Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media PAJUSUN Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Sekolah Dasar

Siti Fitria Ernawati, Rida Fironika Kusumadewi

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi penjumlahan bersusun siswa kelas II SDN Pamongan 1 dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbantuan media PAJUSUN (Papan Penjumlahan Bersusun) merupakan tujuan utama dalam penelitian ini. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa, seperti kesulitan dalam menentukan letak satuan dan puluhan, serta kurang dalam memahami teknik tanpa menyimpan dan teknik menyimpan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental (one-group pretest-posttest) pada 24 siswa sebagai sampel. Hasil analisis ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai posttest mencapai 77,67 yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest sebesar 47,17. Serta, hasil uji paired sample t-test dengan mendapatkan hasil pada kolom Lower memiliki nilai negatif sebesar -39,912 dan pada kolom Upper memiliki nilai negatif sebesar -21,088 serta, pada kolom Sig. (2-tailed) memperoleh nilai 0,000 sehingga, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh penerapan model PBL (Problem Based Learning) berbantuan media PAJUSUN (Papan Penjumlahan Bersusun) terhadap pemahaman konsep penjumlahan bersusun siswa kelas II SDN Pamongan 1.

Full Text:

PDF

References


Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532

Agusti, A., Sumarno, S., & Imawati, V. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android Pada teknik dasar lari jarak pendek. Patria Eduacational Journal (PEJ), 3(3), 253–262. https://doi.org/10.28926/pej.v3i3.1192

Andani, Y., & Desfitri, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Pada Peserta Didik Kelas X Ips Sman 13 Padang. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 263–273. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1030

Andraeni, R. V., Supriyatna, A., & Istiningsih, G. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learing Berbantuan Media Papan Pecahan Dan Geometri (Pari) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas Iv. Jurnal Holistika, 5(1), 34. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.34-40

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Chodijah, S. (2021). Penggunaan media bahan alam untuk meningkatkan penalaran matematis anak usia 5-6 tahun. Action Research Journal, 1(2), 2808–5159.

Elementary, J. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD. 2(2), 39–43.

Fitriani, F. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iv Sdit Cahaya Robbani Kepahiang.

Kamarudin. (2018). Pengaruh Model Contextual Teaching & Learning Dan Guided Discovery Terhadap Pemahaman Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 42(7), 0–8.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Maryam, S., Fonna, M., Marhami, M., Nuraina, N., & Aklimawati, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 91. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11350

Nurlita, J., Robandi, B., & Dyas Fitriani, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, Iii, 174–184.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Rosyidah, E. N., Djazilan, S., & Andriyanto, R. (2023). Penggunaan Media Papan Jusun ( Penjumlahan Bersusun ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Kelas I SDN. National Conference For Ummah, 01(1), 135–139.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sundayana, M. (2020). Statistika Penelitian Pedidikan. Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.35942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.