Efektivitas Media Extreme Addition Mathematics Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV di MIS Ma’arif Asas Islam Kalibening

Choirul Anwar, Peni Susapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media extreme addition mathematics terhadap kemampuan berhitung siswa kelas IV di MIS Ma’arif Asas Islam Kalibening. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan desain quasi-eksperimen, yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media extreme addition mathematics dan kelompok kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pretest-posttest telah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk mengukur kemampuan berhitung siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 25 dengan penerapan uji normalitas, uji homogenitas, independent sample t-test, dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing adalah 40,7 dan 49,9, sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 86,9 pada kelompok eksperimen dan 72,8 pada kelompok kontrol. Uji t-test menghasilkan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan t-hitung sebesar -6,573 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, perhitungan nilai N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung sebesar 77,35% pada kelompok eksperimen, yang dikategorikan sebagai peningkatan efektif, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya mencapai 41,68%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media extreme addition mathematics efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas IV di MIS Ma’arif Asas Islam Kalibening. Temuan ini diharapkan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dalam mengoptimalkan proses belajar matematika di tingkat sekolah dasar serta memberikan kontribusi positif bagi pengembangan media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abbacan, M.-A. D., Lasangen, J. P., Calado, Z. L. E. E. F., Catalino, F. G., & Terceño, R. T. (2025). Exploring The Impact of Educational Games on Numeracy Skill Development Among The Elementary Learners: A Systematic Review. Cognizance Journal, 5(1), 274–286. https://doi.org/10.47760/cognizance.2025.v05i01.023

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Audina, S., Nahdi, D. S., & Sudianto, S. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Garis Bilangan. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.305

Balala, M. M. A., Areepattamannil, S., & Cairns, D. (2021). Investigating the associations of early numeracy activities and skills with mathematicss dispositions, engagement, and achievement among fourth graders in the United Arab Emirates. Large-Scale Assessments in Education, 9(1), 13. https://doi.org/10.1186/S40536-021-00106-4

Chang, I. (2023). Early numeracy and literacy skills and their influences on fourth-grade mathematicss achievement: a moderated mediation model. Large-Scale Assessments in Education, 11(1), 18. https://doi.org/10.1186/s40536-023-00168-6

Ferlina, L., & Fratiwi, N. J. (2024). Edugame Wordwall: Sebuah Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Walada: Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.61798/wjpe.v3i2.126

Galambos, J. (1995). The development of the mathematicsal theory of extremes in the past half century. Theory of Probability & Its Applications, 39(2), 234–248. https://doi.org/10.1137/1139014

Irwan, I., & Masrul, M. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4119–4128. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7235

Kusuma, A. C., Ekasari, S. R., & Weddakarti, E. (2022). Implementation of Interactive Mathematicss Teaching E-Modul To Improve Student Motivation and Learning Outcomes. Jurnal Hipotenusa, 4(1). https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v4i1.7218

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematicss Learning), 3(3), 247–258. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737

Nurussalamah, N. A., Kamila, N. G., Anastasya, C., & Rayhan, A. (2023). Pelatihan kemampuan berhitung matematika siswa dengan metode jarimatika di kelas v sdn pontang legon 2. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(2), 193–199. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i2.1728

Pramesta, S. P. E., & Wiryanto, M. S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Counting Board Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas I di Sekolah Dasar. JPGSD, 12(6), 1049–1059.

Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak terhadap minat belajar matematika (MTK) siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2(1), 111–119. https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v2i1.1450

Putri, N. N., Mashuri, A., & Setyowati, R. (2024). Metode Jarimatika Mempengaruhi Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas II SDN Banjarbanggi 2. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1743–1748. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1106

Rukinah, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Strategi Problem Based Learning:(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas 2 SDN Kasomalang VIII Kecamatan Kasomalang Tahun 2022/2023). JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 6(1), 88–96.

Safitri, O. S., & Jusra, H. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Self Confidence Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 68–80. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.16444

Saputro, K. H., Prasasti, P. A. T., & Raharjo, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Padas pada Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1593–1611. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9679

Sari, P. Y., Purbandari, R. W., & Gembong, S. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Matematika Kelas IV SDN Genengan Tahun Pelajaran 2022/2023 Menggunakan Media Blok Pecahan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1746–1759. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9678

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (kedua). Bandung: ALFABETA.

Suharti, S. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Edmodo dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1025–1038. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.564

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Sulistyo, T., Sari, N., & Sholeh, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Interactive Media bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 863–869. https://doi.org/10.21067/jpm.v7i2.6047

Svraka, B., & Ádám, S. (2022). Prevalence of Cognitive and Affective Factors Influencing Mathematicsal Performance. Gyermeknevelés Tudományos Folyóirat, 10(2–3), 190–204. https://doi.org/10.31074/gyntf.2022.3.190.204

Waluyo, R., Kusuma, R. L., & Zamora, H. P. (2024). Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Numerasi Peserta Didik SMP N 1 Kertanegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 4(4), 9–15. https://doi.org/10.31004/abdira.v4i3.491

Yaie, F. I. J. Y., Fauzi, T., & Andriani, D. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807

Yanti, S. H., Yennita, Y., & Syahril, S. (2022). Improving the Understanding of Students’ Learning Concepts on Optical Equipment Materials through Interactive Learning Media. Journal of Educational Sciences, 459–471. https://doi.org/10.31258/jes.6.3.p.459-471

Yulianti, V., & Novtiar, C. (2023). Pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis google sites dengan pendekatan realistic mathematicss education untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa pada pembelajaran materi penyajian data. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 2035–2044.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.36075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.