dan Implementasi.” In Widina Bhakti Persada Bandung (Vol. 1, Issue 69).

Gilang. (n.d.). Teori Vygotsky Terkait Perkembangan Kognitif Anak dan Belajar Sosial!

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kehidupan, C., Rizki, F., Utomo, A., & Inderasari, E. (2020). Dimensi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Antologi Cerpen Catatan Kehidupan ( Dimensions of Pancasila Learning Profile Values in the Anthology of Short Stories. 15–25.

Mimi Rosadi, Alkausar Saragih, Novita Friska. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Teknik Modeling Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 81–86. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v7i1.1410

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Rahayungsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Salam, F. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di Homeschooling. C.E.S 2023 Confrence Of Elementari Study, 271.

Sari, R., Usman, A., Mudayanti, A. R., & Nasihudin, M. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.78

Simarmata, M. Y., Yatty, M. P., & Fadhillah, N. S. (2022). Analisis Keterampilan Menulis melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 207–218. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4085

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Surbakti, F. E., Ramadani, R., & Heriani, U. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Cerpen “Hening Di Ujung Senja” Karya Wilson Nadeak. Asas: Jurnal Sastra, 10(2), 148. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26314

Tri Sulistiyaningrum, & Moh Fathurrahman. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.36287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.